pantai baron gunung kidul
sumber : blog.tripcetera.com

Pantai Baron Gunung Kidul

Posted on

Pantai baron gunung kidul adalah salah satu pantai klasik yang ada di indonesia tepatnya di Yogyakarta. Pantai di sekitar gunung kidul selalu menciptakan objek baru. Penambahan fasilitas pun menjdi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berlibur. Teluk pantai baron yang begitu menawan menambah penampilan yang begitu indah. Suasana dan angin khas dimiliki oleh pantai ini. Apalagi dengan datang di sore hari pasti akan menambah kecantikan pantai.

Udara yang dimiliki membuat para wisatawan lokal maupun asing betah di pantai ini. Tak hanya itu, mercusuar pun berada tepat di sebelah pantai. Dengan adanya mercusuar juga menambah kesan pantai baron gunung kidul dan banyak didatangi oleh pengunjung. Sempatkan waktu liburan anda ke Yogyakarta untuk mampir di pantai baron.

pantai baron gunung kidul
sumber : mytrip123.com

LOKASI

Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

RUTE

Pantai baron gunung kidul tak jauh dengan lokasi pantai-pantai yang lain. Di antaranya adalah lokasi yang dekat dengan pantai drini. Dari lokasi pantai drini ambil arah utara ke Jl. Drini Tim menuju Jl. Pantai Sel. Jawa 550 m. Kemudian belok kiri sekitar 400 m ke Jl. Puncak Tim. Anda akan samapi di lokasi pantai baron.

JAM OPERASIONAL

Pantai ini buka setiap hari 24 jam

HARGA TIKET

Untuk tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dan dapat berubah ketika musim liburan berlangsung.

DAYA TARIK

  1. Mercusuar

Ini adalah salah satu perbedaan pantai baron dengan pantai-pantai yang lain. Di pantai baron  gunung kidul terdapat mecusuar yang masih difungsikan. Pengunjung dapat menyusuri kawasan mercusuar untuk melihat keindahan. Lokasi mercusuar tak jauh dengan kawasan pantai ini membuat para pengunjung dengan nyaman menyusurinya. Namun, jalan untuk menuju mercusuar adalah jalan setapak dan sedikit menguras keringat.

Ketika berada di atas, wisatawan akan melihat dengan jelas keindahan alam tersebut. Dengan adanya mercusuar, akan terlihat kapal-kapal nelayan yang berlabu. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai baron.

  1. Waktu matahari

Tak kalah dengan pantai-pantai lain, suguhan sunset dengan indah patai baron pun memiiki hal yang sama dengan pantai lainnya. Sunset yang dimiliki pantai barin begitu indah. Pengunjung dapat menikmati ketika sore hari. Begitu pula dengan wisatawan lainya. Pantai baron ini ramai ketika sore hari, banyak wisatawan yang datang dengan alsan melihat sunset.

  1. Larung sesaji

Larung sesaji adalah upacara adat yang dilakukan disekitar pantai. Upacara adat masih kerap dilakukan di pantai ini guna meyelematkan masyarakat dari ha-hal yang tidak diiginkan.

Pengunjung dapat menyaksikan bagaimana upacara dilakukan oleh masyarakat sekitar di hari tertentu. Nuansa yang sedikit mengulas misteri pantai baron menjadi daya tari tersendiri bagi wisatawan yang suka sejarah.

  1. Techno park

Techno park yang berada dikawasan pantai ini adalah salah satu pembangkit listrik yang digunakan masyarakat. Pengunjung dapat berada dilokasi techno park dengan gratis tidak dipugut biaya. Objek ini berada di tebing sebelah barat pantai baron. Untuk menuju ke sana membutuhkan tenaga yang luar biasa karena rute berupa tanjakan.

Pantai Baron Gunung Kidul
sumber : pantainesia.com

FASILITAS

Fasilitas di pantai baron sudah cukup lengkap sehingga pengunjung menjadi lebih nyaman dan bisa mendapatkan apa yang pengunjung butuhkan dengan mudah

 

  1. Toilet
  2. Rumah makan
  3. Tempat parkir
  4. Gardu pandang
  5. Camp ground
  6. Marcusuar
  7. Tempat memancing
  8. Took souvenir

 

 

 

One thought on “Pantai Baron Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *