Danau Situ Patenggang Bandung
sumber : https://tempatwisatadibandung.info

Danau Situ Patenggang Bandung

Posted on

 

Danau Situ Patenggang merupakan salah satu danau yang bisa Anda temukan di kawasan wisata alam Ciwidet, Bandung. Berada di bawah kaki Gunung Patuha, situ Patenggang memiliki pemandangan yang tidak hanya alami dan indah namun juga cukup eksotis.

Danau ini di sekelilingnya terdapat perkebunan teh yang membuat udara di sekitar kawasan ini semakin sejuk. Apalagi wilayah ini berada di ketinggian 1600 mdpl. Situ Patenggang sendiri merupakan danau dengan luas 45.000 hektar dan berada di dalam cagar alam seluar 123.077 hektar.

Meski sudah dikembangkan sebagai lokasi wisata sejak tahun 1981, namun lokasi ini semakin diperindah tampilannya dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang akan membuat pengunjung nyaman.

Danau Situ Patenggang Bandung
sumber : https://urbanradiobandung.com

Lokasi Situ Patenggang

Lokasi wisata ala mini berada di Kampung Patengan Baru, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Rute 

Letaknya yang berada di Kecamatan Rancabali, Bandung Selatan dan berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Bandung. Anda bisa mengambil jalur dari arah selatan dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di situ Patenggang.

Anda pun bisa menempuh rute dari arah Kopo kemudian menuju ke Soreang dan menuju kea rag Ciwidey. Sebab lokasi wisata ini berada di kawasan wisata Ciwidey.

Harga Tiket Masuk 

Harga Tiket Masuk Rp25.000

 

Waktu Operasional

Setiap Hari pukul 09.00 – 17.00
Danau Situ Patenggang Bandung
sumber : https://wisatapedi.com

Daya Tarik Situ Patenggang

Danau ini berada di bawah kaki gunung Patuha dan menjadi salah satu lokasi wisata yang tidak pernah sepi dari wisatawan. Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, danau ini memiliki mitos terkenal yakni pada Batu Cinta yang ada di Pulau Asmara.

Mitos pada danau ini menyebutkan jika ada pasangan kekasih yang ingin hubungannya langgeng, maka mereka bisa mendatangi batu cinta ini dan berkeliling di sekitar pulau asrmara.

Menikmati Keindahan Panorama Danau

Luas Situ Patenggang ini sekitar 45.000 hektar dengan perkebunan teh di sekelilingnya yang menyerupai pagar dari kawasan wisata ini. Perkebunan teh ini menambah keindahan dan keeksotisan dari Situ Patenggang.

Situ Patenggang ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan sejak pagi hari, karena di waktu ini Anda akan melihat kabut yang memenuhi permukaan danau dan dipadu dengan udara yang masih segar saat pagi hari.

Fenomena pagi hari di Situ Patenggang memang menjadi salah satu hal menarik dari danau ini. Selain itu Anda pun akan dapat menemukan jajaran pegunungan yang terpancar dari air di Situ Patenggang yang bening dan tenang. Dari ketinggian ini, Anda juga bisa melihat pemandangan kota Bandung.

Udara di lokasi Situ Patenggang ini tidak hanya dingin karena berada di ketinggian namun di siang hari juga sering turun hujan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda membawa atau mengenakan pakaian hangat agar terhindar dari udara dingin.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Situ Patenggang. Selain menikmati keindahan panorama danau dan segarnya udara perkebunan, Anda juga bisa mengelilingi area Danau Situ Patenggang dengan cara bersepeda hingga naik perahu angsa.

 

4 thoughts on “Danau Situ Patenggang Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *