Wisatarakyat.com – Ketika menyebutkan Kota Rengat, yang segera terlintas dalam pikiran adalah Keindahan Danau Raja. Keelokan Danau Raja Rengat telah menjadikannya sebagai lambang pariwisata yang dikenal secara nasional, mengukir prestasi yang tak terbantahkan. Keberadaan Danau Raja dapat ditemukan dengan sangat mudah, berlokasi tepat di sisi jalan utama yang membuka pintu gerbang Kota Rengat. Perjalanan Anda ke Rengat hanya akan lengkap setelah merasakan pesona Danau Raja.

 

Danau Raja adalah perairan yang terhampar sepanjang jalan raya Kota Rengat. Dengan diameter mencapai kira-kira 200 meter, Danau ini memukau dengan bentuknya yang bulat tak teratur apabila dipandang dari ketinggian. Meskipun ukurannya yang kompak, danau ini memiliki rentetan sejarah dan kisah menarik yang layak diungkapkan.

Lokasi Danau Raja Rengat

wisata sumatera ini tepatnya berada di Danau Raja, Kp. Dagang, Kecamatan. Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau 29319, GMap LINK

Harga Tiket Danau Raja Rengat

Tiket Masuk : Rp. 3.000
Parkir Motor : Rp. 2.000
Parkir Mobil : Rp. 5.000

Catatan : Harga tiket dan parkir bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

24 Jam

Daya Tarik

Kisah Mistis yang Dipercayai Masyarakat

Aspek mistis yang mengelilingi danau ini juga memiliki cerita menarik. Kisah yang telah diceritakan secara turun-temurun ini berawal dari permintaan aneh sang raja kepada calon menantunya. Ceritanya mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Usman yang berusaha menikahi Putri Bunga Harum, putri raja.

Sang raja menetapkan syarat yang sulit untuk pemuda tersebut, yakni membuat sungai dan istana dalam semalam. Meskipun tantangannya besar dan tampak tidak mungkin, Usman berhasil memenuhi persyaratan tersebut. Namun, sang raja mengingkari janjinya dan tidak memberikan restu pada hubungan mereka.

Akhir cerita mengisahkan bahwa Usman dan Putri Bunga Harum akhirnya memilih untuk menceburkan diri ke sungai, dan mereka berdua berubah menjadi buaya putih. Seiring waktu, banyak warga yang mengklaim telah melihat penampakan buaya putih di destinasi wisata riau ini. Namun, penampakan ini hanya dapat dilihat oleh mereka yang sungguh-sungguh ingin bertemu.

 

Pesona Danau Raja Rengat

Dengan bentuknya yang tidak teratur namun memukau, danau ini memancarkan daya tarik yang eksotis. Vegetasi yang subur di sekitarnya memberikan sentuhan hijau yang menyejukkan, terutama saat matahari terbit, menciptakan pemandangan yang asri. Pohon akasia tumbuh subur di sepanjang danau, menambahkan nuansa khas yang mudah ditemui di tepiannya. Tersedia pula tempat duduk bagi para pengunjung yang ingin menikmati momen santai.

Meskipun kendaraan bermotor terlihat ramai di sekitarnya, tetapi pesona dan keelokan destinasi wisata ini tetap menonjol. Airnya yang hijau dan bening mengundang decak kagum, bukan hanya karena pantulan pepohonan, melainkan warna asli danau itu sendiri. Agar dapat menikmati suasana yang lebih sejuk, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada pagi atau sore hari.

 

Lambang Kejayaan Kerajaan Indragiri

Tak terlepas dari namanya, Danau Raja Rengat menyimpan makna yang mendalam bagi peradaban Kerajaan Indragiri. Legenda menyebutkan bahwa danau ini menjadi tempat penyucian para putri dan anggota kerajaan Indragiri pada masa lalu. Keindahan alamnya yang alami dan airnya yang menyejukkan menjadi latar yang cocok untuk tujuan tersebut. Untuk menghormati sejarah tersebut, dibangunlah replika Kerajaan Indragiri di tengah danau.

 

Kestabilan Volume Air

Keunikan lain dari danau wisata ini adalah kemampuannya menjaga volume dan aliran airnya tetap stabil, meskipun kondisi musim. Bahkan saat hujan deras, danau tetap mempertahankan ketinggian airnya, tidak sampai meluap ke jalan.

Hal serupa terjadi saat musim kemarau, ketika Danau Raja Rengat tidak pernah mengalami penurunan atau bahkan mengering. Fenomena ini memang mengejutkan, dan beberapa pendapat mengemukakan kemungkinan adanya terowongan di sekitar danau yang mengatur aliran air. Keunikan ini tentu menjadi daya tarik tambahan bagi para pengunjung yang singgah.

Fasilitas

  • Mushola
  • Area parkir
  • Toilet
  • Papan nama untuk selfie
  • Ada area tempat duduk
  • Jalur pejalan kaki
  •  Warung makan

 

Share: