Wisatarakyat.com – Sejak tahun 1991, Pelabuhan Paotere telah bertransformasi menjadi destinasi wisata bahari yang menawan. Dengan gaya klasik yang menyatu dalam nuansa modern, pelabuhan ini menghadirkan pemandangan megah kapal-kapal yang berlabuh di sekitarnya.

Tak hanya keindahan visual, di Pelabuhan ini, Anda dapat menyaksikan kesibukan para nelayan pada dini hari, menjajakan hasil tangkapan laut mereka. Saat waktu ini tiba, suasana tempat ini menjadi begitu hidup dan ramai. Berbeda cerita pada siang hari, dimana aktivitas mulai mereda dan menciptakan ketenangan. Namun, semarak kembali menghiasi pelabuhan ini saat matahari mulai condong ke ufuk.

Lokasi Pelabuhan Paotere

Terletak di Wilayah Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan ini berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Makassar.

Harga Tiket Pelabuhan Paotere

Tiket masuk gratis, Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jam Operasional

Pelabuhan ini Buka setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WITA.

Daya Tarik Wisata

Pelabuhan yang terletak di Indonesia ini memegang peran penting sebagai salah satu pelabuhan tertua yang sudah berdiri sejak abad ke-14. Seiring berjalannya waktu, pelabuhan ini berkembang menjadi pusat perdagangan utama di wilayah Nusantara, mencatat sejarah panjang dalam perjalanan perdagangan di Indonesia.

Lokasinya yang berada di tepi pantai menambah pesona pelabuhan ini. Pengunjung dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan, dengan pemandangan laut yang memukau berwarna biru, dan pantai yang terhampar dengan pasir putih yang indah.

Pelabuhan ini juga menjadi saksi bisu dari kehidupan sehari-hari para nelayan yang gigih mencari ikan. Dengan menggunakan perahu tradisional, para nelayan melakukan aktivitasnya dengan penuh dedikasi. Pengunjung berkesempatan untuk melihat langsung kegiatan mereka, menyaksikan keterampilan dan keberanian mereka dalam menjelajahi laut untuk mendapatkan hasil tangkapan.

Baca Juga :  Monumen Jendral Sudirman Pacitan, Tempat Mengenang Sejarah Jendral Sudirman

Tak hanya sebagai tempat perdagangan dan kehidupan nelayan, pelabuhan ini juga menggoda lidah para pengunjung dengan berbagai kuliner khas Makassar. Warung-warung di sekitar pelabuhan menawarkan sajian lezat seperti coto makassar, pisang epe, dan sop saudara. Ini memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan, memperkaya kunjungan para wisatawan dengan cita rasa khas daerah ini. Sehingga, pelabuhan ini tidak hanya menjadi tempat bersejarah, tetapi juga destinasi yang menawarkan keindahan alam, kehidupan nelayan yang autentik, dan kelezatan kuliner lokal.

Fasilitas

Tempat ini memiliki beberapa fasilitas, antara lain:

  • Parkir
  • Warung makan
  • Toilet
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x