Wisatarakyat.com – Kebun Binatang Ragunan. Kalian pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar Kebun Binatang Ragunan. Ya, salah satu destinasi wisata sekaligus ruang edukasi satu ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

Destinasi Wisata jakarta ini  sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan liburan di akhir pekan. Di Kebun Binatang ini, kalian akan menemukan ribuan flora dan fauna yang memiliki nilai kontroversi tinggi. Sebab, hingga saat ini Kebun Binatang Ragunan memiliki lebih dari 2.000 ekor fauna.

Tidak hanya fauna saja, kalian juga bisa menikmati indahnya pemandangan hutan tropis mini yang di dalamnya terdapat 50.000 pepohonan, bahkan lebih. Nah, tertarik bukan untuk berkunjung ke sana? Info selengkapnya ada di bawah ini ya.

Lokasi Kebun Binatang Ragunan

Destinasi wisata jakarta ini tepatnya berlokasi di Jalan Harsono Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jika kalian masih bingung dengan rutenya, kalian bisa langsung membuka google maps untuk melihat rutenya secara rinci.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Rincian harga tiket
Tiket Masuk Dewasa Rp4.000
Tiket Masuk Anak Rp3.000
Tiket Kendaraan
Motor Rp3.000
Mobil Rp6.000
Sepeda Rp1.000
Bus Sedang Rp12.500
Bus Besar Rp15.000
Pusat Primata Schmutzer
Tiket Masuk Dewasa & Anak Weekday Rp6.000
Tiket Masuk Dewasa & Anak Weekend Rp7.500
Harga Tiket Wahana/Fauna
Kuda Tunggang Rp5.000
Onta Tunggang Rp7.500
Taman Satwa Anak Rp2.500
Perahu Angsa Rp18.000
Kereta Keliling, Sepeda Tunggal Rp10.000
Sepeda Ganda, Kuda Bendi Rp15.000
Kartu Jakcard Saldo Rp20.000 Rp45.000
Kartu Jakcard Saldo Rp50.000 Rp75.000
Baca Juga :  Pantai Tawang Pacitan

 

Catatan : Harga Tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Kebun Binatang Ragunan buka setiap hari Selasa – Minggu, mulai dari jam 09.00 – 18.00 WIB.

Daya Tarik

Mamalia

Harimau Sumatera salah satu koleksi satwa langka yang masuk dalam perlindungan pemerintah terdapat di Zona Mamalia. Di zona ini terdapat banyak hewan mamalia. Beberapa koleksinya misalnya:

Beruang Madu, Harimau Sumatera, Siamang, Gorilla, Babirusa, Tapir, Singa, Harimau Benggala/Putih, Bekantan, Beruk, Kukang, Lutung Budeng, Monyet Kokah, Monyet Boti.

Kemudian ada Monyet Marmoset, Nilgai, Macan Tutul Sri Lanka, Jaguar, Sitatunga, Rusa Totol, Anoa, Binturong, Simpanse, Banteng Jawa, Gajah Sumatera, Yaki, Simpai, Surilli, Orangutan Kalimantan.

 

Reptil

Sedangkan di area ini wisatawan akan bertemu Komodo, Kura-Kura Pipi Merah, Sanca Patola, Sanca kembang, Biawak Salvator,  King Kobra, Kadal Lidah Biru, Biawak Hitam, Kadal Maluku, Sanca Sawah Putih, Kadal Hijau.

 

Unggas & Burung

Burung pelikan di Zona Unggas. Terdapat jenis burung di zona unggas salah satunya burung Pelikan. Foto: Google Maps/ Ali Ibrahim. Bagi pecinta unggas terutama burung. Berkunjung ke area ini merupakan pilihan terbaik. Karena di zona terdapat berbagai jenis burung yaitu:

Pelikan / Burung Undan, Flamingo, Elang Ikan Kepala Kelabu, Elang Irian, Kasuari Gelambir Tunggal, Nuri Coklat, Nuri Merah Punggung Kuning, Puyuh Mahkota Sengayan, Bangau Tongtong, Beo, Betet Kalung dan Elang Bondol.

Kemudian ada juga Merak Biru, Kasuari Gelambir Ganda, Kakatua Raja, Kakatua Jambul Kuning, Julang, Jenjang Mahkota, Dara Mahkota Viktoria, dan Burung Unta. Serta beragam satwa-satwa lainnya juga ada di Kebun Binatang Jakarta ini.

 

Pusat Primata SCHMUTZER :

Zona yang khusus untuk menampung berbagai primata dari seluruh Indonesia. Rancangannya menggunakan konsep alam bebas sehingga satwa seolah berada di habitat aslinya. Pengunjung yang ingin menyaksikan dapat melihat melalui terowongan dan jembatan yang tersedia.

Baca Juga :  Museum Listrik dan Energi Baru Yang Wajib Dikunjungi

 

Taman Refleksi

Buat yang ingin berolahraga atau sekedar berfoto-foto juga bisa di Kebun Binatang ini. Karena di dalam taman tersedia beberapa area olah raga. Waktu yang tepat berekreasi di tempat ini pada saat pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya matahari.

 

Taman Satwa Anak

Sementara di zona yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Karena di zona terdapat satwa-satwa yang kesukaan anak-anak. Di zona ini juga terdapat akuarium raksasa yang berpenghuni ikan Arapaima dari sungai Amazon dengan berat 100 Kg.

 

Tentu masih banyak atraksi lain di Kebun Binatang di jakarta ini misalnya: Gajah Tunggang, Unta Tunggang, Taman Perahu Angsa, dan masih banyak lagi. Tidak salah memilih kebun binatang ini sebagai tujuan wisata warga kota Jakarta.

 

Sumber : travelpromo.com

Fasilitas

  • Area parkir
  • Musholla
  • Tempat makan
  • Tempat istirahat
  • Gazebo
  • Pusat Informasi

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x