Wisatarakyat.com –  Bagi para penggemar traveling tentu ingin mengunjungi destinasi yang menakjubkan dan indah. Keindahan sebuah air terjun seringkali dapat memuaskan rasa penasaran. Oleh karena itu, Curug Malela di Bandung menjadi pilihan yang sangat tepat untuk para wisatawan. Terutama pada akhir pekan, tempat ini menawarkan pola dan fasilitas yang cukup lengkap.

 

Curug Malela adalah destinasi wisata di Bandung yang mengusung konsep alami. Banyak orang menganggap bahwa air terjun di Jawa Barat ini penuh misteri. Bagi wisatawan dari luar kota, mungkin mereka belum mengetahui keunikan tempat ini.

Namun, destinasi wisata alam di Kabupaten Bandung Barat ini mampu memberikan pengalaman alam yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Mari kita telusuri keunikan dari air terjun ini.

 

Lokasi Curug Malela

Alamat tempat wisata ini tepatnya  terletak di perbatasan Kabupaten Cianjur, Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung Barat. Akses transportasinya cukup lengkap, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Rute menuju lokasi juga tergolong mudah, dapat dimulai dari Kantor Desa Cicadas atau dari Kota Cimahi dengan melewati Batujajar, Cihampelas, Cililin, Sindang Kerta, dan Gunung Halu.

Lokasi Curug Malela berada sebelum lokasi Buni Jaya, yang dapat dijadikan patokan di Buni Jaya. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, mengingat harga transportasi umum cukup tinggi. Selain itu, saat berkunjung ke destinasi wisata ini, disarankan membawa baju ganti. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di Google Maps.

 

Menikmati keindahan Curug Malela bisa menjadi pilihan liburan yang menarik. Ajak juga teman-teman atau keluarga Anda untuk bersama-sama menikmati keindahan Curug Malela yang mudah diakses oleh siapa pun, sehingga Anda dapat mengamati semua fasilitas dan menjadikan liburan di Kota Bandung lebih seru.

 

Baca Juga :  Situ Wulukut Kuningan, Tempat Piknik Di Rerumputan Hijau

Harga Tiket Masuk Curug Malela

 

Harga tiket masuk ke Curug Malela cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang. Selain itu, terdapat tarif parkir untuk motor sebesar Rp 2.000 dan tarif untuk kendaraan mobil mencapai Rp 5.000. Bagi yang membutuhkan, ojek juga tersedia dengan tarif sekali jalan sekitar Rp 4.000 per orang. Harga tiket masuk ini masih terjangkau bagi para wisatawan, namun perlu dicatat bahwa harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

 

Jam Operasional

 

Wisata alam ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00.

 

Daya Tarik

Curug Malela, yang berarti air terjun Malea, memiliki sumber air dari Utara Gunung Kendeng dan terlihat di bagian barat Ciwidey yang dianggap sebagai gunung mati. Pada musim hujan, air terjun ini mengalir deras dengan tinggi mencapai 60-70 meter dan lebar mencapai 70 meter. Di sekitar lokasi curug, Anda mungkin beruntung melihat ratusan ekor monyet berekor panjang. Keindahan alam tersembunyi ini merupakan daya tarik utama, di mana debit air yang deras menjadi objek foto yang menarik.

 

Wisata Alam Curug Malela menawarkan 5 jalur air, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan dan keagungannya. Meskipun akses ke lokasi cukup sulit, masyarakat sekitar dan para pengunjung merasa puas dengan keindahan dan kesegaran curug ini.

 

Biasanya, wisatawan lebih suka mengunjungi air terjun Malela pada akhir pekan, karena merupakan waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam di sekitar air terjun. Meskipun aktivitas wisata di tempat ini masih terbatas, suasana tenang dan udara segar memberikan kepuasan kepada pengunjung. Oleh karena itu, tempat ini tetap ramai dikunjungi selama musim liburan.

Baca Juga :  Merbabu Park Kopeng, Wisata Lereng Gunung Yang Instagenic

 

Fasilitas

 

Curug Malela menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, termasuk mushalla, food court, track motor, taman, amphitheatre, toilet, plaza curug, shelter, pedestrian, spot berfoto, jembatan, camping ground, dan gallery craft.

 

 

 

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x