Wisatarakyat.com – Air Terjun Mangku Sakti adalah salah satu daya tarik alam yang tersembunyi di Sembalun, Lombok Timur, NTB, yang patut untuk dijelajahi selama liburan. Air terjun yang menyegarkan ini menampilkan air berwarna toska, keelokan tebing batu, dan pesona keindahan alam yang memanjakan mata.

Bagi para pecinta wisata air terjun, mengunjungi destinasi yang berada di lombok menjadi suatu keharusan. Keindahan alam yang dimilikinya masih belum banyak diketahui orang.

Mungkin hanya masyarakat sekitar dan beberapa wisatawan domestik yang telah menemukan pesona eksotis Pulau Lombok di tempat ini. Oleh karena itu, wisata ini dapat dianggap sebagai hidden gems atau tempat wisata yang masih jarang diketahui banyak orang.

Air terjun ini memukau dengan berbagai keindahan yang ditawarkannya, membuat para pengunjung takjub saat menikmatinya. Selain itu, wisata lombok juga memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari wisata air terjun lainnya.

Lokasi Air Terjun Mangku Sakti

Destinasi wisata alam ini terletak di Lombok Timur, tepatnya di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun. Lombok dikenal dengan keindahan pantainya yang telah terkenal hingga ke tingkat internasional. Namun, Air Terjun Mangku Sakti membuktikan bahwa keindahan alam Lombok tidak hanya terbatas pada pantai.

Jika Anda berada di Kota Mataram, perjalanan menuju Air Terjun Mangku Sakti akan menempuh jarak sekitar 175 km dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Terdapat banyak akses untuk menuju tempat wisata ini, memudahkan para pengunjung untuk menjelajahi keindahan alamnya.

Bagi yang berada di daerah Lombok bagian utara, akses yang dapat diambil adalah melalui Senggigi menuju Bangsal, dilanjutkan ke arah Tanjung.

Dari sana, Anda akan menuju daerah Selengan, kemudian Batu Gembung, dilanjutkan ke arah Bayan, dan terakhir menuju Senaru dengan arah Dasan Grisak.

Jika melewati daerah Sembalun-Bayan melalui jalan pertama, gerbang Air Terjun Mangku Sakti akan berada di sebelah kiri. Untuk yang berada di bagian Lombok timur, dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk memudahkan mencari lokasi.

Meskipun akses menuju Air Terjun ini memerlukan perjalanan berjalan kaki melalui jalur yang terjal, disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat musim kemarau.

Hal ini untuk menghindari jalur yang becek atau basah, sehingga pengunjung dapat menikmati wisata dengan nyaman. Disarankan juga untuk menyewa penduduk setempat sebagai pemandu agar tidak tersesat.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Mangku Sakti

Untuk masuk ke destinasi wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp10.000-20.000. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk ke tempat ini, sehingga pengunjung hanya perlu membayar sekali dan dapat menikmati panorama alamnya. Sebaiknya persiapkan biaya tambahan jika Anda tidak membawa bekal.

Catata : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Air terjun ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WITA.

Daya Tarik

Suasana Alam yang Asri

Daerah ini merupakan hidden gems, sehingga belum banyak dikunjungi pengunjung yang membuat tempat ini masih mempertahankan keasrian alamnya. Pepohonan hijau di sekeliling air terjun semakin menambah suasana asri yang khas.

Panorama Air Terjun yang Memukau

Banyak pengunjung yang takjub dengan keindahan alami di tempat ini. Keindahan yang belum tentu dapat ditemui di tempat air terjun lainnya. Rimbunnya pepohonan, warna air, dan dinding batuan di sekitar tempat ini memberikan kesan yang sangat nyaman.

Keunikan Warna Air

Keunikan lain yang dimiliki Air Terjun Mangku Sakti adalah warna airnya. Berbeda dengan air terjun lain yang biasanya jernih, air terjun ini memiliki warna biru kehijau-hijauan atau tosca. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengalami sesuatu yang berbeda.

Batuan Alam yang Abstrak

Selain warna air yang unik, dinding batuan di sepanjang aliran air juga menjadi daya tarik tersendiri. Bentuk batuan yang abstrak sebagian terbentuk karena terkikis oleh aliran air terjun dan sebagian terbentuk secara alami. Keberadaan dinding batuan ini menambah keindahan dari Air Terjun Mangku Sakti.

Fasilitas

  • Mushola
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Pusat Informasi
  • Tempat Sampah

Dengan segala keindahannya, Air Terjun Mangku Sakti di Sembalun, Lombok Timur, NTB, menjadi destinasi wisata yang layak untuk dijelajahi, menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi para pecinta alam.

Share: