Wisatarakyat.com – Sumatera Utara tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya Danau Toba. Namun, di Samosir, Sumatera Utara juga terkenal dengan adanya Bukit Holbung yang selalu ramai oleh wisatawan.

Destinasi wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena memang tempatnya sangat indah. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Toba yang sangat indah dari atas bukit.

Lokasi Bukit Holbung Samosir

Alamat destinasi wisata ini tepatnya terletak di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Akses ke tempat wisata ini cukup mudah, baik dari Kota Medan maupun Kota Pangururan Samosir. Jika Anda berangkat dari Kota Medan, Anda bisa melewati Tol Medan-Tebing Tinggi, Pemantang Siantar, Prapat, tol Merek, dan Sidikalang dengan jarak sekitar 341 km.

Sedangkan dari Kota Pangururan Samosir, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 22,2 km atau 50 menit perjalanan.

Harga Tiket Bukit Holbung Samosir

  • Tiket Masuk: Rp5.000,00 per orang
  • Parkir Sepeda Motor: Rp5.000,00 per kendaraan
  • Parkir Mobil: Rp10.000,00 per kendaraan
  • Parkir Sepeda Motor plus Camping: Rp10.000,00 per kendaraan
  • Parkir Mobil plus Camping: Rp20.000,00 per kendaraan

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Bukit Holbung buka selama 24 jam setiap hari, tanpa batasan waktu. Namun, jam buka dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi sekitar. Sebelum berkunjung, disarankan untuk mencari informasi terbaru terlebih dahulu.

Daya Tarik

Keindahan Alam yang Menakjubkan

Bukit Holbung Samosir menawarkan daya tarik utama berupa keindahan alamnya yang memukau. Suasana sejuk dan rindang yang langka serta segar menjadikan pengalaman wisata di sini istimewa.

Bukit Teletubbies

Disebut juga sebagai “bukit teletubbies” oleh masyarakat setempat karena kesamaan bentuk dan pemandangan dengan bukit teletubbies.

Pemandangan Luas Danau Toba

Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan luas Danau Toba dengan bentuk yang unik dari ketinggian. Selain itu, juga bisa melihat seluruh Kecamatan Harian.

Aktivitas Menarik

Para nelayan mencari ikan, barisan pegunungan, dan Pusuk Buhit adalah pemandangan yang bisa dinikmati di sekitar Bukit Holbung.

Tidak hanya itu, terdapat juga Air Terjun Turbo yang menjadi daya tarik tersendiri dan dapat ditempuh selama 50 menit dari Bukit Holbung.

Mitologi Puncak Bukit

Terdapat mitos menarik yang mengatakan bahwa siapa pun yang berhasil mendaki hingga puncak kedelapan, perjalanan cintanya akan mulus.

Trekking dan Berkemah

Selain menikmati keindahan alam, para wisatawan juga bisa melakukan trekking ke puncak bukit atau berkemah di area sekitar. Lokasi favorit berkemah adalah puncak terdekat dari pintu masuk.

Berkemah di Bukit Holbung memerlukan persiapan yang matang, termasuk membawa peralatan camping sendiri karena belum ada tempat penyewaan. Memasukkan makanan khas Medan yang tahan lama ke dalam daftar kebutuhan camping juga disarankan.

Menikmati Pemandangan

Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan Danau Toba yang indah, dikelilingi oleh barisan pegunungan yang menakjubkan. Bahkan, ada bukit rumput yang memanjang dan jurang curam yang memperindah panorama.

Fotografi

Keindahan alam Bukit Holbung membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto. Terutama pada musim kemarau, padang rumput berubah warna menjadi coklat keemasan, memberikan latar yang menakjubkan untuk berbagai foto.

Fasilitas

Bukit Holbung Samosir menyediakan fasilitas yang lengkap, termasuk area parkir luas, toilet bersih, beberapa gazebo, tempat berkemah, tempat makan, persewaan berbagai macam alat, spot foto, dan penginapan.

Dengan fasilitas yang lengkap ini, Anda akan betah berlama-lama menikmati keindahan alam Bukit Holbung Samosir.

Share: