Wisatarakyat – Salah satu destinasi wisata yang populer di Provinsi Lampung yaitu Pantai Kalianda. Pantai Kalianda Lampung ini terletak di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, yang berjarak sekitar 70 km dari Bandar Lampung, ibu kota provinsi.

Pantai Kalianda Lampung memiliki pesona alam yang menakjubkan dengan pasir putih, air laut yang jernih, dan batu karang yang eksotis. Selain itu, pantai ini juga menyimpan cerita sejarah yang menarik, terutama terkait dengan Gunung Krakatau dan Kerajaan Banten.

Lokasi Pantai Kalianda Lampung

Pantai Kalianda Lampung mudah dijangkau dari Bandar Lampung dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengambil rute Jalan Lintas Sumatera menuju arah Bakauheni. Pantai ini berada di sebelah kiri jalan, sekitar 10 km sebelum Pelabuhan Bakauheni.

Jika menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik bus jurusan Bandar Lampung-Bakauheni dan turun di Terminal Kalianda. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkot menuju pantai.

Harga Tiket Pantai Kalianda Lampung

Untuk masuk ke kawasan Pantai Kalianda Lampung, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Selain itu, kamu juga harus membayar biaya sewa tenda jika ingin berkemah di pantai. Biaya sewa tenda bervariasi tergantung ukuran dan fasilitasnya, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per malam.

Jam Operasional

Pantai Kalianda Lampung buka setiap hari selama 24 jam. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pagi atau sore hari, saat cuaca sedang cerah dan angin tidak terlalu kencang. Kamu bisa menikmati pemandangan sunrise atau sunset yang indah di pantai ini. Kamu juga bisa melihat pulau-pulau kecil di sekitar pantai, termasuk Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku, yang merupakan saksi bisu letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Daya Tarik

Wisata Kalianda ini memiliki banyak daya tarik yang bisa kamu nikmati selama berlibur di sana. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Pasir Putih: Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bersih, cocok untuk bermain pasir atau berjemur di bawah sinar matahari.
  • Air Laut: Air laut di pantai ini berwarna biru kehijauan dan sangat jernih, sehingga kamu bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di antara batu karang. Kamu juga bisa berenang atau snorkeling di pantai ini, namun harus berhati-hati karena ombaknya cukup besar dan kuat.
  • Batu Karang: Pantai ini juga memiliki batu karang yang unik dan menarik, baik di pinggir pantai maupun di dalam laut. Kamu bisa melihat berbagai bentuk dan ukuran batu karang yang menciptakan pemandangan alam yang eksotis. Beberapa batu karang bahkan memiliki tangga atau jembatan untuk memudahkan kamu naik ke atasnya.
  • Sejarah: Pantai ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, terutama terkait dengan Gunung Krakatau dan Kerajaan Banten. Di pantai ini, kamu bisa melihat bekas-bekas letusan Gunung Krakatau yang menyebabkan tsunami dahsyat pada tahun 1883. Kamu juga bisa melihat peninggalan Kerajaan Banten, seperti benteng, masjid, makam, dan museum.

Fasilitas

Pantai Kalianda Lampung memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Di kawasan pantai ini, kamu bisa menemukan fasilitas-fasilitas berikut:

  • Tempat Parkir: Pantai ini memiliki tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.
  • Mushola: Pantai ini juga memiliki mushola yang bersih dan nyaman untuk beribadah bagi wisatawan muslim.
  • Toilet dan Kamar Mandi: Pantai ini juga memiliki toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat untuk kebersihan dan kenyamanan wisatawan.
  • Warung Makan: Pantai ini juga memiliki warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Kamu bisa menikmati hidangan khas Lampung, seperti ikan bakar, sate ikan, pekasam, dan lain-lain.
  • Penginapan: Pantai ini juga memiliki penginapan yang bervariasi, mulai dari hotel, resort, villa, hingga tenda. Kamu bisa memilih penginapan sesuai dengan budget dan selera kamu.

Demikian artikel tentang pantai Kalianda Lampung yang saya buatkan untuk kamu. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Share: