Wisatarakyat.com Provinsi Jawa Tengah memang terkenal memiliki berbagai daerah yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga sangat menarik. Salah satunya Kota Boyolali yang juga memiliki objek wisata Umbul Tirto Mulyo yang bersejarah serta unik.

Bagi masyarakat Boyolali tentu objek wisata satu ini bukan lagi tempat yang asing dan kerap menjadi tujuan akhir pekan. Bahkan masyarakat luar daerah Boyolali juga sering tertarik untuk mengunjungi wisata ini untuk mengenal sejarah sekaligus berlibur.

Sejarah Umbul Tirto Mulyo

Umbul yang bernama Tirto Mulyo ternyata memiliki sejarah cukup menarik yang bisa Anda lihat dari desain objek wisata ini. Bahkan menurut penjaga umbul, banyak area yang sudah berubah dan lebih bagus dari sebelumnya lantaran sudah terawat dan mendapat sentuhan.

Sejarah umbul di Kabupaten Boyolali ini tidak luput dari peran Sri Susuhunan Paku Buwono X yang sering berkunjung ke umbul. Biasanya Sri Susuhunan Paku Buwono X berkunjung hanya saat hari-hari tertentu saja untuk memperingati momen.

Raja dan para kerbat pernah berkunjung dan menggelar acara padusan yang biasanya diadakan untuk menyambut bulan Ramadhan. Sehingga menarik wisatawan untuk mengetahui tempar pemandian para raja dan orang keraton jaman dulu.

 

Lokasi Wisata Umbul Tirto Mulyo

Meskipun sudah hadir sejak lama, namun tidak semua orang mengetahui lokasi dari Umbul Tirto Mulyo tersebut. Lokasi umbul satu ini berada di Gombang, Kemasan, Duaun 2, Kecamatan Sawit dan sudah bisa terbaca menggunakan Google Maps.

Umbul di Kabupaten Boyolali ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga atau teman. Anda bisa mengajak keluarga atau kerabat lainnya untuk bermain air sambil mandi di kolam mata air yang jernih dan menyegarkan.

Baca Juga :  D'Lawu Bistro & Mountain Cottage, Menikmati Alam Sambil Kulineran

Harga Tiket Umbul Tirto Mulyo

Tiket masuk : Rp.5.000
Parkir Motor : Rp. 2.000
Parkir Mobil : Rp. 5.000

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Tempat wisata ini buka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB

Daya Tarik 

Mengenal sejarah dari pemandian Tiro Mulyo tidak lengkap jika tidak mengetahui daya tarik dari objek wisata tersebut. Berwisata menyenangkan dengan menikmati berbagai fasilitas yang lengkap sambil menikmati pemandangan yang indah dan masih asri.

Desain ala Kerajaan

Salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memang terkenal memiliki berbagai objek wisata alam yang indah. Salah satunya umbul atau sumber mata air juga menjadi objek wisata paling menarik bagi wisatawan.

Seperti di Umbul Tirto Mulyo yang terkenal sebagai tempat padusan raja dan kerabat kerajaan zaman dulu. Tidak heran jika desain bangunan, kolam pemandian, dan lainnya layaknya berada di kawasan kerajaan.

Tersedia Penyewaan Pelampung

Anda bisa mengajak keluarga, kerabat, atau teman-teman untuk berwisata bersama ke Tirto Mulyo yang terletak di Kabupaten Boyolali ini. Meskipun sempat terbengkalai selama beberapa tahun, namun sekarang lebih bagus dan berbeda.

Bahkan objek wisata pemandian ini sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak, namun masih harus berada dalam pengawasan orang tua. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia tempat penyewaan pelampung bagi anak-anak ataupun orang dewasa.

Fasilitas 

Berwisata akan lebih nyaman jika tersedia fasilitas umum yang lengkap dan memadai pada tempat tersebut. Dan di pemandian Tirto Mulyo ini sudah memiliki fasilitas toilet, Mushola, tempat parkir, dan warung makan di sekitar area objek wisata.

Demikian ulasan tentang objek wisata menarik di Boyolali yang bernama Umbul Tirto Mulyo yang bersejarah dan unik. Di objek wisata ini Anda bisa merasakan seperti mandi di keraton dan mengenal lebih banyak sejarah yang ada pada tempat tersebut.

Baca Juga :  Museum Tumurun, Tempat Menikmati Koleksi Unik & Antik

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x