Gunung Merbabu
sumber : ungarannews.com

Gunung Merbabu, dan pesona alamnya yang indah

Posted on

Gunung merbabu adalah sebuah gunung yang berada di wilayah magelang, boyolali, semarang jawa tengah. Ketinggian Gunung Merbabu adalah 3,145 mdpl, gunung ini tak pernah sepi oleh pengunjung, entah dengan tujuan mendaki atau sekedar jalan untuk mengambil gambar. Namun yang sering dilakukan pengujung adalah melakukan pendakian ke gunung yang pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Bagi sebagian orang yang suka dengan kegiatan mendaki atau sebutan lainnya adalah muncak, pasti akan memasukkan list gunung merbabu ini ke pendakian mereka.

Gunung yang menjadi tempat favorit untuk ditaklukkan ini memiliki pemaandangan yang indah. Tak hanya itu, jalur rute untuk menuju gunung begitu mudah sehingga banyak pengunjung yang tidak kebingungan mengunjungi gunung merbabu.

Gunung Merbabu
sumber : nativeindonesia.com

Lokasi

Gunung merbabu berada di wilayah Semarang, Boyolali, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Rute

Dari stasiun Magelang kota mengambil arah barat daya menuju Jl. A. Yani kemudian menuju ke Jl. RST Soedjono. Kemudian kearah Jl. Jend. Urip Sumoharjo sekitar 180 m. Kemudian menuju Jl. Pisangan sekitar 3,9 m. Kemudian belok kanan ke jl. Candimulyo menuju Jl. Magelang-Boyolangu. Kemudian ke Jl. Ketep Kopeng, belok kiri sekitar 1,1 km belok kiri ke Suwanting lalu sampai ke lokasi.

Jam Operasional

Wisata ini dibuka selama 24 jam

Harga tiket

Tiket masuk (WNI) Weekday Rp. 5.000

Weekend Rp. 7.500

Hiking, climbing, tracking, perorangan dan berkemah Rp. 5.000
Tiket masuk (WNA) Weekday Rp. 150.000

Weekend Rp. 225.000

Hiking, climbing, tracking, perorangan dan berkemah Rp. 5.000
Gunung Merbabu
sumber : pendaki.id

 

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

  1. Jalur selo

Setiap jalur pendakian pasti memiliki ciri-ciri tersendiri. Begitu pula dengan ciri yang dimiliki oleh jalur selo ini. Jalur ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Jalur yang menyuguhkan hamparan sabana ini biasanya digunakan untuk mendirikan tenda. Tak hanya itu, keistimewaan yang dimiliki lagi dengan jalur ini adalah pendaki dapat menikmati musim bunga edelweis.

  1. Jalur suwanting

Bagi pendaki yang doyan dengan rute menanjak jalur ini cocok untuk dicoba. Jalur yang menguji jiwa adrenalin para pendaki akan terpenuhi setelah lewat jalur suwanting. Memang jalur ini tidak seindah jalur selo dalam hal panorama, namun jalur yang memiliki rute tidak segampang jalur selo ini menjadi ciri khas tersendiri. Bagi pendaki yang mengalami kesulitan dapat meminta bantuan kepada warga sekitar. Di kawasan gunung terkenal denga masyarakat yang ramah tamah.

Daya Tarik

  1. Pesona alam

Dalam perjalanan menelusuri gunung merbabu akan disuguhi oleh pesona alam yang luar biasa. Hutan dan tanaman masyarakat akan menemani di beberapa jalur pendakian. Setiap jalur yang memiliki ciri khas tersendiri akan membuat para pendaki betah dan berlama-lama di lokasi. Tak hanya itu, setiap jalur dan rute yang dipilih memiliki panorama alam yang begitu cantik sehingga para pendaki dapat mengambil foto setiap waktu.

  1. Hutan pinus

Dibeberapa jalur melakukan gunung merbabu ini, pendaki akan bertemu dengan hutan pinus. Hutan yang begitu indah ketiga pagi hari. Hutan ini dapat djadikan sebagai spot favorit bagi beberapa pendaki yang ingin muncak.

2 thoughts on “Gunung Merbabu, dan pesona alamnya yang indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *