Wisatarakyat.com –  Pantai Air Manis adalah salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Sumatera Barat. Pantai ini terletak di Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Pantai Air Manis berjarak sekitar 24 kilometer dari Kota Padang.

Pantai ini memiliki daya tarik yang sangat beragam, mulai dari keindahan alamnya yang memukau, hingga sejarahnya yang panjang. Pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan di sini.

 

Lokasi Pantai Air Manis

Pantai ini tepatnya terletak di Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Pantai ini berjarak sekitar 24 kilometer dari Kota Padang.

 

Harga Tiket Pantai Air Manis

Harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp. untuk anak-anak

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

 

Jam Operasional

09-00- 17.00 WIB

Daya Tarik

Hamparan Pasir Nan Indah

Pantai Air Manis memiliki hamparan pasir yang indah. Pasir pantainya berwarna coklat muda dan lembut. Air laut di Pantai Air Manis juga jernih dan bersih. Pantai ini sangat cocok untuk berenang, bermain pasir, dan bersantai.

 

Kisah Fenomenal Malin Kundang

Kisah Malin Kundang adalah kisah rakyat Indonesia yang terkenal. Kisah ini tentang seorang anak laki-laki yang durhaka kepada ibunya. Malin Kundang meninggalkan ibunya untuk merantau ke negeri lain. Setelah menjadi kaya, Malin Kundang kembali ke kampung halamannya dan ingin mempersunting seorang gadis kaya. Namun, ibunya tidak mengenalinya. Malin Kundang menolak mengakui ibunya dan mengusirnya. Ibunya yang marah mengutuk Malin Kundang menjadi batu.

 

Batu Malin Kundang terletak di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat. Batu ini berbentuk seperti seorang laki-laki yang sedang berdiri. Banyak orang yang percaya bahwa batu ini adalah batu Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya.

Ombak yang Bersahabat

Ombak di ini tergolong aman dan tidak berbahaya bagi wisatawan. Ombak di pantai ini cocok untuk bermain selancar, berenang, dan bermain air.

Suasana Terbenamnya Matahari

Suasana terbenamnya matahari di tempat wisata ini sangat indah. Matahari terbenam di laut dengan warna yang sangat indah. Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Air Manis untuk menyaksikan matahari terbenam.

 

Pulau Pisang Ketek

Pulau Pisang Ketek adalah sebuah pulau kecil yang terletak di seberang Pantai Air Manis. Pulau ini memiliki luas sekitar 1 hektar dan ditumbuhi oleh pepohonan yang hijau. Pulau Pisang Ketek dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Lokasi Wisata saat air laut surut.

Pulau Pisang Ketek adalah tempat yang indah untuk bersantai dan menikmati pemandangan laut. Di pulau ini juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

Pantai ini memiliki banyak daya tarik, seperti kisah Malin Kundang, hamparan pasir nan indah, ombak yang bersahabat, suasana terbenamnya matahari yang indah, dan Pulau Pisang Ketek.

.

 

Aktivitas Menarik

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata ini , antara lain, Berenang, Bermain pasir, Memancing, Mendaki bukit, Mengunjungi gua, Bersantai di tepi pantai

 

Tips Wisata

  • Berikut adalah beberapa tips wisata yang dapat Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Air Manis:
  • Datanglah pada saat hari kerja agar lebih sepi.
  • Jangan lupa untuk membawa sunscreen, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Hati-hati saat bermain di tepi pantai, karena ombak di Pantai ini cukup besar.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, agar Pantai  tetap bersih.

Pantai Air Manis adalah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau, sejarah yang panjang, dan fasilitas yang lengkap. Jika Anda sedang mencari tempat wisata yang menyenangkan, Pantai ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Fasilitas

wisata sumatera ini memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan di sini. Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain:

  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Hotel
  • Villa

 

 

Share: