Wisatarakyat.com – Mungkin kamu akan senang mengikuti tur ke museum jika suka dengan tempat bersejarah dan cerita masa lalu. Di Jakarta, banyak museum menarik yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Museum ini punya koleksi-koleksi yang unik dan eksklusif, mirip dengan Museum Nasional Indonesia. Penasaran dengan apa saja yang ada di dalamnya? Yuk, baca review lengkapnya di sini!

Lokasi Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum ini terletak di Jalan Imam Bonjol No. 1, Menteng, Jakarta Pusat. Museum ini dapat dicapai dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Harga Tiket Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp 5.000
  • Anak-anak: Rp 2.500
  • Kelompok (minimal 20 orang): Rp 2.500 per orang

Catatan: Harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan Wisata

Jam Operasional

Museum Perumusan Naskah Proklamasi buka setiap hari, Selasa-Minggu, pukul 08.00-16.00 WIB.

1.      Daya Tarik Wisata

Dalam museum ini, pengunjung dapat menikmati beberapa daya tarik wisata yang menggambarkan momen penting dalam sejarah Indonesia, termasuk:

2.      Ruang Makan Bersejarah

Mengalami suasana unik di ruang makan tempat Soekarno dan Hatta merancang naskah proklamasi, di mana setiap sudutnya dipenuhi dengan kenangan sejarah. Pengunjung dapat merasakan kehadiran sejarah saat dua tokoh besar ini menyusun dokumen bersejarah tersebut.

3.      Ruang Rapat Bersejarah

Masuki ruang rapat yang menjadi saksi bisu pembahasan detail naskah proklamasi oleh Soekarno dan Hatta. Suasana di dalamnya terasa penuh semangat perjuangan dan dedikasi untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

4.      Galeri Pameran

Jelajahilah ruang pameran yang memperlihatkan berbagai ragam koleksi benda bersejarah yang terkait dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dengan mengunjungi galeri ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman yang mendalam sambil menghargai nilai-nilai sejarah yang tak ternilai dari masa ke masa. Suasana di galeri ini dirancang untuk memungkinkan pengalaman yang memikat dan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang warisan sejarah yang menjadi bagian integral dari perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan.

Fasilitas

Museum ini memiliki beberapa fasilitas, di antaranya:

  • Ruang pameran
  • Ruang audio visual
  • Ruang perpustakaan
  • Ruang serbaguna
  • Area parkir

Baca juga: Museum Joang 45 Jakarta, Wisata Bersejarah di Jakarta

Share: