Wisatarakyat.com – Taman Wisata Iman Sitinjo (TWI Sitinjo) adalah salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Dairi yang menggabungkan keindahan alam dengan nuansa spiritual.

Dianggap sebagai salah satu dari tujuh destinasi paling unik dan langka di dunia, tempat ini menawarkan pengalaman wisata yang memadukan aspek religi dengan pesona alam.

Terletak di perbukitan di Kecamatan Sitinjo, Sidikalang, TWI Sitinjo menawarkan beragam tempat peribadatan dari berbagai agama yang ada di Indonesia.

Selain itu, para pengunjung dapat menikmati panorama alam yang memukau dari Kabupaten Dairi.

Lokasi Taman Wisata Iman Sitinjo

TWI Sitinjo terletak di Sitinjo I, Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara 22281. Dari Bandara Polinia Medan, jaraknya sekitar 154 kilometer atau sekitar empat jam perjalanan.

Setelah sampai di Sidikalang, perjalanan berlanjut sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Iman Sitinjo

Untuk masuk ke area wisata ini, pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk yang terjangkau, khususnya untuk anak-anak:

  • Dewasa: Rp 10.000
  • Anak-anak: Rp 5.000
  • Parkir Motor : Rp. 2000
  • Parkir Mobil : Rp.5.000

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

TWI Sitinjo buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 06.00 hingga 18.30 WIB.

Daya Tarik

Taman Wisata Iman Sitinjo sudah direncanakan sejak tahun 2001 oleh Bupati Dairi DR MP Tumanggor, yang melibatkan dialog dengan tokoh agama dan masyarakat setempat.

Lokasi yang dipilih adalah perbukitan Sitinjo yang asri dengan hutan pinus, dan peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 2005 oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Daya Tarik Alam

Taman Wisata ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan dari Bukit Sitinjo, dengan udara segar pegunungan dan suhu rata-rata sekitar 22°C.

Suara burung-burung di pepohonan pinus menambah kesan alam yang tenang dan eksotis, cocok untuk kegiatan perziarahan atau bersantai.

Bangunan Religius

Dalam area seluas 130.000 m2, terdapat bangunan-bangunan religius yang megah, termasuk rumah peribadatan dan replika bangunan bersejarah.

Mulai dari Vihara Saddhavana hingga miniatur Ka’bah, setiap bangunan mencerminkan kekayaan budaya dan agama Indonesia.

Keragaman Agama

Pengunjung akan menemukan representasi beragam agama di Taman Wisata Iman Sitinjo, seperti Taman Firdaus, patung Perjalanan Salib, gua Bunda Maria, taman Hindu, dan masjid dengan miniatur Ka’bah.

Hal ini mencerminkan kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia.

Wisata Keluarga

Kawasan ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak, dengan arena bermain dan fasilitas pendukung lainnya.

Pengunjung dapat menikmati jogging track atau beristirahat di pondok-pondok kecil yang tersedia di beberapa titik taman.

Pendidikan dan Toleransi

Kunjungan ke Taman Wisata Iman diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan toleransi antar umat beragama.

Dengan menampilkan keberagaman bangunan tempat peribadatan, tempat ini menjadi simbol harmoni dan kerukunan antar umat beragama.

Fasilitas

TWI Sitinjo dilengkapi dengan pos pengamanan serta pedagang suvenir di dalam kawasan taman. Pengunjung dapat membeli cendera mata sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka.

Dengan segala keindahan alam dan nilai spiritualitasnya, Taman Wisata Iman Sitinjo merupakan destinasi yang tak boleh dilewatkan bagi siapa pun yang berkunjung ke Kabupaten Dairi.

Share: