Wisatarakyat.com – Danau Paniai adalah salah satu danau terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua Tengah. Danau ini memiliki luas sekitar 14.500 hektare dan dikelilingi oleh pegunungan, hutan, dan kampung-kampung adat.

Danau Paniai memiliki panorama alam yang rancak, alami, dan terawat dengan baik. Keindahan Danau ini diakui dari 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi Danau Se-Dunia yang dihelat di India pada tanggal 30 November 2007.

Lokasi dan Rute Danau Paniai

Danau Paniai berada di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Enarotali, ibu kota Kabupaten Paniai. Untuk mencapai Danau ini, wisatawan dapat menggunakan pesawat terbang dari Kota Jayapura ke Bandara Enarotali.

Dari Bandara Enarotali, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua menuju Danau ini. Perjalanan dari Bandara Enarotali ke Danau ini memakan waktu sekitar satu jam dengan melewati jalan berkelok-kelok dan menanjak.

Harga Tiket Danau Paniai

Untuk masuk ke kawasan Danau ini, wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun, wisatawan harus membayar biaya parkir kendaraan yang berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung jenis kendaraan.

Wisatawan juga harus membayar biaya sewa perahu jika ingin menyeberang ke pulau-pulau kecil yang ada di tengah danau atau mengelilingi danau. Biaya sewa perahu bervariasi tergantung lama penggunaan dan jumlah penumpang. Wisatawan dapat mengunjungi Danau Paniai kapan saja selama cuaca cerah dan tidak ada kabut tebal.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Buka 24 jam

Daya Tarik

Danau Paniai memiliki banyak daya tarik yang dapat dinikmati oleh wisatawan, di antaranya adalah:

  • Keindahan alam yang mempesona dengan pemandangan danau biru yang tenang, pegunungan hijau yang menjulang, hutan lebat yang rimbun, dan langit biru yang cerah.
  • Keanekaragaman hayati yang melimpah dengan berbagai jenis ikan air tawar dan udang endemik Papua yang dapat dipancing atau dibeli dari nelayan setempat. Beberapa jenis ikan yang dapat ditemukan di Danau Paniai adalah ikan nila, ikan mujair, ikan mas, ikan sembilan hitam, ikan belut, dan ikan pelangi.
  • Budaya lokal yang kaya dengan adat istiadat, seni, dan tradisi masyarakat Papua yang tinggal di sekitar Danau ini. Wisatawan dapat menyaksikan upacara adat, tarian tradisional, musik bambu, ukiran kayu, tenun tangan, dan kerajinan lainnya yang dibuat oleh masyarakat setempat.
  • Aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh wisatawan di Danau ini, seperti berenang, berperahu, berkano, bersnorkeling, berfoto-foto, berkemah, bersepeda gunung, atau sekadar bersantai menikmati udara segar dan pemandangan indah.

Fasilitas

Danau ini juga menyediakan beberapa fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, seperti:

  • Tempat parkir kendaraan yang luas dan aman
  • Dermaga perahu yang nyaman dan terawat
  • Pondok-pondok wisata yang menyediakan akomodasi penginapan dengan harga terjangkau
  • Warung-warung makan yang menyajikan makanan khas Papua seperti papeda, ikan bakar, sago goreng, dan sayur kangkung
  • Toilet umum yang bersih dan terpelihara
  • Tempat sampah yang tersedia di setiap sudut kawasan danau
  • Pos pengamanan yang siap membantu wisatawan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Baca Juga: Wisata Danau Maninjau, Sebuah Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi

Demikian artikel yang saya buatkan untuk Kamu tentang Danau Paniai. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Kamu. Terima kasih sudah membaca sampai selesai. Selamat berlibur!

Share: