Berwisata sudah menjadi siri khas masyarakat Indonesia untuk mengisi waktu-waktu luangnya, banyak sekali destinasi wisata yang bisa di temukan di Indonesia hamper semua dareah memilikinya, tak terkecuali jawa barat, salah tempat wisata yang bisa di kunjungi ketika di jawab barat adalah tangkuban perahu.

Tangkuban Perahu

sumber : yourbandug.com

Wisata tangkuban perahu bandung adalah salah satu destinasi wisata yang cukup poluler di jawa barat, salah satu alasan terkenalmya tempat ini adalah karna adanya dongeng yang menyebar luas kepada masyarakat Indonesia yang melatar belakangi adanya tangkuban perahu.

DONGENG TANGKBAN PERAHU

Cerita ini berawal dari seorang anak yang bernama sangkuriang yang terpisah dengan ibunya yang bernama Dayang Sumbi ketika waktu kecil , kemudian mereka bertemu lagi waktu sangkuriang sudah dewasa.

Ketika itu sangkuriang tidak menyadari bahwa wanita yang ia temui adalah ibunya, karena ketikia itu Dayang sumbi masih terlihat cantik dan muda, dan jatuh cintalah sangkuriang kepada Dayang Sumbi, sampai dia ingin melamarnya,  namun secara tidak sengaja dewi sumbi menemukan tanda lahir sangkuriang dan ia baru sadar bahwa sangkuriang adalah anaknya sendiri yang sudah lama menghilang, ketika Dayang sumbi menceritakan kebenaranya, sangkuriang keras kepala dan tidak percaya, dan tetap ingin menikahinya, kemudia Dayang Sumbi memberikan syarat, yaitu sangkuriang harus membedung sungai citarum dam membuat kapal besar satu malam, sangkuriangpun menyanggupinya.

Tangkuban Perahu

Sumber : suara.com

Sangkuriang dengan semangat mebuat perahu dan bendungan yang menjadi syarat lamaranya, melihat perhau dan bendungan selasei di buat Dayang Sumbi tidak bisa tinggal diam karena tidak mungkin dia menikah dengan anaknya, Dayang sumbi menggelar kain sutera merah di sebelah timur sehingga terlihat seperti sudah waktu pagi.

Baca Juga : Museum Geologi Bandung

Karana waktu sudah pagi maka sangkuriah merasa gagal dan kecewa karena tidak bisa memenuhi persyaratan lamarannya ke Dayng Sumbi, kemudia marahlah dan menjebol bendungan sehingga airnya kemana-mana tidak hanya itu bahkan sangkuriang   mendenang perahu yang ia buat sampai perahu tersebut terbalik dan menjadi gunung dan sekarang oleh masyarakat di kenal dengan gunung tangkuban perahu.

DAYA TARIK

Yang menjadi daya Tarik wisata tangkuban perahu untuk pengunjung  adalah keindahahn kawahnya, dengan jumlah 9 kawah yang aktif yaitu ; Kawah Domas, Kawah Jarian, Kawah Ecoma, Kawah Lanang, Kawah Kurig, Kawah Ratu, Kawah Siluman, Kawah Upas dan Kawah Pangguyangan Badak, dan dari 9 tersebut yang paling banyak di kunjungi ada tiga yaitu ; Kawah Domas, Kawah Ratu, Kawah Upas.

Tangkuban Perahu

Sumber : wisatabagus.com

Kawah Ratu adalah kawah terbesar yangjuga menjadi ikon di gunung tangkuban perahu, kawah ini berbentuk mangkok raksasa dan memiliki kedalaman sekitar 500 meter, dan permukaan kawah ini selalu mengeluarkan uap belerang.

Baca Juga : Pantai Pangandaran

Kawah Domas berjarak sekitar 1, 2 meter dari kawah ratu, kawah ini menyajikan kolam-kolam air panas yang mengandung belerang yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kawah Upas adalah kawah yang termasuk poluler dan sering di kunjungi wisatwan, akan tetapi kawah ini hanya bisa dinikmati dari jarak jauh karena memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi dan uap yang berpoten menjadi racun.

Baca Juga : Museum Purba sangiran jawa tengah

Satu lagi yang tidak kalah menarik dari wisata tangkuban perahu adalah kulinernya, tempat ini memiliki banyak pilhan kuliner yang bisa di nikmati oleh wisatwan, beberapa makanan yang di sajikan adalah jagung, rebus, jagung bakar, ketan bakar dan oncom raos, dan juga ada minuman hangat seperti susu dan bandrek.

FASILITAS

Fasilitas di wisata tangkubah perahu juga sudah cukup lengkap diantaranya adalah parkir yang luas, toilet, masjid dan bahkan ada juga kios-kios souvenir yang menyediakan oleh-oleh yang bisa di bawa pulang wisatawan

LOKASI

Tangkuban perahu terletak di Jl Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Lembang, Bandung, Jawa Barat

RUTE

Rute yang bisa di lalui untuk kelokasi adalah

Rute 1 : tol Pasteur – Jl. Dr. Djunjunan – pasir kaliki – Suka jadi – lembang – tangkuban perahu

Rute 2 : Tol Padalarang – Cimahi – Jl. Kolonel masturi – Pertigaan pertigaan lembang belok kiri – Tangkuban perahu

Dan untuk wisatawan yang menggunakan Kendaraan umum, dari arahTerminal bandung (leuwi Panjang),  naik bus yang menuju indramayu kemudian turun di pertigaan gerbang masuk lokasi wisata sedang dari arah stasion bandung naik angkot yang kearah hall-lembang kemudian turun di perempatan kemudian naik angkot kejurusan cikole dan turun di pinggir kawah gunung.

JAM OPRASIOANAL

Jam oprasional tangkuban perahu adalah pukul 07.00 – 17. 00

HARGA TIKET

Jenis Hari Biasa Hari Libur
Lokal Rp. 20.000 Rp. 30.000
Mancanegara Rp. 200.000 Rp. 300.000
Motor Rp. 12.000 Rp. 17.000
Mobil Rp. 25.000 Rp. 35.000
BUS Rp. 110.00 Rp. 150.000
Sepeda Rp. 7.000 Rp. 10.000
Pemandu Rp. 100.000 (1-6 orang)
prewedding Rp. 500.000
Syuting Video Individu Rp. 800.000
Syuting video komersil Rp. 1.800.000 – Rp. 2.000.000

Catatan : harga bisa berubah sesuai kebijakan pengelola