Wisatarakyat.com – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang juga kaya akan wisata alamnya. Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang menjalin kerjasama dengan segala upaya dan pihak masyarakat di Kota Pempek, untuk melestarikan Tempat Wisata Alam di Palembang.

Nah, bagi kamu yang sedang berada di Palembang, sayang sekali jika hanya menghabiskan waktu di Palembang saja. Jika kamu tertarik untuk menjelajahi Sumatera Selatan lebih dalam, berikut adalah Tempat Wisata Alam di Palembang dan hal yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi di wilayah Sumatera Selatan.

Tempat Wisata Alam Palembang yang Eksotis

1. Menikmati Nuansa segar Taman Pagar Alam

Kota Palembang bisa diibaratkan seperti kota Jakarta. Misalnya, seperti warga Jakarta yang terkadang merasakan suasana tinggal di perkotaan, begitu pula warga Palembang. Untuk mengatasi rasa penat tersebut, Kota Pagaralam menjadi destinasi favorit sebagian besar warga Palembang.

Di Kota Pagaralam, kamu bisa merasakan kesejukan khas pegunungan. Berada tepat di kaki Gunung Dempo, kota ini memiliki udara yang sejuk dan sejuk. Hamparan kebun teh di hampir separuh wilayah kota juga menambah kesan asri dan hijau.

Hamparan kebun teh lengkap dengan pendopo yang menyediakan teh seduhan asli dari Gunung Dempo dapat Kamu temukan dengan mudah di kota ini.

Meski jarak tempuhnya cukup jauh dari Palembang, sekitar 8 jam perjalanan darat, kota Pagaralam tetap menjadi primadona destinasi di Sumatera Selatan.

2. Dinginkan Kepala Kamu di Air Terjun yang Menyejukkan

Selain udaranya yang sejuk dan hamparan perkebunan yang luas, Kota Pagaralam juga menyediakan beberapa destinasi lain salah satunya beberapa air terjun. Airnya yang segar khas pegunungan membuat air terjun di kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

  • Air Terjun Curug Tujuh Kenangan

Air terjun ini paling terkenal di Pagaralam. Selain suasana alamnya yang masih sangat asri, tempat wisata ini juga terkenal dengan akses yang cukup mudah dari pusat kota. Ada beberapa penunjuk arah yang menunjuk ke objek yang satu ini. Setelah sampai, Kamu bisa memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 500 meter.

  • Air Terjun Curug Embun

Selain Air Terjun Tujuh Kenangan, di Kota Pagarlama juga terdapat air terjun lain yang bernama Curug Embun. Tak jauh dari Air Terjun Tujuh Kenangan, air terjun ini masih sangat asri. Dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, Curug Dew memang tidak menjanjikan fasilitas yang lengkap, namun kesegaran alamnya tidak diragukan lagi.

Meski harus melalui kurang lebih 100 anak tangga menurun, semuanya akan terbayar ketika segarnya guyuran air dari air terjun ini menyentuh kulit Kamu!

  • Air Terjun Bedegung, Kabupaten Muara Enim

Jika Kamu tidak memiliki cukup waktu untuk berwisata ke Kota Pagaralam, Kamu bisa mengunjungi Kabupaten Muara Enim. Kabupaten ini letaknya relatif lebih dekat, bisa ditempuh sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan dari Kota Palembang.

Di sini, kamu bisa menyaksikan derasnya air yang jatuh dari jembatan kayu, atau Kamu juga bisa memilih terjun langsung ke air terjun Bedegung yang segar.

Baca juga: Eksplorasi Keindahan Lembah Harau: Menyusuri Keajaiban Alam Sumatera Barat

3. Semendo, Muara Enim, Destinasi Eksotik yang Masih Jarang Terjamah

Selain Bedegung, Muara Enim juga punya destinasi cantik lainnya. Maklum, Semendo memang tidak dikenal sebagai tujuan wisata. Namun, dataran tinggi ini tidak salah jika dijadikan sebagai tujuan wisata.

Di Semendo Kamu juga bisa mencicipi kopi khas yang diproduksi langsung oleh warganya.Oh iya, jangan heran jika yang ditemui adalah jalan yang masih sangat sempit dan hanya bisa menampung satu kendaraan roda empat, fasilitas disini memang tidak dikelola secara profesional. Dan juga, di kawasan Semendo hanya ada 1 penginapan lho! Nah, itulah rekomendasi Tempat Wisata Alam di Palembang yang bisa kamu kujungi. Selamat beribur!

Share: