Wisatarakyat.com Sumatera Barat adalah wilayah yang kaya akan tujuan wisatanya. Menariknya, di balik wisatanya, wisata sumatera ini memiliki beragam penawaran terkait budaya dan legenda yang dikembangkan secara luas. Wisata Sumatera Barat juga memiliki pesona tersendiri. Keindahan alamnya terlihat berbeda dan jauh lebih mempesona dibanding destinasi lainnya. Tentunya pilihan kamu sangat tepat jika kamu akan berlibur ke Sumatera Barat.

Kamu Wajib Berkunjung! Wisata di Sumatera Barat

1.Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang
Lubuak Rantiang

Apa kesan pertamamu melihat destinasi Lubuak Rantiang di atas? Pasti akan kagum dengan pesona kolam air yang luas dan jernihnya. Ya, selain itu, Lubuak Rantiang pun di kelilingi hutan hijau yang memberikan hawa sejuk sepanjang kunjunganmu.

Alamat: Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat

2.Pemandian Alam Sako Tapan

Masih tentang air, surga tersembunyi di Sumatera Barat selanjutnya adalah Pemandian Alam Sako Tapan. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, bebatuan yang berjajar rapi di pinggir kolam dan udara yang sejuk memberikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan

Selain terdiri dari bebatuan dan pemandangan alam yang indah, kebersihan Pemandian Alam Sako Tapan masih sangat terjaga. Sehingga akan membuat wisatawan merasa sangat nyaman.

Satu yang menarik, Pemandian Alam Sako Tapan masih menjunjung tinggi tradisi dan budaya turun-menurun. Sebab di sini kita masih bisa menikmati tradisi Balimau yang dilakukan setiap bulan Ramadan.

Upacara Balimau di Pemandian Alam Sako Tapan dilakukan dengan cara mandi menggunakan air jeruk nipis. Konon, kegiatan mandi dengan air jeruk nipis ini dapat melindungi badan dan hati menyambut bulan Ramadan agar seluruh jiwa benar-benar bersih.

3.Gili Laba

Tempat wisata paling bagus di Nusa Tenggara Timur yang selanjutnya adalah Gili Laba. Gili Laba inilah salah satu lokasi atau spot terbaik dan terindah untuk menikmati panorama alam Pulau Komodo.

Kamu akan disajikan dengan indahnya perbukitan serta gugusan pulau kecil yang mengelilinginya dan ditambah dengan savanna yang sangat cantik dan birunya lautan. Dijamin kamu akan betah untuk berlama-lama berkunjung ke Gili Laba.

4. Air Terjun Sarasah

Bagi para pengunjung yang ingin mendaki dan menikmati kebaruan air terjun di puncak rute, cobalah jalur menuju Air Terjun Sarasah. Sesampainya di sana, Kamu akan disuguhkan pemkamungan air terjun yang jernih dengan tumpukan permata. Ada juga camping ground untuk berkemah.

AlamatJl. Koto Baru, Indarung, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat

5.Bukit Cinta

Bagi kamu yang ingin berwisata bersama pasangan, kamu bisa mengunjungi Bukit Cinta. Dari atas bukit ini, kamu bisa memandangi indahnya lautan dikelilingi dengan perbukitan yang sangat hijau. Sehingga perpaduan antara warna biru dan hijau akan semakin merileks-kan pikiran kamu bersama pasangan.

6. Air Terjun Nyarai

Masih tentang air terjun, wisata alam yang selanjutnya di Sumatera Barat adalah Air Terjun Nyarai. Saking cantiknya pemkamungan yang ditawarkan, Air Terjun Nyarai disebut-sebut dianalogikan dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Terletak di Hutan Gamaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman, Air Terjun Nyarai relatif sulit dijangkau. Karena kita harus mengakses kayu terlebih dahulu. tetap saja, setelah itu keindahan 8 cadence high cascade akan membasuh lelah kita.

Temuannya terasa telah mengubah pola pikir masyarakat asli yang semula memperoleh penghasilan dari menebang pohon di hutan, kini mengelola magnet wisata Air Terjun Nyarai. Hingga akhirnya pada April 2013 Air Terjun Nyarai mulai dikelola sebagai magnet wisata ketergantungan di Kabupaten Padang.

Nah itulah Tempat Wisata di Sumatera Barat yang bisa kamu kunjungi saat kamu berada di suatera barat. Terimakasih !

Baca Juga:

Share: