Wisatarakyat.comKota yang terkenal dengan nama 1001 goa ini mempunyai banyak sekali objek wisata. Tidak hanya goa, ada destinasi wisata lain yang sangat memikat para pengunjung, seperti pantai, air terjun, sungai, dan juga lainnya. Ternyata, semua tempat wisata terbaik Pacitan memiliki keunikan dan ciri khas. Lantas, apa saja Tourism Spot tersebut? Berikut adalah 10 daftar destinasi wisata yang berada di kota Pacitan:

Sungai Maron

Sungai Maron menjadi destinasi wisata pilihan di Pacitan hingga detik ini. Sungai ini memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer dan kedalaman hingga 20 meter. Saat Anda menyusuri sungai ini, Anda akan merasakan sensasi yang luar biasa unik dan seru seolah-olah berjelajah di sungai Amazon. Di sekitar kawasan Sungai Maron, terdapat beragam jenis pepohonan yang tumbuh subur mengelilinginya, khususnya pohon kelapa. Inilah yang membuat suasana semakin sejuk dan syahdu. Pesona alamnya benar-benar memanjakan mata dan mendamaikan jiwa. Pengalaman liburan Anda pun akan terasa istimewa.

Di sini, Anda bisa melakukan kegiatan seru. Misalnya, Anda beserta teman, pasangan, atau keluarga menyusuri sungai dengan menaiki perahu wisata. Di sepanjang susur sungai tersebut, Anda akan melihat secara langsung bagaimana biru dan jernihnya air Sungai Maron. Selain itu, ada banyak sekali spot foto yang anti mainstream. Anda bisa mengekspresikan kebahagiaan bersama orang-orang tercinta dengan background alam yang indah. Tentunya, Anda tidak akan rugi mengeksplorasi objek wisata ini karena suguhan panoramanya memang layak untuk diabadikan dalam momen liburan. Karena di samping bagus, tempat ini juga tidak menguras kantong.

Lokasi: Maron, Dersono, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63552

Harga tiket: Rp. 2.000 (per orang) dan Rp. 100.000 – Rp. 150.000 untuk sewa perahu

Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB (setiap hari)

Goa Gong

Pacitan terkenal dengan julukan Kota 1001 Goa. Artinya, Pacitan kaya goa dengan segala pesonanya. Salah satunya adalah Goa Gong. Panjang Goa Gong mencapai 256 meter. Untuk menelusurinya, Anda harus menghabiskan waktu hingga 2 jam. Cukup luas, bukan? Kabarnya, Goa ini berhasil meraih klaim sebagai goa terbaik dan terindah se-Asia Tenggara. Itulah kenapa goa ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata wajib saat berlibur di Pacitan.

Dinding-dinding Goa Gong penuh dengan hiasan indah stalagmit dan stalaktit. Bebatuan kristal itu terlihat sangat memesona. Terlebih, stalagmit dan stalaktit tersebut bisa berbunyi seperti gong saat Anda memukulnya. Dari situlah, masyarakat menyebutnya dengan nama Goa Gong.

Lokasi: Salam, Bomo, Punung, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63553

Harga tiket: Rp. 5.000 – Rp. 20.000

Jam operasional: setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB

Curug Grungsing

Liburan di Pacitan tidak akan lengkap jika belum mampir ke Curug Gringsing. Curug Gringsing merupakan air terjun favorit wisatawan yang terletak di kecamatan Tegalombo, tepatnya di desa Ploso, dusun Krajan. Kawasan sekitar curug tersebut sangat indah nan asri. Tempatnya benar-benar masih alami sehingga setiap pengunjung merasa damai dan betah. Air terjun ini akan tampak jauh lebih memukau saat musim hujan. Aliran airnya begitu deras dan terlihat berundak. Ini karena bentuk bebatuan tempat mengalirnya air sangat kokoh, besar, dan tidak beraturan. Di tambah lagi, gemericik air benar-benar memanjakan telinga.

Sebagai informasi, saat traveling di tempat wisata terbaik Pacitan ini, Anda tidak bisa membawa kendaraan baik itu roda dua ataupun roda empat. Dalam artian, kendaraan tersebut tidak bisa memasuki kawasa Curug Gringsing. Anda bisa memarkirnya di area terdekat. Lantas, bagaimana cara menuju ke air terjun itu? Tentunya, Anda harus jalan kaki yang mana jaraknya sekitar 200 meter. Tenang saja, nantinya, lelah Anda akan hilang seketika saat melihat pesona Curug Grangsing karena daya pikat panoramanya tidaklah main-main.

Lokasi: Krajan, Ploso, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63582, Indonesia

Harga tiket: Rp. 20.000

Jam operasional: setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB

Pantai Klayar

Selain kaya akan goa, Pacitan juga kaya akan pantai. Pantai-pantai yang ada di kota ini berlomba-lomba menyuguhkan keindahannya. Salah satunya adalah pantai Klayar. Pantai ini memikat hati para pengunjung dengan hamparan pasir putih yang sangat bersih. Ditambah lagi dengan deburan ombaknya yang begitu jernih seperti kristal. Saat menyapu bibir pantai, viewnya mampu mengalahkan pesona alam di sekitarnya. Pantai ini berada di antara dua bukit karang. Anda pun bisa menaikinya untuk mengambil potret atau sekadar menyaksikan indahnya pantai Klayar dari gardu pandang. Tentunya, pemandangan yang tampak akan berbeda dan jauh lebih menakjubkan.

Ternyata, masyarakat sekitar berpendapat bahwa ada banyak misteri yang tersimpan di kawasan ini. Meski demikian, hal tersebut tidak menutup pesonanya. Kenapa? Karena daya tarik yang tersimpan jauh lebih banyak dan menawan. Di antaranya adalah air terjun, air mancur alami, seruling laut, karang raksasa yang terlihat seperti Sphinx di Mesir, dan juga bebatuan karang yang indah. Semua itu mengantarkan kawasan ini populer hingga ke penjuru dunia. Bahkan, wisatawan mancanegara yang mengenal dan berkunjung ke sini jauh lebih banyak daripada wisatawan domestik. Terlebih, banyak website terpercaya di internet yang menyebarkan info mengenai Pantai Klayar ini.

Lokasi: Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63554

Harga tiket: Rp. 10.000 untuk anak dan Rp. 15.000 untuk dewasa

Jam operasional: setiap hari 24 jam

Sentono Gentong

Pacitan juga memiliki surga tersembunyi, yaitu Sentono Gentong. Tempat wisata terbaik Pacitan ini berupa bukit karang dengan terjalan yang cukup apik sehingga sangat dipandang. Mulanya, kawasan merupakan tempat petilasan. Orang terdahulu bertapa di sini guna menenangkan diri. Karena viewnya yang indah dan lain dari perbukitan pada umumnya, masyarakat mulai menyadari bahwa tempat ini memang menyimpan potensi alam. Tempat ini pun mulai dikelola dan menjadi objek wisata di Pacitan.

Pemberian nama gentong ini ternyata terinspirasi oleh sebuah sejarah. Konon, saudagar asal Kalingga Selatan sering membawa gentong sebagai tempat penampungan air. Nantinya, air tersebut untuk minum, wudhu, atau keperluan lainnya. Uniknya, air tersebut tidak pernah habis meskipun telah dipakai berulang-ulang. Selain itu, Sentono Gentong menyimpan fakta-fakta menarik lainnya. Salah satunya adalah adanya sebuah makam di kawasan tersebut. Masyarakat terdahulu berpraduga bahwa itu adalah makam seorang punggawa dari kerajaan Kalingga, yakni Buwono Keling.

Puncak bukit karang ini cukup tinggi. Sehingga, ketika Anda berada di atas, Anda bisa menikmati sajian alam yang menenangkan. Panorama wilayah Pacitan terlihat begitu cantik dan asri. Bahkan, Gunung Limo dan Teluk Pacitan juga tampak berjajar rapi sehingga menambah kesan panorama yang ciamik. Lokasinya yang berada di perbukitan bagian timur menjadikannya sebagai spot terbaik untuk mengabadikan momen sunrise. Keindahannya benar-benar tidak tertandingi. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang di pagi hari menjelang fajar.

Lokasi: Krajan, Dadapan, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63552

Harga tiket: Rp. 10.000

Jam operasional: setiap hari 24 jam

Pantai Pidakan

Pantai satu ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu terdapat banyak sekali batuan alam dengan ukiran dan bentuk yang bervariasi. Batu-batu tersebut tempak seperti gugusan yang tersusun rapo dan membentuk kolam-kolam kecil. Terlebih, ada air jernih yang menggenang di dalamnya. Pantai Pidakan memiliki pasir putih yang membentang indah. Area sekitar juga terlihat begitu bersih. Di tambah lagi, di sekeliling kawasan tersebut terdapat karang dan tebing yang menciptakan kesan apik.

Tentunya, panoramanya tidak kalah dengan pantai-pantai populer di kota lain. Udaranya pun sangat syahdu. Di sini, Anda bisa melihat habitat laut, seperti cangkang kerang, kepiting bakau, bulu babi, dan juga moluska lainnya. Selain dijadikan sebagai wisata rekreasi, tempat ini pun menjadi wisata edukasi, misalnya untuk acara perkemahan. Sangat multifungsi, bukan?

Lokasi: Desa Jetak, Kec. Kulakan, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 55881

Harga tiket: Rp. 5.000

Jam operasional: 24 jam (setiap hari)

Pantai Taman

Pantai Taman Pacitan ini memang tergolong baru. Namun, keindahan pantai ini cepat menyebar di penjuru kota dan membuatnya cukup populer. Pantai yang terletak di Hadiwarno Ngadirojo ini tidak sekadar menawarkan pemandangan saja. Ada banyak kegiatan seru dan menantang yang bisa pengunjung lakukan. Salah satunya adalah bermain flying fox. Panjang arena untuk aktibitas ini mencapai 450 m dan tingginya sekitar 74 m. Fantastic!

Saat berwisata di pantai ini, jangan lewatkan aktivitas hunting foto karena spot foto yang tersedia di sini sangat instagramable. Di samping itu, fasilitasnya juga lengkap. Misalnya, terdapat tempat penginapa, area parkir, tempat kuliner, dan juga fasilitas lainnya. Yang pasti, Anda akan sangat puas menghabiskan waktu di Pantai Taman Pacitan.

Lokasi: Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63572. Jam

Harga tiket: Rp. 5.000

Jam operasional: setiap hari, 08.00 – 19.00 WIB

Beiji Park

Pacitan tidak melulu tentang pantai dan goa. Ada objek wisata lain yang sangat pas untuk hang out bersama sahabat atau keluarga. Temoat tersebut adalah Beiji Park. Sebenarnya, objek ini tergoling baru. Namun, suguhan panoramanya sangat memikat sehingga membuatnya sangat viral. Yang paling menarik dari tempat ini adalah latar belakang yang menampakkan keindahan Teluk Pacitan.

Di samping itu, Anda bisa nongkrong di kafe-kafe yang tersedia si sini. Terdapat pula beberapa wahana yang akan menjadikan perjalanan Anda semakin seru. Tidak hanya itu, fasilitas outbond pun tersedia. Semua serba ada dan serba murah. Artinya, Beiji Park cukup multifungsi, bukan?

Lokasi: Jl. Raya Tompak Rinjing, Beji, Dadapan, Kec. Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Harga tiket: Rp. 10.000

Jam operasioal: setiap hari, 05.00 – 17.00 WIB

Monumen Jenderal Sudirman

Jika Anda ingin bersenang-senang sambil mengenang sejarah Indonesia, Monymen Jenderal Sudirman adalah tempatnya. Di tempat wisata terbaik Pacitan, terdapat patung Jenderal Sudirman yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Selain patung tersebut, ada sebuah rumah yang pernah ditempati oleh sang jenderal. Rumah tersebut merupakan markas beliau selama melawan penjajah dan memperjuangkan Indonesia. Banyak sekali barang peninggal bersejarah di bangunan ini, seperti keranjang tempat Jenderal Sudirman tidur. Yang pasti, komplek ini penuh dengan diorama perjuangan kemerdekaan.

Selain belajar sejarah terdahulu, Anda juga bisa bersantai dan memotret kebersamaan. Ada beberapa spot foto menarik di sini, seperti pendopo joglo yang unik. Fasilitas lainnya juga tersedia, misalnya, gazebo, perpustakaan, ruang audio-visual, tempat makan, lahan parkir, mushola, toilet, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Harga tiket: Rp. 5.000

Jam operasional: 09.00 – 17.00 (setiap hari)

Pantai Srau

Jika pulau Bali memiliki paradise beach, pulau Jawa pun memilikinya. Salah satunya adalah pantai yang berada di Kota Pacitan, yaitu Pantai Srau. Pantai sangat cocok untuk perjalanan wisata bersama keluarga, sahabat, atau bahkan pasangan. Sejuknya suasana alam membuat hati dan pikiran tenang. Bahkan, segala penat seketika hilang.

Mungkin, dari segi nama, panti ini tidak setenar pantai yang lain. Namun, daya pikatnya mampu menyaingi keindahan pantai-pantai yang ada di pulau Jawa. Anda bisa berenang dengan aman dan nyaman mengingat airnya begitu jernih, bermain pasir, atau piknik. Lantas, apakah fasilitasnya lengkap? Jawabannya adalah sangat lengkap. Di sini, Anda akan mendapati:

  • Camping area
  • Rumah makan
  • Spot foto
  • Mushola
  • Gazebo
  • Pusat informasi
  • Area parkir
  • Toilet
  • Dan lain-lain.

Lokasi: Candi, Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Pacitan, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63552

Harga tiket: Rp. 5.000 – Rp. 10.000

Jam operasional: setiap hati 24 jam

Bagaimana? Pacitan kaya akan surga tersembunyi, bukan? Segera rencanakan liburan terbaik Anda di tempat wisata terbaik Pacitan. Semoga perjalanan Anda menyenangkan!

 

 

Share: