Wisatarakyat.com – Curug Awu Brebes adalah destinasi air terjun yang tersembunyi di Kecamatan Sirampog, Brebes.

Meskipun jarang dikunjungi, keistimewaannya terletak pada ketinggian yang menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di daerah tersebut.

Sayangnya, pengelolaan tempat ini belum optimal, meskipun memiliki potensi wisata yang besar.

Rute & Lokasi Curug Awu Brebes

Air Terju ini alamatnya terletak di Dukuh Gucci, Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Rute dari pusat kota Brebes melibatkan beberapa belokan, mengarahkan wisatawan melalui Jl. Slamet, Jl. Wahid Hasyim, Jl. Sultan Agung, dan Jl. Raya Terlangu. Dari arah Bumijawa atau Bumiayu.

Petunjuk mengarahkan ke Lapangan Dawuhan dengan suasana pedesaan yang menyertai perjalanan.

Harga Tiket Masuk Curug Awu Brebes

Untuk menikmati keindahan alam dari wisata air terjun ini pengunjung tidak dikenakan biaya atau gratis

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Buka 24 Jam

Daya Tarik Wisata

Trekking Yang Indah

Perjalanan menuju Curug Awu dimulai dengan petualangan trekking yang menakjubkan. Lokasinya yang tersembunyi menambah eksplorasi dengan jalan setapak berupa tanah merah.

Tanpa petunjuk jalan yang jelas, wisatawan disarankan untuk bertanya pada warga sekitar. Meski jalurnya relatif datar, perlu hati-hati karena sebelah kanan jalur berupa jurang tanpa pembatas.

Setelah sekitar 10 menit berjalan, puncak Curug Awu sudah terlihat. Perjalanan menurun yang licin setelah hujan memerlukan estimasi waktu sekitar 20-30 menit, serunya lagi, sebelum tiba di depan air terjun, pengunjung harus melewati sungai kecil dan menapaki bebatuan.

Curug Yang Sangat Tinggi

Curug Awu menawarkan pengalaman unik dengan air terjun yang sangat tinggi. Suasana adem disambut dengan hempasan angin segar setelah trekking.

Baca Juga :  Air Terjun Montel Kudus

Air yang jatuh langsung mengenai bebatuan, menciptakan suasana yang menyegarkan. Tempat ini hampir seperti surga tersembunyi dengan aliran air tinggi yang lurus, dikelilingi oleh tebing tinggi dan tetumbuhan hijau.

Dari ketinggian, air terjun ini seperti air keran, mengalir deras, bersih, dan tingginya mencapai sekitar 100 meter.

Alam Yang Tenang

Curug Awu brebes menjadi tempat yang ideal untuk hulang-healing atau self-healing, terutama karena ketenangan alamnya yang menenangkan.

Jauh dari suara bising kendaraan dan polusi, suara aliran air menjadi pusat pendengaran. Suasana yang damai dan tenang membuat banyak pengunjung menikmati momen relaksasi di sini, menjauhkan diri dari kebisingan keseharian.

Fasilitas

Meskipun tersembunyi, Curug Awu memiliki fasilitas terbatas yang menambah daya tariknya. Keaslian lingkungan yang masih alami membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk menikmati keindahan alam.

Jadi, jangan ragu untuk menjadikan destinasi wisata inisebagai destinasi wisata alam penuh petualangan bersama sahabat atau teman-teman terdekat di akhir pekan. Keindahan alam yang menakjubkan dan pengalaman trekking yang menarik membuat tempat ini menjadi tempat yang layak dikunjungi.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x