Wisatarakyat.com – Sumampan Waterfall merupakan salah satu destinasi alam di Gianyar yang sangat diminati oleh wisatawan dari luar daerah. Keindahan air terjun yang dikelilingi oleh pemandangan alam membuat setiap pengunjung terpesona sejak pandangan pertama.

Popularitas tempat wisata ini sudah dikenal luas di kalangan masyarakat karena kesegaran airnya yang membuat destinasi ini semakin populer.

Saat menginjakkan kaki di area destinasi alam ini, pengunjung akan merasa betah. Angin sejuk yang berasal dari air terjun dan pepohonan rimbun memberikan kesan yang menyegarkan.

Ketinggian air yang jatuh juga menjadi daya tarik unik yang mampu menarik hati para pelancong. Kawasan yang masih alami mampu memberikan ketenangan pikiran dan relaksasi bagi tubuh di tengah-tengah kesibukan.

Banyak pengunjung yang menyempatkan waktu untuk bersantai sambil mengabadikan momen indah di spot alam yang menakjubkan.

Keberadaan pohon dan bukit yang subur di sekitar air terjun menambah pesona tempat ini. Selain itu, keberadaan sawah yang menjadi ciri khas dari wisata ini semakin melengkapi panorama alam yang menakjubkan.

Oleh karena itu, para pelancong disarankan untuk mencoba kesegaran air dan menikmati keindahan alam yang lebih dekat.

Lokasi Wisata Sumampan Waterfall

Alamat tempat wisata ini terletak di Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Lokasinya dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung.

Namun, untuk sampai lebih cepat, disarankan menggunakan sepeda motor. Jika berangkat dari pusat kota Denpasar, diperkirakan waktu perjalanan hanya sekitar 50 menit.

Akses jalan menuju air terjun sudah dilengkapi dengan papan petunjuk yang tersebar luas di sekitarnya. Terdapat beberapa rute yang dapat diambil untuk mencapai keindahan air terjun ini.

Baca Juga :  Air Terjun Madakaripura, Air Terjun di Lereng Gunung Bromo

Wisatawan yang mengambil jalur dari Jalan Mangku Giweng dapat menuju ke Jalan By Pass Dharma Giri, kemudian lurus ke Jalan Udayana yang berjarak cukup dekat dengan Desa, dan teruskan perjalanan hingga mencapai Jalan Ir Sutami.

Letak destinasi ini sangat strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan besar. Bahkan, rute terbaik dapat dilihat melalui aplikasi Google Maps di ponsel.

Kawasan Desa yang selalu menjadi incaran banyak orang akan lebih mudah diidentifikasi, terutama dengan penduduk yang dikenal sangat ramah dalam memberikan informasi terkait Sumampan Waterfall.

Harga Tiket Masuk Sumampan Waterfall

Destinasi wisata ini tidak menetapkan harga tiket masuk yang khusus. Wisatawan dapat memberikan sumbangan sukarela kepada petugas sebagai bentuk pembayaran tiket.

Hal ini dilakukan agar semua tamu dapat menikmati kesegaran air tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Wisata ini cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Meskipun tidak ada tarif tiket khusus, wisatawan yang membawa kendaraan perlu membayar biaya parkir. Tiket parkir sepeda motor seharga Rp 3.000, sedangkan untuk roda empat seharga Rp 5.000. Biaya parkir ini tergolong terjangkau dan sebanding dengan keamanan penjagaan kendaraan. Pengelola juga telah menyediakan lahan parkir yang luas untuk kenyamanan pengunjung.

Catatan: Harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Jam Operasional

Jam Buka: 07.00 – 17.00 WITA

Daya Tarik

Air Terjun Buatan

Sumampan Waterfall dikenal sebagai air terjun buatan manusia karena tidak berasal dari alam. Sumber airnya berasal dari irigasi atau pengairan sawah di sekitar.

Meskipun buatan manusia, kejernihan airnya tidak diragukan lagi. Bahkan, air terjun ini sangat segar dan cocok untuk bermain air.

Panorama Cantik

Pemandangan alam selalu menjadi daya tarik yang tidak pernah membosankan. Sumampan Waterfall memiliki kecantikan alam yang berasal dari tumbuhan di sekitarnya.

Baca Juga :  Gunung Batur Bali: Destinasi Sunrise Yang Menawan

Tempat ini semakin asri dengan keberadaan pohon-pohon yang hijau dan bukit yang rimbun, menciptakan panorama alam yang memukau.

Batu Ukir

Pengunjung yang bermain air akan menemukan beberapa batu ukir di sekitar air terjun. Batu-batu besar ini menambah keindahan dan daya tarik tempat ini.

Beberapa batu bahkan diukir dengan pola tertentu oleh seniman, menciptakan keunikannya masing-masing.

Fasilitas

Sumampan Waterfall telah menyediakan berbagai fasilitas untuk melengkapi kenyamanan pengunjung. Meskipun jumlah tempat makan di sekitar air terjun tidak terlalu banyak, wisatawan masih dapat menemukan warung yang buka pada hari-hari tertentu ketika wisata sedang ramai.

Toilet dengan aliran air bersih dan segar juga mudah dijumpai di sekitar area air terjun.

Tempat ganti pakaian tersedia di dekat kamar mandi untuk para pengunjung yang ingin berganti setelah bermain air. Terdapat juga tempat duduk yang tersebar di setiap sudut area, serta gazebo dengan atap untuk melindungi dari teriknya matahari.

Sayangnya, masih belum terlihat adanya mushola dan tempat ibadah lainnya karena air terjun dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Area tempat parkir yang luas melengkapi fasilitas Sumampan Waterfall, mampu menampung berbagai kendaraan wisatawan.

Penyekatan parkir terlihat jelas untuk kendaraan berjenis mobil dan sepeda motor. Namun, belum terdapat penyewaan perlengkapan seperti pelampung, sehingga disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri jika ingin menikmati keindahan Sumampan Waterfall secara maksimal.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x