Wisatarakyat.comSumatera Utara memiliki banyak pesona wisata mulai dari alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas Wisata Alam di Sumatera Utara. Sejumlah tempat wisata  Alam di Sumatera Utara memang populer hingga mancanegara. Selan menawarkan pesona, masing-masing tempat wisata di Sumatera Utara memiliki keunikannya masing-masing.

Yuk Liburan yang Seru di Tempat Wisata Alam di Sumatera Utara

1. Danau Toba

Tak hanya di Sumatera Utara, Danau Toba merupakan salah satu wisata populer di Indonesia. Destinasi wisata superprioritas ini memiliki luas mencapai 1.130 kilometer persegi.

Dengan luas tersebut, Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus danau badai terbesar di dunia.Disebut danau badai, karena Danau Toba merupakan kaldera yang terbentuk dari letusan badai besar di kawasan tersebut, seperti dikutip dari situs web Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 

2. Pulau Samosir

Jangan sampai terlewatkan, jika kamu mengunjungi Pulau Samosir, karena pulau satu ini cocok untuk kamu yang menyukai pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, pulau kecil di tengah Danau ini memiliki pesona alam dan artistik. Saat berkunjung ke Pulau Samosir, para ekskursi juga akan disuguhkan dengan warna-warni perdagangan dan budaya garis keturunan Batak, seperti bola dan sanggar seni.

Tak ketinggalan, ada kegiatan religi di Bukit Sibeabea dengan ikon patung Yesus Kristus setinggi 61 meter. Magnet pelancong yang dibuka sebelum waktu ini juga menawarkan pemkamungan langsung ke Danau Toba.

 

3. Patung Yesus Sibea-bea

Akses jalan wisata spiritual menuju Patung Yesus Kristus di puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Bukit Sibea-bea berada di Pulau Samosir. Ikon Bukit Sibea adalah patung Yesus Kristus dengan ketinggian 61 cadence, seperti dikutip dari situs Pemerintah Kabupaten Samosir.

Patung Yesus Kristus ini lebih tinggi dari Patung Yesus Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro, Brasil, yang tingginya 30 meter. Obyek wisata yang baru dibuka pada pagi hari kali ini merupakan destinasi wisata religi yang terjalin di Kabupaten Samosir,

Selain dari patung Yesus Kristus, kawasan wisata ini dilengkapi dengan rumah ibadah, kuliner, dan pemkamungan alam Danau Toba.

 

4. Bukit Holbung

Masih di Pulau Samosir, wisatawan bisa menjumpai Bukit Holbung. Jika kamu pernah menonton film Ngeri-ngeri Sedap, tentunya sudah tidak asing dengan Bukit Holbung ini.Destinasi wisata ini menjadi salah satu lokasi syuting film tersebut.

Berdasarkan informasi dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Bukit Holbung merupakan kawasan perbukitan yang terdiri dari delapan bukit.

Kawasan perbukitan ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisata di Bukit Holbung antara lain bersantai di hamparan rumput hijau, berburu foto Instagramable, dan camping.

 

5. Air Terjun Efrat

Posisinya berada di Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Air Terjun Efrata juga dekat dengan Danau Toba sehingga sering dikunjungi wisatawan.

 

6. Menara Pkamung Tele

Wisata di Sumatera Utara selanjutnya adalah Menara Pkamung Tele. Dari lokasi ini, wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Toba. Lokasinya berada di Turpuk Libong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

 

7.Pantai Sorake

Pantai Sorake merupakan surganya pencinta surfing. Lokasinya berada di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Melansir laman Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, pantai ini masuk daftar 10 besar tempat surfing terbaik di dunia, bersama dengan Hawai.

Sebab, Pantai Sorake memiliki ombak dengan ketinggian mencapai 10-12 meter. Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Sorake untuk selancar pada Juni-Juli. Nah, itulah rekomendasi Wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi. Terimakasih!

 

Share: