Tidak bisa dipungkiri bahwa TikTok telah menjadi sangat populer dalam rentang waktu yang singkat. Aplikasi ini memiliki berbagai macam konten yang bervariasi dalam gaya, informasi, dan visual yang  yang Anda inginkan. Dari hiburan, mode, peretasan hingga gaya hidup dan banyak lagi; TikTok sudah menjadi pusat utama konten visual. 

 

Sudah menjadi hal yang umum bagi pengguna untuk menyukai banyak video dan menyimpan beberapa di antaranya untuk tujuan hiburan atau informasi . Dan untungnya, Tiktok juga memiliki fitur unduhan bawaan. Tidak seperti Youtube, ia telah memberi penggunanya kebebasan untuk mengunduh konten yang mereka inginkan. Dengan demikian, cukup jelas bahwa mengunduh video dari platform adalah legal. 

 

Dengan miliaran pengguna di seluruh dunia, Tiktok berada di posisi kedua sebagai platform berbagi video terbesar. Youtube tetap menjadi yang pertama (seperti biasa) tetapi pertumbuhan Tiktok luar biasa karena telah berhasil naik dalam waktu yang sangat singkat. 

 

Booking.com

Sekarang, karena Tiktok telah menyediakan fitur unduhan kepada penggunanya; penting untuk mengetahui bahwa beberapa video memiliki hak cipta. Selain itu, jika Anda ingin mengunduh video tanpa watermark, Anda mungkin harus berpikir dua kali. Ini bisa ilegal dalam keadaan tertentu. 

 

Bingung? ini dia jawabanya ! 

Mengunduh Video TikTok:

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur TikTok download tersedia di platform yang memungkinkan pengguna menyimpan konten yang mereka sukai. 

 

Namun, banyak pengguna mengaktifkan opsi unduhan untuk pengunjung mereka. Dan juga, banyak orang ingin mengunduh video tanpa watermark. Kedua situasi ini membutuhkan penggunaan pengunduh video pihak ketiga. 

 

Sampai sekarang, tidak ada masalah dalam memanfaatkan fitur pengunduh ini. Orang-orang dari seluruh dunia menggunakannya untuk mengunduh video Youtube dan Tik Tok. Namun, kekhawatiran muncul ketika Anda “mencuri” konten seseorang. Apa maksudnya ini? 

 

Mengunduh video untuk hiburan atau tujuan pribadi sama sekali tidak masalah. Namun, jika Anda mencuri konten seseorang dan mengklaimnya sebagai milik Anda, di kemudian hari, itu disebut pencurian konten. Jika penciptanya mengakui hal ini, dia bisa mengambil tindakan hukum terhadap Anda. Oleh karena itu, semuanya bermuara pada penggunaan konten yang diunduh. 

Bagaimana Cara Memilih Pengunduh yang Tepat? 

Ada beberapa pengunduh yang tersedia secara online. Dan Anda dapat dengan mudah memilih yang terbaik dengan melakukan riset sedikit. 

  • Selalu pilih aplikasi atau situs web pengunduh video gratis. Pengunduh berbayar tidak memiliki fitur tambahan untuk ditawarkan. 
  • Pastikan bahwa pengunduh menawarkan format konversi yang berbeda. 
  • Hasil video harus berkualitas tinggi. 
  • Aplikasi harus kompatibel dengan iOS, Android dan Windows, dll. untuk kemudahan penggunaan.

 

Jangan membayar untuk aplikasi atau situs web pengunduh. Ada opsi gratis yang luar biasa di luar sana dan mereka juga menawarkan kualitas tinggi. Jika Anda khawatir tentang keamanan penggunaan, Anda dapat membaca ulasan pengguna juga. Ada banyak situs web ulasan pihak ketiga yang dapat membantu Anda melakukannya. 

 

PUTUSAN AKHIR:

Pada akhirnya; apakah legal untuk mengunduh TikTok videos? Ya, memang benar. Sampai dan kecuali Anda tidak merugikan siapa pun atau Anda tidak mencuri konten seseorang; Anda dapat mengunduh video untuk hiburan pribadi Anda atau untuk tujuan informatif. 

 

Namun, video apa pun yang disalahgunakan dapat menyebabkan konsekuensi hukum. Pembuatnya dapat mengambil tindakan hukum terhadap Anda dan situasinya mungkin tidak mudah untuk dikelola. Oleh karena itu, jangan menyalahgunakan konten yang Anda unduh dan Anda aman menggunakan pengunduh! 

Baca juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ini pernah dibahas di konten Deddy Corbuzier kalau masalah legalitas konten ini sungguh luas sekali cakupannya. Apalagi rata-rata yaa… video tiktok ini tinggal crop video orang. Misalnya kata-kata bijak dari orang terkenal di Indonesia, crop, terus merasa kalau itu konten mereka. Atau adegan dalam drakor yang di crop dan diberi watermark dan dianggap itu konten mereka. Ada banyak yang gak legal ketika seseorang itu bikin konten.

    Dan masalah hukum, sepertinya Indonesia gak gitu ketat mengenai plagiasi yaa..?

  • Asal tidak digunakan untuk urusan komersil dan mengklaim video itu miliknya mungkin nggak papa, ya kak. KLO untuk urusan komersil harus ijin si mpunya tentunya. Thanks Ka.

  • Selama ngga ngeklaim video itu punya sendiri, dan ndak plagiat .. menurut ku gapapaa, toh tiktok ada landmarknyaa..