Pantai klayar Pacitan
sumber : kompasiana.com

Pantai Klayar Pacitan

Posted on

Pacitan kota 1001 goa begitulah julukan kota kelahiran presiden ke-6 bpak Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, julukan itu ada karna memang pacitan memiliki banyak goa yang sudah menjadi destinasi wisata dengan pengunjung yang sudah ramai, bukan hanya goa, pacitan juga memiliki banyak pantai yang indah, salah satu tempat obyek wisata terbaik di pacitan  adalah pantai klayar.

LOKASI

Baca Juga : Goa Tabuhan Pacitan

Pantai klayar adalah salah satu tempat wisata terbaik di pacitan yang  terletak di Jl. Klayar dusun Kendal desa sendang kecamatan donorojo kabupaten pacitan provinsi jawa timur dengan jarak tempuh dari pusat kota atau lebih tepatnya alun-alun pacitan sekitar 33 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, Akses jalan ke pantai klayar juga sudah bagus bahkan kendaraan besar seperti bus sudah bisa masuk area pantai klayar dan di sediakan lahan parkir yang cukup luas.

Pantai Klayar
Sumber : dolanyok.com

RUTE

Baca Juga : Pantai Kasap, Raja Ampat Versi Pacitan

Yogyakarta – Gunung Kidul – Wonogiri – setelah itu lanjut saja menuju arah pacitan dan setelah sampai di daerah punung anda akan menemukan papan petunjuk sampai lokasi

Untuk Rute dari kota pacitan dengan melewati jl Solo – Pacitan kemudia setalah sampai pertigaan dadapan, kemudian lurus saja sampai desa candi ambil kanan lalu lanjutkan perjalanan, dan setelah menemukan pertigaan ikut papan petunjuk arah yang ada di pinggir jalan untuk sampai ke lokasi pantai klayar.

DAYA TARIK

Baca Juga : Bukit Sentono Gentong

Ombak yang di miliki pantai klayar tergolong besar sehingga pengunjung di larang untuk berenang disana akan tetapi jangan khawatir karna banyak pemandangan alam yang bisa dinikmati disana, seperti pasir putih di sekitaran pantai yang ketika semakin mendekat dengan air laut warna pasinya adalah cokelat, tentu gradasi warna ini menambah keindahan pemandangan pantai, ada juga lubang batu karang yang berada di balik batu tebih yang di sebut seruling Samudra, di namanakan demikian karna ketika angina laut menembus lubang tersebut akan terdengar suara seperti seruling, dan pada saat air laut pasang yaitu sekitar jam 9 pagi sampai jam 4 sore seruling Samudra akan menjadi air mancur alami yang mengeluarkan air sekitar 9- 15 meter, dan bagi anda yang pernah punya rasa penasaran dengan bentuk sphink yang berada di mesir yang berbentuk kepala manusia dengan tubuh singa maka anda bisa mengobati rasa penasaran anda dengan berkunjung kepantai klayar, karna di sana terdapat batu yang berbentuk sphink, batu yang terdapat di sekitaran pantai juga menambah pesona pantai dan menjadi lebih menarik.

Pantai Klayar Pacitan
Sumber : cakrawala.co.id

FASILITAS

pantai klayar adalah tempat wisata yang menarik di pacitan dengan Fasilitas yang sudah bagus, ada mushola yang bisa di gunakan pengunjung muslim yang ingin menunaikan sholat, lengkap dengan toiletya dan bagi yang ingin membeli makanan baik makanan ringan berupa cemilan ataupun makanan berat di sana juga ada warung-warung yang banyak yang bisa di jumpai pengunjung.

HARGA TIKET

Harga tiket masuk pantai klayar pada hari biasa adalah Rp. 7.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak sedangkan untuk weekend harganya adalah Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 7.000 untuk anak-anak, dan untuk biaya parkir Sepeda motor Rp.2.000, mobil Rp. 3.000 dan bus Rp. 10.000.

Catatan : untuk biaya tiket masuk dan parkir bisa berubah sesuai dengan kebijakan dari pengelola pantai klayar.

6 thoughts on “Pantai Klayar Pacitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *