Hutan Kota Srengseng Jakarta
Sumber : Travelpromo. com

Hutan Kota Srengseng Jakarta, Tempat Melepas Penat DI Hari Libur

Posted on

Hutan Kota Srengseng Jakarta– Sebagai kota metropolitan, hampir di setiap sudut ibu kota Indonesia dapat ditemukan gedung pencakar langit dan kawasan pemukiman elit, mulai dari kawasan Jakarta bagian selatan, tengah dan utara.

Meski begitu, pemerintah daerah tidak serta merta melupakan peran kawasan wisata alam, terbukti pemerintah provinsi masih membangun Hutan Kota Srengseng Jakarta. Tempat rekreasi dengan konsep wisata alam di Jakarta masih sedikit bahkan tidak menutup kemungkinan sebagian orang disana menganggap tidak mungkin untuk menemukannya.

Selain Taman Hutan Raya Mangrove dan Pantai Indah Kapuk, salah satu taman yang sudah dikenal sejak lama bisa ditemukan di sekitar Universitas Indonesia Depok yang terletak di pinggiran Jakarta yang disebut Hutan Kota Srengseng.

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini berada di kawasan Srengseng Kembangan Jakarta Barat, dekat dengan kawasan Kemayoran, Kebon Jeruk dan Rawa Buaya. Hutan Srengseng merupakan salah satu kawasan hijau alami yang dapat ditemukan di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tapi perlu kalian ketahui bukan Srengseng Sawah ya, beda.

Lokasi Hutan Kota Srengseng Jakarta

Jika Anda ingin mengunjungi lokasi objek ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Namun jika menggunakan kendaraan umum, hampir tidak ada angkutan umum menuju Hutan Kota Srengseng. Bahkan halte busway cukup jauh.

Halte Kelapa Dua Sasak misalnya, berjarak sekitar 1,1 KM dari lokasi wisata. Jadi jika ingin berkunjung harus menggunakan jasa transportasi online seperti Grab, Gojek atau Uber untuk menghindari kemacetan.

Jika ingin menggunakan bus, Anda bisa naik Kopaja 609 Blok M – Meruya atau Mikrolet 24 Slipi Kemanggisan Srengseng. Itu naik dari bawah flyover Slipi Kemanggisan di sebelah pusat perbelanjaan Plaza Slipi Jaya, yang menjadi saksi bisu Tragedi 98. Bus ini nantinya akan menuju Jalan Haji Kelik.

Harga Tiket Hutan Kota Srengseng Jakarta

Bagi yang ingin mengetahui apa saja fungsi dan manfaat dari hutan kota ini bisa mencarinya di wikipedia atau membaca jurnal lingkungan. Kawasan ini merupakan salah satu hutan lindung yang berfungsi untuk mengurangi polusi udara di sekitar Jakarta.

Untuk memasuki lokasi wisata ini, Anda bisa melalui pintu masuk area di sebelah barat atau timur. Karena keduanya menuju gerbang utama.  Untuk masuk ke dalam hutan, wisatawan harus membayar tiket seharga 1.000 rupiah di loket tiket yang bentuknya seperti gedung pos patroli.

Jam Operasional

Meski sederhana, layanan informasinya cukup lengkap. Jam buka objek wisata ini mulai pukul 7 pagi dan akan tutup pada pukul 6 sore WIB. Hutan Kota Srengseng ini merupakan lokasi eduwisata yang bisa dikunjungi dengan biaya hanya seribu.

Hutan Kota Srengseng Jakarta
Sumber : travelpromo. com

Daya Tarik

Meski murah, namun keindahan pesona yang ditawarkan cukup menawan. Saat memasuki taman rekreasi ini, Anda bisa melihat dengan jelas fasilitas seperti toilet dan mushola yang letaknya tidak terlalu jauh dari loket masuk, tepatnya di jalur kiri.

Sedangkan jika mengambil jalan lurus, pengunjung akan menemukan bundaran kecil dengan pohon besar di tengahnya, kemudian terdapat area parkir mobil dan tempat orang berjualan. Di sekitar bundaran ini, pengunjung bisa berfoto atau berfoto dengan latar belakang pepohonan yang rindang.

Selain loket tiket dan toilet, taman bermain anak juga disediakan di sini. Saat menyusuri jalan setapak, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam dan udara sejuk seperti di Kebun Raya Bogor. Namun, ini adalah versi mini.

Sayangnya hutan yang luas ini tidak menyediakan peta denah sehingga pengunjung harus hapal lokasi-lokasi yang ada di dalamnya. Jika Anda ingin mencari tempat makan enak yang jauh dari hiruk pikuk ibu kota, Anda bisa mengunjungi kawasan wisata tersebut.

Demikian penjelasan dari saya tentang tempat wisata terbaik di Hutan Kota Srengseng Jakarta semoga bermanfaat, terimakasih.

Fasilitas

  • Mushola
  • Rumah makan
  • Toilet
  • Jogging track
  • playground

Baca Juga :

8 thoughts on “Hutan Kota Srengseng Jakarta, Tempat Melepas Penat DI Hari Libur

  1. Wah ini lumayan dekat dari lokasi rumahku. Memang suasananya asri, cocok banget untuk lari pagi. Buat foto-foto atau buat bikin video konten juga asyik.

  2. Waktu saya lihat fotonya, sekilas mirip Kebun Raya Bogor
    Eeh ternyata benar tapi versi mini ya
    Murah-meriah nih ecowisata di sini
    Lumayan melipir dulu dari hiruk-pikuknya metropolitan Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.