Ketika kamu sedang berkunjung ke jawa tengah kemudian bingung mau main ke mana, maka wisata lawang sewu semarang bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk di kunjungi, tempatnya berupa bangunan tua dengan dengan ciri khas gaya eropa.

SEJARAH GEDUNG LAWANG SEWU SEMARANG

Perlu di ketahui di awal pembuatan bangunan ini Namanya bukan lawang sewu, nama awal bangunan ini adalah nederlands indishche spoorweg maatschappij, yang merupakan kantor administrasi perusahaan kereta api swasta milik Belanda yang di bangun mulai tahun 1904 dan selesei tahun 1907, lantai satu dan dua bangunan ini berfungsi sebagai perkantoran, sedangkan lantai tiga berfungsi sebagai loteng, selain itu bangunan ini juga memiliki ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai penjara.

Lawang Sewu Semarang

Sumber :wisataterdekat.com

 

Lawang sewu berasal dari Bahasa jawa yang apabila di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya adalah “seribu pintu” meskipun Namanya lawang sewu tetapi faktanya pintunya tidak benar-benar 1000 akan tetapi hanya 429 pintu saja, seperti bangunan belanda yang lain, bangunan ini memiliki banyak jendela besar yang apabila di lihat dari jauh akan terlihat seperti pintu, karna alasan inilah bangunan ini di sebut lawang sewu.

Di awal kemerdekaan Indonesia lawang sewu menjadi medan perang antara angkatan pemuda kereta api (AMKA) melawan tantara kompetai dan kidobutai, pertempuran berlangsung selama lima hari dari 14 oktober sammpai 19 oktober 1945, dan karena sejarah inilah kemudian pemrintah setempat menetapkan lawang sewu sebagai warisan sejarah yang harus di lindungi, dan setelah merdeka pemrintah menjadikan Gedung lawang sewu semarang menjadi kantor PT KAI (Kereta Api Indonesia ), kemudian berubah fungsi lagi menjadi kantor prasarana komando daerah militer kemudian berubah lagi menjadi kantor wilayah kementrian perhubungan jawa tengah dan akhirnya pada akhir tahun 1990-an di kosongkan, dan pada tahun 2011 lawang sewu menjadi tempat wisaja sejarah setelah pemugaran dan renovasi.

DAYA TARIK

Baca Juga : Air Terjun Grojogan Sewu

Selain banyaknya pintu dan jendela yang merupakan asal usul di namakanya lawang sewu dan juga ruang bawah tanah yang di jadikan penjara ada beberapa hal lagi yang menjadi daya Tarik tempat wisata ini.

Yang pertama adalah arsitekturnya yang unik karena Gedung ini di bangun dengan tidak menggunkan semen, tapi menggunakan bligor atau pase yaitu campuran antara pasir, kapur dan bata merah, semua Gedung di bangun tanpa besi kecuali Gedung B yang di bangun pada tahun 1916.

Yang kedua ada diorama yang berada di dua bangunan lawang sewu semarang, bagi yang belum tahu diorama, menurut Wikipedia diorama adalah sejenis miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan suatu adegan, selain itu ada juga benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kereta api Indonesia serta peta-peta dan foto-foto zaman dahulu.

Yang ketiga adalah kaca patri mozaik dengan tinggi sekitar 9 meter yang terdapat di Gedung utama lawang sewu semarang yang menjadi tempat favorit bagi pengunjung untuk mengabadikan moment terbaiknya di wisata lawang sewu semarang, kaca patri ini menggambarkan kekayaan alam nusantara yang di ekploitasi secara besar besaran, beserta kota-kota dagang Indonesia dan juga belanda.

Lawang Sewu Semarang

sumber : nativeindoneia.com

FASILITAS

Baca Juga : Umbul Ponggok Klaten

Fasilitas yang ada di wisata lawang sewu semarang antara lain, Muhshola, smoking area, museum, kantor pengelola, loko uap dll

ALAMAT LAWANG SEWU SEMARANG

Alamat lawang sewu semarang adalah terletak di komplek tugu muda Jl. Pemuda, sekayu, kecamatan Semarang tengah, kota semarang, Provinsi Jawa tengah

RUTE
Untuk menuju lokasi wisata lawang sewu cukup mudah, Jika kamu dari bandara, stasion, atau terminal kamu bisa naik angkutan umum/trans yang menuju halte terdekat dengan lokasi, untuk informasi nomor bus yang akan di naiki bisa bertanya kepada petugas, atau untuk lebih mudahnya bisa naik taxi atau ojek online.
Atau bagi yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti arah yang di tunjukan google map

JAM BUKA

Baca Juga : Candi Prambanan

Jam Buka Lawang sawu semarang di mulai pukul 07-00 sampai 21.00

HARGA TIKET

Harga tiket lawang sewu semarang adalah sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak, dan untuk masuk ruang bawah tanah kamu harus membayar tour guide sebesar Rp. 30.000.

Catatan : harga bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola