Wisatarakyat.comPantai Iboih Sabang merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di ujung barat Indonesia. Pantai yang juga berfungsi sebagai pelabuhan ini memiliki keindahan yang menawan dengan air lautnya yang sangat jernih. Suasananya yang masih sangat alami membuat pantai ini layak masuk dalam daftar destinasi liburan kamu.

Tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya yang dihiasi bebatuan karang. Destinasi wisata Pantai Iboih juga menarik minat wisatawan dengan lokasi snorkelingnya. Air lautnya sangat jernih sehingga pemandangan bawah lautnya mudah untuk dikagumi. Gambar-gambar ikan kecil yang lucu akan diperkenalkan kepada pengunjung.

Lokasi Pantai Iboih

Alamat  pantai yang indah dan eksotis ini berada di Iboih, Sukakarya, Sabang, Aceh. Dari Banda Aceh, rute selanjutnya adalah Pelabuhan Ulee Lheue. Ada dua pilihan untuk mencapai Iboih, pertama dengan kapal feri, kedua dengan kapal cepat. Kereta api berkecepatan tinggi beroperasi dua kali sehari, dengan biaya sekitar Rp 50.000,-.

Kapal feri lebih murah, yaitu Rp 20.000, namun memakan waktu hingga 2 jam. Setelah kamu menginjakkan kaki di Pulau Weh, kamu perlu naik angkutan umum ke Desa Iboih. Perjalanan ke Pantai Iboih di Pulau Weh memakan waktu sekitar 10 menit. Memang butuh waktu, tapi kesabaran kamu akan terbayar setelah sampai di sana.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Iboih

Biaya masuk ke Pantai Iboih gratis, pengunjung hanya perlu membayar untuk keperluan akomodasi. Harga untuk ke pantai ini relatif murah, penyewaan speedboat dan kapal feri digunakan untuk menuju ke sana. kamu harus membayar biaya tambahan jika ingin menggunakan fasilitas tertentu.

Baca Juga :  Candi Muara Takus, Saksi Bisu Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Misalnya, pemandu wisata ke hutan lindung, naik perahu untuk menjelajahi pantai, dan menyewa peralatan snorkeling. Pantai Iboih di Aceh juga dilengkapi dengan akomodasi bergaya rumah pantai. Rumah panggung di tepi pantai ini memiliki pemkamungan langsung ke langit.

Nah, untuk akomodasi pribadi seperti penginapan, pengunjung harus membayar lagi.  Harga tiket Pantai Iboih bisa berbeda-beda tergantung dari kecukupan fasilitas dan pengaturan lain yang dilakukan oleh pengelola.

Jam Operasional

Tak heran jika pantai ini dikenal sebagai tempat paling populer di sabang. Selain fasilitas dan lokasi yang anti mainstream, jam bukanya pun tidak mengenal waktu. Ya, tidak ada batasan kapan pengunjung harus mengunjungi tempat ini. Pantai Iboih Pulau Weh terhubung langsung dengan fasilitas seperti kafe dan motel.

Dengan begini, minat wisatawan yang datang ke sini tidak terbatas pada wisata pantai saja. Jika kamu merasa bosan, kamu bisa mencoba merasakan pengalaman menginap di model akomodasi modern. Meski pengelola membuka pantai iboih sabang selama 24 jam, namun tentu saja masih ada daya tarik untuk kegiatan penyeberangan pantai. Berkunjunglah saat cuaca cerah agar aktivitas outdoor kamu tidak terganggu.

Daya Tarik

1. Hutan Lindung

Keistimewaan dari pantai ini adalah lanskap yang berdekatan antara pantai dan hutan lindung. Ya, pantai ini memiliki hutan lindung yang memiliki flora dan fauna yang sangat beragam. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan banyak spesies yang berbeda di sini. Hutan yang melindungi pantai Iboih Aceh yang berhutan lebat ini masih terjaga kelestariannya.

Hutan ini masih termasuk dalam kawasan konservasi. Tidak mengherankan jika banyak satwa yang hidup bebas di sana. Jika kamu ingin menjelajahi hutan lindung, pastikan untuk masuk dengan pemandu. Lokasi hutan lindung iboih sabang tidak jauh dari Taman Laut Rubiah.

Baca Juga :  Geosite Sipinsur, Spot Menikmati Keindahan Danau

Cagar alam ini memiliki luas sekitar 1.300 hektar, lebat dan gelap. Gunakan jasa pemandu wisata untuk menghindari risiko tersesat. Selain itu, hewan-hewan seperti kelelawar raksasa, babi hutan dan reptil banyak berkoloni di sana.

2. Berburu saat fajar

Penggemar berburu saat matahari terbit? Pantai Iboih Aceh wajib dikunjungi. Tempat berburu di Iboih disebut-sebut sebagai yang terbaik. Pemkamungan pegunungan, udara pagi dan hamparan air laut biru jernih yang membentang panjang, berpadu menjadi satu seperti sepotong surga.

Keindahan matahari terbit bahkan lebih menakjubkan ketika muncul dari balik hutan. Pastikan kamu mendapatkan sudut terbaik untuk mengabadikan momen ini. Di hari libur atau akhir pekan, tempat ini sering dipadati wisatawan.

Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun tidak mau melewatkan momen ini. Mereka mengabadikan matahari terbit dengan kamera terbaik, tak lupa berpose dengan gaya kekinian untuk membuat foto menjadi lebih indah. Datanglah pagi-pagi sekali untuk melihat matahari terbit yang sempurna. Keindahan alam yang menakjubkan dijamin akan menyegarkan pikiran kamu.

3. Mengagumi keindahan kapal selam

Iboih merupakan tempat snorkeling di Aceh yang menawarkan pengalaman unik bagi para wisatawan. Jelajahi kedalaman laut dengan ribuan terumbu karang yang indah dan gerombolan ikan. Layaknya akuarium raksasa, ekosistem laut yang menarik akan membuat kamu betah berlama-lama. Yang mengejutkan adalah wisata sabang ini memungkinkan pengunjung untuk menyelam.

Kedalaman yang berbeda memungkinkan para penyelam pemula dan profesional untuk menikmati keindahan bawah laut. Tempat menyelam Aceh ini memiliki banyak gunung yang masih aktif. Selama masa Pleistosen, letusan gunung mungkin telah memisahkan pulau Weh dan Sumatera.

Ada banyak lokasi menyelam di sini sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.  Jika kamu ingin mengunjungi lokasi-lokasi menyelam di Pantai Iboih, pastikan kamu memiliki fasilitas yang tepat. Peralatan snorkeling juga disewakan oleh orang-orang di sekitar pantai.

Baca Juga :  Pantai Watu Pecak: Keindahan Alam di Tepi Selatan Lumajang

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Iboih di Pulau Weh cukup lengkap dan terawat dengan baik. Pengelola secara rutin melakukan perbaikan untuk mendukung kegiatan wisata yang menarik. Fasilitas yang tersedia mulai dari fasilitas pribadi hingga fasilitas umum.

Misalnya, menyewa perahu seharga Rp 35.000 untuk 10 orang. Perahu ini nantinya akan membawa pengunjung menyusuri pantai untuk mencari spot-spot terbaik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah rangkaian instalasi yang ada di Pantai Iboih, Pulau Weh:

  • Perahu
  • Akomodasi
  • Restoran dan warung makan.
  • Tempat duduk. Ruang ibadah.
  • Kamar mandi dan toilet.
  • Sewa.

Nah, itulah tadi artikel terkait pantai Iboih yang dapat wisatarakyat bahas untuk kamu saat ingin berkunjung. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x