Goa Song Terus Pacitan
sumber : www.triptrus.com

Goa Song Terus Pacitan

Posted on

 

Goa Song Terus Pacitan. Kamu senang berjelajah di alam terbuka? Atau kamu senang melakukan ekspedisi yang cukup ekstrem di gua-gua? Kamu wajib menyusuri Goa Song Terus yang terdapat di kota Pacitan.

Penemun Bersejarah di Goa Song Terus

Goa Song Terus merupakan salah satu goa yang menyimpan situs purbakala. Berlibur ke Goa Song Terus tentu tidak hanya membuat kamu merasa senang dengan penjelajahannya, tapi juga akan menambah wawasan yang bisa kamu ambil dari situs purbakala.

Dahulu, di area Goa Song Terus pernah menjadi tempat persinggahan manusia purba. Oleh sebab itu, goa ini menjadi salah satu wisata yang kaya akan sejarah manusia purba yang dahulu tinggal di Pacitan.

Pada tahun 1994, dilakukan eksplorasi di Goa Song Terus. Saat itu, para arkeolog menemukan artefak sebanyak 70.000. Penggalian tersebut terus berlanjut hingga 10 tahun belakangan ini.

Penggalian dilakukan hingga kedalaman 16 meter di kawasan pintu masuk goa. Penggalian ini dilakukan oleh tim gabungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional beserta Museum National d’Histoire Naturalle Paris, Perancis. Penggalian dipimpin oleh Truman Simanjuntak dan Francois Semah.

Dari penggalian tersebut kemudian menjadikan bukti bahwa Goa Song Terus merupakan goa yang dahulunya dihuni oleh manusia purba. Beberapa hasil temuan tersebuat adalah alat-alat dari tulang, alat-alat masif, cangkang kerang, serpih-bilah, dan lain sebagainya.

Pada tahun 1999, Goa Song Terus mulai dikenal banyak wisatawan karena konon disana ditemukan sebuah kerangka manusia purba. Penemuan tersebut diperkirakan bahwa usia kerangka manusia purba telah mencapai 10.000 tahun lamanya.

Goa Song Terus memiliki panjang kisaran 150 meter dengan lebar 10 – 20 meter, sementara tinggi plafonnya mencapai 10 meter.

Goa Song Terus Pacitan
sumber : www.tempatwisata.pro

Lokasi

Goa Song Terus berada di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi goa, kamu bisa menggunakan aplikasi google maps di handphone sebagai penunjuk jalan.

Berkunjung ke Goa Song Terus dengan kendaraan pribadi akan memudahkan kamu untuk cepat sampai di lokasi tujuan.

Namun, jika kamu terpaksa harus menggunakan kendaraan umum, kamu bisa berhenti di terminal bus kota atau desa yang dekat dengan goa ini, lalu dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

Harga Tiket Masuk Goa Song Terus

Tiket masuk Goa Song Terus dipatok dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan mengeluarkan badget sebesar Rp. 3000 kamu sudah bisa menikmati keindahan Goa Song Terus.

Jam Operasional

Kamu bisa datang ke Goa Song Terus di hari apa saja. Pasalnya, Goa Song Terus buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai jam 17.00. Pastikan kamu datang ketika jam operasional masih dibuka ya.

Fasilitas

Sebagai tempat wisata yang cukup ramai didatangi oleh para wisatawan, Goa Song Terus telah menyediakan beberapa fasilitas umum yang bisa kamu gunakan.

Goa Song Terus memiliki lahan parkir yang aman dan memadai. Kamu bisa menitipkan kendaraan pribadi yang kamu gunakan di area parkir tersebut.

Kamu akan dengan mudahnya menemukan toilet umum disana. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika ingin buang air kecil atau lainnya.

Setelah berjelajah di Goa Song Terus, pasti kamu akan merasa lapar dan haus. Tenang saja, karena disana juga terdapat warung-warung milik warga setempat yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.

baca juga :

baca artikel wisata menarik lainya di Wisatarakyat.comdan dapatkan informasi menarik lainya di samudrapikiran.com

 

 

3 thoughts on “Goa Song Terus Pacitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *