Wisatarakyat.com – Lampung, provinsi paling ujung di Pulau Sumatera, punya pesona yang luar biasa. Budaya dan tradisinya begitu kuat, dan alamnya masih sangat alami. Selain itu, Lampung juga punya ikon yang menarik perhatian, yaitu Menara Siger.

Ketika kamu pergi ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, kamu akan melihat sebuah monumen yang merupakan kebanggaan masyarakat Lampung. Monumen ini memiliki bentuk seperti mahkota, dengan warna yang mencolok seperti kuning dan merah. Monumen ini terlihat sangat mencolok di antara pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Lokasi Menara Siger

Terletak di Wilayah Bukit Gamping, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Harga Tiket Menara Siger

Harga tiket masuk Menara Siger adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp 25.000
  • Anak-anak: Rp 15.000
  • Lansia: Rp 10.000

Catatan: harga tiket ini bisa berubah sesuai kebijakan Pengelola Wisata

Jam Operasional

Buka setiap hari mulai jam 08.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Daya Tarik Wisata

Menara Siger memiliki daya tarik utama yang begitu menonjol berkat desain uniknya yang menyerupai mahkota siger, simbol adat pengantin wanita Lampung. Dengan ketinggian mencapai 110 meter, menara ini terdiri dari sembilan kerucut yang berkilauan dalam warna kuning keemasan, menambah pesona visualnya.

Dari puncak Menara Siger, para pengunjung diperkenankan menikmati panorama yang memukau dari Teluk Lampung dan Selat Sunda, menciptakan pengalaman tak terlupakan. Selain keunikan bentuknya, Menara ini juga menawarkan daya tarik wisata tambahan, seperti Kawasan Wisata Pantai Mutun yang terletak di sekitarnya.

Kawasan Wisata Pantai Mutun memikat dengan keindahan pantainya yang disajikan dengan pasir putih lembut dan air laut yang transparan. Pengunjung diberi kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut melalui kegiatan snorkeling, menyelam, atau sekadar bersantai di tepi pantai yang menenangkan.

Tak hanya itu, Menara Siger juga dikenal sebagai Titik Nol Sumatra, menandai perbatasan antara pulau Jawa dan pulau Sumatra. Pengunjung dapat merayakan momen berharga perjalanan mereka dengan mengabadikan foto di titik ini, menciptakan kenang-kenangan tak terlupakan dari kunjungan mereka ke Lampung.

Fasilitas

Menara ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk:

  • Tangga lift
  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
Share: