Kota metropolitan sekaligus Ibukota Indonesia ini ternyata tidak hanya populer akan kemegahan gedung pencakar langit saja. Namun, terdapat pula berbagai objek wisata yang menarik. Tempat wisata  populer di Jakarta sangat beragam mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, budaya, kuliner, dan juga wisata-wisata kekinian lainnya.

Lalu, tempat mana saja yang sangat populer dan recommended untuk dikunjungi? Tentu saja, semua destinasi wisata di Jakarta sangat bagus dan indah. Berikut adalah 10 rekomendasi tempat rekreasi yang tidak boleh dilewatkan saat bepergian ke Jakarta :

Monumen Nasional Indonesia

Monumen Nasional yang umumnya dikenal dengan sebutan Monas merupakan ikon terpopuler di Jakarta. Monas didirikan sebagai wujud apresiasi atas perjuangan rakyat Indonesia dalam memperebutkan kembali kemerdekaan dari tangan para penjajah. Tempat ini sudah lama menjadi destinasi wisata yang difavoritkan masyarakat sekitar, bahkan seluruh warga Indonesia. Tidak hanya itu, bangunan bersejarah ini juga menjadi pusat pendidikan terbaik bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya.

Tugu dengan ketinggian 132 meter dan luas sekitar 80 hektar ini memiliki bentuk yang unik. Di puncak tugu, terdapat lidah api yang terbuat dari perunggu dan dilapisi dengan emas murni. Lapisan emas dengan berat 35 kg pada monumen ini menjadi daya tarik tersendiri. Maka, tak heran jika orang-orang menyebutnya sebagai icon Monas.

Sebagai destinasi wisata, Monumen Nasional Jakarta ini tidak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap hari banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahan Ibu Kota Indonesia dari puncak Monumen Nasional (Monas). Ada juga ruang dioarama di mana para pengunjung bisa  menambah beragam wawasan sejarah Indonesia. Menariknya, disediakan pula kendaraan khusus untuk para wisatawan yang ingin mengelilingi keindahan kawasan Monas, seperti taman, air mancur menari, dan masih banyak lagi.

Alamat : Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Booking.com

(021) 3822255

Peta : Klik disini

Jam Buka : 08.00 – 22.00 (setiap hari)

Tiket :

Puncak monas -> dewasa (Rp. 15.000), mahasiswa (Rp. 8.000), anak-anak (Rp. 4.000)

Cawan & museum -> dewasa (Rp. 5.000), mahasiswa (Rp. 3.000), anak-anak (Rp. 2.000)

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah yang berlokasi di Jakarta Timur ini umumnya dikenal dengan sebutan TMII. Taman ini termasuk taman wisata dan rekreasi paling besar sekaligus paling baik di Indonesia. Luasnya mencapai 150 hektar. Hingga detik ini, TMII masih menjadi destinasi wisata utama yang ada di Jakarta. Setiap hari, banyak pengunjung yang datang terlebih saat musim liburan.

Pengunjung tempat wisata populer di Jakarta ini bukan hanya warga Jakarta dan penduduk Indonesia, tetapi juga mamcanegara. Para wisatawan tidak sekadar liburan di tempat ini. Selain sebagai sarana rekreasi, TMII juga menjadi wadah untuk menambah wawasan lebih mengenai budaya, sumber daya alam, adat istiadat, dan segala hal terkait Indonesia. Dengan begitu, kecintaan terhadap negara Indonesia akan semakin bertambah.

Lalu, apa saja yang terdapat di Taman Mini Indonesia Indah? Tentunya, ada berbagai tempat menarik yang bisa dikunjungi seperti 33 Anjungan Daerah, Bangunan Keagamaan, Taman Terbuka, Istana Anak, Taman Legenda Keong Emas, Snowbay Waterpark, Kereta Layang, Theater Imax Keong Emas, Kereta Api Mini, Kereta Gantung, Teater 4 Dimensi, 14 Museum, Tematik Flora & Fauna, Skyworld TMII, dan juga beragam fasilitas pendukung. Aneka sarana rekreasi itulah yang menjadikan TMII sebagai destinasi wisata terkemuka sejak pertama berdiri hingga sekarang.

Alamat : Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

(021) 87792078

Peta : klik disini

Jam Buka : 06.00 – 18.00

Tiket : 25.000 per orang

Note : untuk saat ini, TMII masih dalam tahap revitalisasi hingga September 2022.

Taman Margasatwa Ragunan

Selanjutnya, ada juga Tempat wisata di Jakarta yang sangat edukatif dan diminati segala kalangan. Tempat tersebut adalah taman wisata Margastwa Ragunan. Kebun binatang Ragunan ini berlokasi di jakarta Selatan, tepatnya Pasar Minggu, daerah Ragunan. Ada beraneka ragam satwa di dalamnya, yakni sekitar 3000 ekor satwa bahkan lebih. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi sekitar 50.000 pohon sehingga sensasi yang hadir di dalamnya begitu menyejukkan.

Di kebun binatang ini, wisatawan bisa melihat serta mempelajari dunia fauna mulai dari hewan mamalia, reptil, burun, juga lainnya. Kesehatan semua satwa sangat terjaga. Setelah berkeliling melihat-lihat hewan, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati suguhan taman serta angin sepoi-sepoi. Ada juga patung-patung hewan yang menggemaskan seperti patung komodo, orangutan, gajah, dan masih banyak lagi.

Daya tarik yang ada di taman Margasatwa Ragunan antara lain taman satwa anak, Pusat Primata Schmutzer, taman perahu angsa, kereta keliling, kuda tunggang, gajah tunggang, pentas satwa, dan lainnya. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap, misalnya toilet, tempat duduk, tempat makan, gazebo, musholah, hingga tempat parkir. Semua itu untuk menunjang kepuasan para wisatawan.

Alamat : Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Peta : klik disini

Jam Buka : 07.00 – 16.00 (Senin tutup)

Tiket : Rp. 3.000 – Rp. 65.000 (tiket masuk – wahana)

Taman Impian Jaya Ancol

Siapa yang tidak kenal Taman Impian Jaya Ancol? Hampir seluruh warga Indonesia bahkan mamcanegara tahu betul tempat wisata populer di Jakarta ini. Ancol merupakan taman rekreasi terbesar di Indonesia. Bahkan, sejak pertama kali berdiri, pemerintah sudah memberikan perhatian lebih pada tempat wisata ini.

Konsep wisata di Taman Impian Jaya Ancol ini sangat terintegrasi. Maka, tidak heran jika di dalamnya terdapat banyak sekali objek wisata yang hits dan populer serta pas untuk semua kalangan. Saat ini, wahana yang tersedia di Ancol Jakarta sangat banyak dan beragam. Wahana-wahana tersebut dikelompokkan menjadi berbagai taman wisata tematik, seperti :

  • Sea World
  • Ocen Ecopark
  • Dunia Fantasi
  • Ocean Dream Samudera
  • Gelanggang Samudera
  • Pasar Seni
  • Marina
  • Taman
  • Pantai
  • Dan lain-lain.

Selain itu, terdapat pula Dufan Ancol yang menyuguhkan beragam wahan menarik yang mana tidak semua tempat wisata memilikinya. Wahana tersebut antara lain Gajah Bledug, Kora-kora, Turangga-rangga, Bianglala, dan lainnya. Lalu, bagaimana dengan fasilitas pendukungnya? Semuanya lengkap di sini mulai dari rumah makan, toilet, musholah, ruang pertemuan, hotel, dan lain-lain.

Alamat : Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Peta : klik disini

Jam Buka : 06.00 – 21.00 (setiap hari)

Tiket : Motor (Rp. 15.000 ), mobil (Rp. 25.000), bus (Rp. 45.000), wahana & objek wisata (mulai dari 15.000 – 1.000.000)

Museum Macan

Selanjutnya, ada pula tempat wisata populer di Jakarta yang cukup unik, yaitu Museum Macan (Museum Of Modern And Contemporary Art In Nusantara). Objek wisata ini mengusung tema seni budaya. Artinya, Museum Macan tidak hanya sekadar tempat rekreasi, tetapi juga tempat art exhibition (pameran karya seni). Itulah kenapa tempat wisata ini sangat diminati wisatawan khususnya para penyuka seni.

Pameran karya seni di Museum Macan dilakukan secara bergilir dari waktu ke waktu. Artinya, karya yang dipamerkan seniman hari ini dan esok tentu berbeda. Dengan demikian, pameran terasa sangat fresh dan hidup setiap harinya. Selain itu, ada pula karya yang dipajang secara permanen, yakni sekitar 800 karya seni ciptaan seniman kelas atas, baik seniman Indonesia ataupun mancanegara seperti Amerika Utara, China, dan Eropa.

Konsep serta penyajian karya di Museum Macan sangatlah bagus. Karya yang dipajang itu bukan sekadar lukisan, tetapi beraneka teknik, instalasi, dan medium. Selain itu, terdapat pula banyak spot foto yang keren. Fasilitas yang tersedia pun sangat lengkap, seperti karya seni tradisonal, karya seni modern, toko museum, ruang seni anak, cafe, toilet, area parkir, dan masih banyak lagi. Jadi, pengunjung baik anak-anak atau dewasa bisa menikmati sekaligus mempelajari semua karya yang ada di dalamnya.

Alamat :

AKR Tower, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530

(021) 22121888

Peta : klik disini

Jam Buka : 10.00 – 16.00 (senin tutup)

Tiket : anak-anak (Rp. 80.000), pelajar (Rp. 90.000), dewasa (Rp. 100.000)

Museum Sejarah Jakarta

Nama lain dari Museum Sejarah Jakarta adalah Museum Fatahillah. Sebutan ini lebih populer karena Museum ini berlokasi di Jl. Fatahillah. Mulanya, tempat ini adalah balai kota yang sudah ada sejak jam Belanda. Namun, kini telah disulap menjadi destinasi wisata edukasi yang cukup terkenal di Jakarta.

Bangunan museum ini sangat unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bentuknya menyerupai Istana Dam, Amsterdam, Belanda. Museum Sejarah Jakarta ini terdiri dari 2 bangunan, yaitu bangunan utama dan bangunan pendamping. Bangunan utama terletak di bagian timur-barat dan memiliki dua sayap. Sementara itu, bangunan pendamping dimanfaatkan sebagai ruang pengadilan, kantor, serta berbagai ruang bawah tanah.

Ada banyak koleksi benda bersejarah pada masa penjajahan Belanda. Pada bangunan lantai satu menyajikan berbagai replika, misalnya perahu, prasasti, senjata-senjata tradisional, maket gedung, dan lainnya. Lalu, lantai dua menyajikan berbagai perabot rumah tangga (furniture), seperti kursi, meja, dan lemari yang dipakai pada masa pemerintahan Hindia-Belanda. Selain itu, ada pula spot wisata yang asyik, seperti patung hukuman gantung, penjara-penjara yang berada di ruang bawah tanah, Meriam Si Jagur, dan lainnya.

Alamat :

Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

(021) 6929101

Peta : klik disini

Jam Buka : 09.00-15.00 (senin tutup)

Tiket : anak-anak (Rp. 2.000), mahasiswa (Rp. 3.000), dewasa (Rp. 5.000)

Jakarta Aquarium

Nama destinasi wisata ini sudah cukup menggambarkan bahwa Jakarta Aquarium adalah objek wisata yang edukatif untuk semua kalangan. Menariknya, tempat ini tergabung dengan pusat perbelanjaan sehingga pengunjung bisa bebas berwisata sekaligus berbelanja. Di sini, pengunjung akan tahu banyak hal tentang dunia hewan. Bahkan, pengunjung juga bisa eksplore aquarium sepuasnya.

Ada berbagai jenis hewan di Jakarta Aquarium, mulai dari hewan darat hingga hewan air. Jumlah keseluruhan hewan mencapai lebih dari 3.500 spesies. Bahkan, pengunjung juga bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa cantik asal Indonesia, yakni sekitar 2000 satwa. Selain itu, terdapat pula banyak zona atraksi yang akan menemani oengunjung untuk bersenang-senang. Di antaranya adalah Otter Tunnel, Touch Pool, Aqua Trekking, Meerkat Feeding, dan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di Jakarta Aquarium juga lengkap. Di antara fasilitas-fasilitas tersebut adalah :

  • Cafetaria
  • Restaurant
  • Loker (biaya sewanya hanya 10 ribu per loker)
  • Toko souvenir
  • Ruangan bayi (letaknua di area toilet wanita)
  • Kamar mandi dan kamar kecil
  • Akses kereta bayi dan kursi roda
  • Akses wifi

Alamat :

Jl. Letjen S. Parman No.106, RW.5, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

(021) 27893435

Peta : klik disini

Jam Buka : 10.00-20.00 (setiap hari)

Tiket :

Reguler -> anak-anak (weekdays Rp. 112.700, weekend Rp. 147.000), dewasa (weekdays Rp. 147.000, weekend Rp. 171.500)

Premium -> anak-anak (weekdays Rp. 147.000, weekend Rp. 171.500), dewasa (weekdays Rp. 196.000, weekend Rp. 220.500)

Wisata Alam Mangrove

Bagi para pecinta wisata alam, Mangrove yang terletak di Jakarta Utara, tepatnya Pantai Indah Kapuk ini sangat direkomendasikan. Panorama kawasan ini sangat indah, pun udaranya sangat sejuk. Tempat wisata ini tidak sekadar menyuguhi pengunjung tanaman Mangrove. Kenyataannya, pengunjung akan mendapatkan pengalaman berbeda dan menyenangkan selama berkeliling TWA Mangrove.

Di jaman serba medsos, kebanyakan wisatawan memburu tempat yang memiliki spot foto terbaik. Dari sinilah, wisata alam Mangrove Jakarta menyediakan spot foto menarik dan instagramable. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan seru dan bermanfaat, seperti mengelilingi hutan bakau dengan perahu, menanam Mangrove, mengamati burung, mengelilingi kawasan dengan sepeda, dan lain-lain.

Selain itu, ada juga wisata air, taman wisata anak, dan spot lain yang akan memanjakan para pengunjung. Bahkan, tersedia pula camping ground atau penginapan dengan harga yang bervariasi. Semua fasilitas ada di sini, seperti toilet, rumah makan berbasis alam dan tradisional (menyerupai saung-saung), musholah, dan masih banyak lagi.

Alamat :

Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470

0811-1787-890

Peta : klik disini

Jam Buka : 07.00 – 19.00 (setiap hari)

Tiket : anak-anak (weekdays Rp. 15.000, weekend Rp. 20.000), dewasa (weekdays Rp. 30.000, weekend Rp. 35.000)

Kota Tua Jakarta

Rekomendasi tempat wisata populer di Jakarta selanjutnya yaitu Kota Tua Jakarta. Warga Jakarta atau pendatang pasti tidak asing dengan tempat ini dan bahkan mungkin sering mengunjunginya. Kota Tua ini berlokasi di Jakarta Barat. Kawasannya dikelilingi berbagai museum serta gedung tua. Spot-spot di area tersebut menjadi favorit tersendiri bagi para warga yang berkunjung.

Akses menuju destinasi wisata ini sangatlah mudah. Ditambah lagi, untuk berwisata dan menjelajahi seluruh kawasan Kota Tua Jakarta, pengunjung tidak harus mengeluarkan uang alias gratis. Ada banyak museum yang menjadi spot wisata edukasi di dalamnya, seperti Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan lainnya. Anda hanya harus membayar 10.000 jika hendak masuk per museumnya.

Menariknya, kawasan Kota Tua ini dilengkapi berbagai fasilitas. Yang paling diminati para pengunjung adalah jajanan khas serta bebrbagai restoran yang menawarkan aneka makanan Indonesia. Inilah salah satu faktor kenapa Kita Tua mendalatkan rating tinggi sebagai destinasi wisata Jakarta terbaik.

Alamat : Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Peta : klik disini

Jam Buka : 06.00-22.00

Tiket Masuk : –

Setu Babakan

Jakarta juga mempunya destinasi wisata yang memperkenalkan kebudayaan betawi, yakni Setu Babakan. Objek wisata ini terletak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Area ini merupakan perkampungan yang kental dengan kebudayaan betawi. Artinya, pengunjung akan dikenalkan dengan aneka ragam kehidupan serta budaya orang betawi.

Sesuai namanya, destinasi wisata ini merupakan sebuah danau atau setu yang sangat besar dan luas ukurannya. Ada beragam jajanan kaki lima dan rumah makan kuliner khas betawi yang mengelilingi pinggir danau. Dengan begitu, pengunjung bebas membeli dan menikmatinya kapan saja setelah menjelajahi Setu Babakan.

Setu Babakan juga menyajikan tempat pertunjukan. Wisatawan bisa melihat aneka ragam pertunjukan kesenian atau adat betawi. Misalnya, seni musik, Lenong, hingga pencak silat. Anda bisa menikmati keindahan danau serta semua fasilitas di dalamnya dengan biaya yang murah. Anda cukup mengeluarkan biaya untuk parkir saja. Selebihnya, Anda bisa megeksplore Setu Babakan sepuasnya.

Alamat : Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12640

Peta : klik disini

Jam Buka : 09.00 – 15.00 (senin dan hari libur nasional tutup)

Tiket : –

Itulah 10 tempat wisata populer di Jakarta yang sangat recommended untuk dijelajahi. Selain yang ada pada list di atas, tentunya, Jakarta masih mempunyai banyak objek wisata lain yang tidak kalah menarik dan mendidik. Jadi, wisatawan tidak akan merasa rugi saat singgah sekaligus berlibur di kota metropolitan.

Baca juga :

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *