candi ijo
sumber : piknikasik.com

Candi Ijo Jogja

Posted on

Yogyakarta merupakan kota dengan banyak destinasi wisata yang mempesona. Tak hanya wisata sejarah namun juga wisata alam dan kuliner yang ditawarkan benar-benar memanjakan masyarakat yang mengujungi kota ini. Yogyakarta menjadi surga bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional. Mulai dari Candi, Pantai, Keraton, Wisata Seni Budaya, Kuliner, hingga wisata belanja ada disini.

Yogya memiliki banyak wisata candi, salah satu yang mungki belum banyak orang tau yakni wisata Candi Ijo. Candi ini terletak di atas ketinggian tepatnya puncak ketinggian 375 meter di atas permukaan laut. Candi ini menjadi salah satu wisata favorit di mana letaknya menjadi salah satu daya tarik. Dari candi ini wisatawan dapat melihat keindahan kota Yogya ditambah lagi wisatawan dapat melihat landasan atau runway Bandara Adisucipto. Dari sana wisatawan dapat melihat pesawat-pesawat yang sedang take-off maupun sedang Landing.

 

SEJARAH SINGKAT

Candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 ini termasuk sisa dari peninggalan kerajaan mataram. Prasasti yang membahas candi ijo ini dalah prasasti poh. Kerajaan mataram saat itu menguasai Jawa Tengah pada abad ke 8. Kemudian pada abad ke 10, kerajaan meninggalkan bukit-bukit dan menuju ke Jawa Timur.

LOKASI

Candi ijo terletak di Kikis, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55572.

RUTE

Untuk menuju lokasi ini anda dapat menggunakan rute dari arah Kota Yogyakarta menuju Jalan Jogja – Solo hingga pertigaan Candi Prambanan lalu belok kanan atau menuju arah timur ke Jalan Prambanan – Piyungan hingga menemukan papan nama Candi Ijo. Lalu anda belok kiri dan ikuti jalan, mulai dari sini jalanan mulai menanjak hingga lokasi Candi Ijo. Lokasi Candi Ijo terletak sejauh 19 Km dari Kota Yogya dengan estimasi waktu jarak tempuh sekitar 50 menit.

HARGA TIKET

Keterangan Harga
Tiket masuk Rp 5.000,-
Parkir kendaraan Rp 2.000,- (roda dua)

Rp 5.000,- ( roda empat)

Catatan : harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Keterangan Waktu
Senin Tutup
Selasa – Minggu 09.00 – 15.00
candi ijo
sumber :

DAYA TARIK

  1. Sunset Candi Ijo

Wisatawan dapat menikmati sunset yang indah saat sore hari. Di lokasi ini merupakan tempat yang cocok bagi para wisatawan yang ingin berburu sunset. Selain itu keindahan Kota Yogya akan terlihat begitu indahnya karena lokasi yang memang paling tinggi di antara candi lain di Kota Yogya.

  1. Lokasi strategis

Lokasi Candi Ijo sendiri juga dekat dengan lokasi wisata lain sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berburu tempat-tempat wisata lainnya, seperti tebing Breksi yang hanya berjarak sekita 500 meter dari lokasi Candi Ijo. Selain Tebing Breksi juga ada wisata lain yang lokasinya juga cukup dekat dengan Candi Ijo, yakni Candi Borang, Candi Banyunib, Ratu Boko, juga Candi Prambanan.

  1. Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan memang cukup baik walaupun memaang perlu perbaikan lain. Bangunan yang megah menambah kesan tersendiri bagi kalian yang berburu spot foto instagenik. Candi ini banyak dikunjungi wisatawan dan menjadi wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Kota Yogyakarta.

One thought on “Candi Ijo Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *