Wisatarakyat.comDanau Singkarak, yang terletak di Sumatera, merupakan danau terluas kedua di pulau tersebut. Keindahan danau ini sangat menakjubkan. Pemandangan luas air dengan latar belakang perbukitan hijau di tepi danau langsung menyegarkan mata.

Air dari Danau Singkarak dimanfaatkan sebagai sumber tenaga untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak di Lubuk Agung.

Berbeda dengan biasanya, PLTA ini tidak terletak di pinggir danau atau bendungan, melainkan air dari danau dialirkan melalui terowongan panjang yang menembus bukit barisan hingga mencapai lokasi PLTA. Sungguh keren, bukan?

Lokasi & Rute Danau Singkarak

Alamat destinasi wisata ini tepatnya terletak di antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, sehingga masuk ke wilayah kedua kabupaten tersebut. Dari Kota Padang, jaraknya sekitar 70 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam melalui rute Solok, atau sekitar 3 jam melalui Padang Panjang.

Alternatif rute melalui Padang Panjang bisa diambil jika ingin mengunjungi Bukittinggi terlebih dahulu. Ada beberapa alternatif transportasi dari Kota Padang menuju lokasi wisata ini.

Menggunakan mini bus, dengan naik minibus dari pool mobil Jasa Malindo di Kota Padang, kemudian naik minibus ke Kota Solok, dan dilanjutkan dengan angkot menuju Singkarak Tembok dan Tikakak.

Menggunakan mobil travel atau menyewa mobil langsung dari Padang, yang tentu saja lebih nyaman.

Harga Tiket Danau Singkarak

Untuk masuk kawasan wisata ini pengunjung dikenai biaya Rp10.000, sedangkan biaya parkir motor Rp5.000 dan parkir mobil Rp10.000.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Danau ini buka 24 jam.

Daya Tarik

Sejarah

Pada tahun 1992, pemerintah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak beserta terowongan air sepanjang 19 KM.

Baca Juga :  Pantai Jungwok, Tempat Camping Asyik di Gunung Kidul

Terowongan ini menembus bukit barisan dan digunakan sebagai sumber daya PLTA untuk kebutuhan pemerintah dan masyarakat sekitar.

Asal mula Danau Singkarak diketahui dari penelitian seorang biologist asal Jerman, Ernst Haeckel, pada tahun 1905.

Haeckel menjadi salah satu orang pertama yang memperkenalkan keindahan danau Singkarak ke dunia melalui penelitiannya. Lukisan yang menggambarkan kondisi danau saat itu menjadi terkenal dan mulai dikenal oleh banyak orang.

Keindahan dan Aktivitas di Danau Singkarak

Danau Singkarak menawarkan pemandangan indah yang menakjubkan dan mudah dijangkau, membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Di sepanjang tepi danau, terdapat banyak spot yang cocok untuk berfoto, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti naik sampan, memancing, berenang, atau menemani nelayan menangkap ikan, sehingga membuat liburan menjadi tak terlupakan.

Tour de Singkarak

Tour de Singkarak, lomba balap sepeda internasional yang digelar setiap tahun sejak 2009, turut meningkatkan popularitas Danau Singkarak.

Event ini tidak hanya menumbuhkan semangat berkompetisi, tetapi juga bertujuan untuk memperkenalkan keindahan Sumatera Barat dan kekayaan budaya lokal kepada masyarakat internasional.

Habitat Ikan dan Kuliner Khas

Danau Singkarak juga merupakan habitat dari berbagai spesies ikan, dengan total 19 jenis ikan yang hidup di sekitarnya. Salah satu jenis ikan yang unik adalah ikan bilih, yang hanya dapat ditemukan di danau ini.

Ikan bilih sering dijual sebagai oleh-oleh khas setelah digoreng kering atau dimasak dengan cara lain. Selain itu, Dermaga Singkarak sering menjadi pusat kegiatan olahraga sepeda dan tempat yang menyenangkan untuk menikmati suasana danau.

Objek Wisata Aripan

Objek wisata Aripan menawarkan pemandangan menakjubkan dari tepi danau serta keindahan alam sekitarnya. Di sini terdapat rumah pohon yang dihias oleh pengelola objek wisata, serta fasilitas paralayang bagi pecinta olahraga tersebut.

Baca Juga :  Gundaling Farmstead Berastagi, Tempat Berwisata Dan Belajar Ternak Sapi

Cerita Mistis Danau Singkarak

Di balik keindahan danau ini, terdapat juga cerita mistis. Menurut kepercayaan lokal, terdapat makhluk gaib yang tinggal di danau ini dan meminta tumbal manusia dari luar daerah setiap tahun.

Wisatawan disarankan untuk minum air dari Danau Singkarak agar dianggap sebagai warga setempat. Pada hari raya tertentu, aktivitas di danau ini dihindari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasiitas

Fasilitas di sekitar danau meliputi toilet umum, tempat parkir, pusat perbelanjaan, dan taman bermain.

Untuk akomodasi, terdapat beberapa pilihan hotel di sekitar Danau Singkarak, seperti Hotel Palapa Prima, Hotel Jaya Karta, Hotel Sumpur Singkarak, dan Villa Yuke Koto Singkarak. Selain itu, ada juga pilihan hotel di kota terdekat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x