Hampir setiap orang pasti mengenal dan pernah berkunjung ke kota Yogyakarta. Kota yang memiliki banyak keistimewaan ini membuat pengunjungnya selalu rindu. Ini karena Jogja mempunyai daya tarik tersendiri, seperti objek wisata yang ciamik, kuliner lezat dan murah, serta budaya yang unik. Anda tidak perlu ragu mengenai keindahan kota ini. Ada banyak tempat indah, seru, dan eksotis untuk Anda kunjungi di sini. Kira-kira, apa saja, ya? Langsung saja, berikut adalah 10 tempat wisata populer di Jogja:

1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana seorang sultan yang memimpin Daerah Istimewa, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X. Objek wisata ini menawarkan beragam sejarah terkait kerajaan/kesultanan Jogja. Untuk mengelilingi area Keraton Yogyakarta, ada pemandu yang akan memandu perjalanan Anda. Pemandu tersebut juga akan memberikan penjelasan dan wawasan terkait sejarah Keraton.

Di sini, Anda akan bersenang-senang sambil belajar banyak hal. Anda akan melihat dan mempelajari sejarah bangunan-bangunan unik. Bangunan tersebut merupakan tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta keluarganya. Selain itu, Anda bisa menikmati indahnya alun-alun Jogja di sebelah utara Keraton dan kawasan Malioboro di sebelah selatannya. Sangat lengkap, bukan?

Lokasi: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132

Harga tiket: Rp. 8.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 15.000 untuk wisatawan asing (mancanegara)

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Booking.com

2. Kampung Wisata Taman Sari

Wisata satu ini berada di kawasan  Istana Kesultanan yang sangat bersejarah, Keraton Yogyakarta. Dulunya, Taman Sari merupakan tempat pemandian pribadi bagi penguasa istana, yakni sang sultan, para permaisuri, serta putra-putri kerajaan. Sejarah itulah yang menjadikan tempat ini sebagai tourism spot.

Bagi Anda yang sedang atau hendak travelling ke Jogja, Anda bisa mengunjungi pemandian unik ini. Tempat ini tidak hanya menyuguhkan suasana yang berbau sejarah, tetapi juga indah dan instagramable.

Anda pasti akan terpukau melihat keunikan lorong bawah tanah Taman Sari. Terlebih, terdapat peninggalan bawah tanah yang cukup megah, yaitu masjid Sumur Gumuling. Masjid ini memiliki tangga yang berarsitektur unik. Ini adalah salah satu alasan kenapa Taman Sari selalu ramai pengunjung.

Lokasi: Jl. Taman Sari No.42, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

Harga tiket: Rp. 5.000 (untuk wisatawan domestik) dan Rp. 15.000 (untuk wisatawan mancanegara)

Jam operasional: 09.00 – 15.00 (setiap hari)

3. Jalan Malioboro

Siapapun pasti sangat familiar dengan nama jalan di Jogja satu ini. Jalan Malioboro selalu menjadi tempat wisata populer di Jogja sepanjang masa. Ini karena kawasan ini menawarkan banyak sekali pengalaman menyenangkan kepada semua pengunjungnya. Di antaranya adalah wisata kuliner dan belanja.

Ketika berkunjung ke Jogja, Anda pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memborong oleh-oleh, bukan? Pada siang hari, di sepanjang jalan tempat inilah Anda akan menemukan banyak sekali pedagang barang khas Jogja, seperti batik, tas, pakaian, dan lainnya. Sementara pada malam hari, Anda bisa menikmati makanan khas Jogja yang lezat dan sehat.

Selain itu, ada kegiatan lain yang tak kalah serunya. Di jalan Malioboro terdapat sekelompok orang yang memakai kostum unik, seperti zombie, pocong, prajurit, dan lainnya. Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto ria bersama mereka. Terlebih penanda jalannya, setiap pengunjung pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk foto di sekitarnya.

Lokasi: Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 5527

Harga tiket: –

Jam operasional: setiap hari 24 jam

4. Pantai Parangtritis

Ternyata, Jogja juga memiliki pantai yang sangat indah, yaitu Pantai Parangtritis. Lokasinya berada di selatan Kota Jogja. Jarak perjalanannya sekitar 25 km. Pantai ini selalu menjadi objek wisata terfavorit bagi para pengunjung. Ini karena keindahannya benar-benar memanjakan mata.

Pantai ini membentangkan air laut yang biru dan jernih. Garis pantainya lumayan panjang dan bersih. Selain itu, hamparan pasirnya juga sangat luas. Ada banyak hal seru yang bisa Anda nikmati di sini. Misalnya, Anda bisa membuat gumuk pasir bersama keluarga, berfoto, mengendarai delman, dan masih banyak lagi.

Yang paling dinantikan dari tempat ini adalah pemandangan sunset. Pada sore hari, pengunjung akan semakin ramai dan duduk berjajar demi melihat indahnya sunset. Anda tentu tidak ingin kehilangan moment ini, bukan? Tentu saja, yang pasti, Pantai Parangtritis akan mengajak Anda menciptakan kesan liburan yang menyenangkan.

Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55772

Harga tiket: Rp. 10.000

Jam operasional: setiap hari 24 jam

5. Lereng Gunung Merapi

Salah satu gunung yang sangat populer di Jogja adalah Gunung Merapi. Lereng pegunungan ini menjadi tourism spot yang sangat banyak peminatnya. Terdapat dua pilihan untuk sampai di puncaknya. Pertama, Anda menaiki jeep bersama rombongan tour. Kedua, Anda mendakinya tanpa bantuan kendaraan. Semua tergantung selera Anda.

Untuk pilihan pertama, Anda dapat booking private jeep dengan tujuan ke area Kaliadem. Anda bebas menentukan jumlah rombongan tour. Perjalanan dengan jeep ini akan sangat menyenangkan. Anda bisa melihat dengan jelas bagaimana gagahnya Merapi. Selain itu, Anda juga akan melihat bagaimana rupa sisa-sisa letusan Merapi, Bunker Kaliadem.

Lalu, bagaimana jika ingin mendaki lereng Merapi? Tentu saja, perjalanan kaki ini sangat mengesankan. Anda akan memiliki pengalaman seru yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Namun, Anda harus berbekal fisik dan psikis yang kuat mengingat pendakiannya cukup sulit.

Lokasi: Kaliurang, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55582

Harga tiket: Rp. 400.000 – Rp. 700.000 per paket lava tour Merapi by jeep

Jam operasional: 04.30 – 18.00 WIB (setiap hari)

6. Bukit Becici

Bukit Becici juga termasuk tempat wisata populer di Jogja. Bahkan, tempat ini selalu penuh wisatawan sejak masa kunjungan Barrack Hussein Obama, Presiden Amerika Serikat yang ke 44. Artinya, Bukit Becici sudah cukup populer sejak tahun 2017. Obama juga bertutur bahwa salah satu objek wisata favoritnya saat berkunjung di Indonesia adalah Bukit Becici. Sangat menakjubkan, bukan?

Sebenarnya, tempat ini adalah kawasan hutan pinus. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 380 mdpl dan luas sekitar 4,4 hektar. Tidak heran jika objek wisata ini mampu menghadirkan suasana yang sangat menenangkan. Panorama alamnya pun masih begitu asri.

Saat berada di puncak bukit, Anda bisa melihat hamparan alam Yogyakarta yang begitu memesona. Bahkan, Anda juga akan terpukau dengan keindahan pemandangan kawasan Candi Prambanan. Tidak hanya itu, puncak Becici juga menyajikan pesona alam lainya, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, hingga siluet pantai Parangtritis. Semuanya terlihat begitu menawan. Itulah kenapa para wisatawan begitu betah berlama-lama di bukit ini.

Lokasi: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Munthuk, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Indonesia , 55783

Harga tiket: Rp. 5.000 untuk tiket masuk, Rp. 3.000 untuk parkir motor, Rp. 5.000 untuk parkir mobil, dan Rp. 20.000 untuk parkir bus

Jam operasional: 08.00 – 22.00 WIB (setiap hari)

7. Benteng Vredeburg

Museum yang dikenal dengan sebutan Benteng Vredeburg juga cukup populer di Jogja. Objek wisata ini berdiri gagah di sekitar kawasan nol kilometer. Bangunan museum ini sangat panjang. Keunikannya juga menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang menarik. Selain itu, terdapat juga diaroma yang merupakan wisata edukasi. Jadi, semua tersaji lengkap di sini.

Saat memasuki museum ini dan mengelilingi diaromanya, Anda akan mempelajari banyak sejarah. Anda seolah melihat dengan jelas bagaimana perjuangan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Anda juga bisa berfoto dengan benda-benda unik dan bersejarah di dalamnya, seperti replika tugu Yogyakarta, replika meriam, serta patung para pahlawan.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55122

Harga tiket: Rp. 2.000 untuk anak-anak, Rp. 3.000 untuk dewasa, dan Rp. 10.000 untuk turis asing

Jam operasional: Selasa – Ahad, 08.0 – 16.00 WIB (Senin tutup)

8. Tugu Yogyakarta

Anda tidak boleh melewatkan tempat satu ini. Tugu Yogyakarta yang merupakan icon daerah istimewa ini menjadi destinasi wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi. Sebenarnya, tugu ini lebih dikenal oleh masyarakat Jogja dengan nama Tugu Pal Putih yang mana berdiri pada tahun 1755. Pendirinya tidak lain adalah Sri Sultan Hamengkubuwono I.

Tugu ini memiliki nilai simbolis berupa garis magis. Masyarakat mempercayai bahwa tempat ini merupakan penghubung beberapa kawasan, yaitu Keraton Yogyakarta yang terletak di pusat Jogja, Gunung Merapi di sebelah utara, Panggung Krapyak di sebelah selatan, dan juga pantai Parangtritis. Yang pasti, rasanya tidak afdhol jika tidak mengunjungi icon Jogja ini. Anda bisa mengabadikan momen sebagai bukti bahwa Anda pernah berjelajah di daerah istimewa.

Lokasi: Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55233

Harga tiket: –

Jam operasional: setiap hari 24 jam

Well, itulah 10 daftar tempat wisata populer di Jogja. Manfaatkan kesempatan emas untuk menikmati keindahan objek-objek tourism tersebut. Pastinya, Anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga dan mengedukasi tentunya. Have a nice trip!

9. Candi Prambanan

Selain Borobudur, Candi Prambanan juga menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar se-Indonesia. Letaknya berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Klaten, yaitu sekitar 17 KM.

Lantas, apa yang menarik dari bangunan ini? Sama halnya dengan candi Budha, candi Hindu ini menawarkan banyak sekali keunikan dan keindahan bangunan. Salah satunya adalah hiasan relief di setiap lapisan dinding candi. Ukiran tersebut menceritakan kisah Krishnayana dan juga Ramayana.

Lokasi: Prambanan Temple Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55571

Harga tiket: Rp. 25.000 – Rp. 85.000 (tergantung kategori dan paket kunjungan)

Jam operasional: 06.30 – 17.00 WIB (setiap hari)

 

Candi Borobudur

sabeagai informasi tambahan selain 9 destinasi di atas ada 1 destinasi dekat jogja yang sayang kalau di lewat, destinasi wisata tersebut  adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur ini masuk dalam wilayah Magelang Jawa Tengah. Namun, lokasi tersebut cukup dekat dengan pusat Jogja, yaitu sekitar 40 km. Itulah sebabnya pengunjung Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menyempatkan diri untuk mengelilingi Candi Borobudur. Candi ini tergolong candi Budha yang paling besar di dunia. Oleh karena itulah, hampir seluruh penduduk belahan dunia mengenal dan pernah mengunjungi bangunan ini.

Candi Budha terbesar ini berbentuk persegi. Bangunan ini memiliki 9 platform sedang di puncaknya terdapat satu candu utama yang cukup besar. Dinding-dinding candi ini penuh dengan ukiran indah. Ukiran tersebut bukan sekadar hiasan semata melainkan catatan sejarah kehidupan masyarakat hingga beragam cerita Budha.

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553

Harga tiket: Rp. 25.000 – Rp. 75.000 (tergantung kategori dan paket kunjungan)

Jam operasional: 06.30 – 16.30 WIB (setiap hari)

 

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *