kawasan wisata baturaden
sumber : tempatwisatauinik.com

Kawasan Wisata Baturaden

Posted on

Kawasan wisata baturaden  berada di selatan Gunung Slamet wisata ini memiliki panorama yang begitu cantik. Kawasan wisata ini banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Tak hanya memiliki keindahan alam yang menawan saja, namun batu raden juga menyimpan cerita rakyat terkait lutung kasarung.

Wisata yang berada di daerah Banyumas ini memiliki spot foto yang begitu banyak dan indah. Hal tersebut yang membuat para pengunjung tidak ingin meninggalkan kawasan wisata. Tak hanya itu, kawasan dengan fasilitas lengkap ini juga ramah disabilitas dan lansia. Jadi, pengunjung tidak usah khawatir terkait hal tersebut.

kawasa wisata baturaden
sumber : anekawisata.com

LOKASI

Lokasi wisata ini tepat berada di Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, 53151. Jika dilihat dari titik koordinat, wisata batu raden terletak di -7.313305,109.229000

RUTE

Dari arah bundaran Purbalingga ambil jalan keluar pertama menuju Jl. Jend. Sudirman sekitar 1,4 km belok kiri. Kemudian ke Jl. Raya Padamara 8,7 km belok kanan ke Jl. Raya Sumbang sekitar 4 km belok kanan ke Jl. Raya Baturaden.

JAM OPERASIONAL

Kawasan wisata  baturaden ini setiap hari mulai pada pukul 08.00-17.00 WIB

HARGA TIKET

Tiket masuk hari biasa Rp. 20.000
Tiket masuk hari libur Rp. 25.000
Parkir Rp. 5.000-10.000
Wahana Rp. 10.000-25.000

 

Catatan : harga bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola

DAYA TARIK

Pada kawasan wisata yang memiliki udara sejuk seperti baturaden ini menyimpan begitu banyak keindahan alam di antaranya:

  1. Danau air mancur

Danau yang begitu luas ini memiliki air mancur di tengah. Para pengunjung bisa duduk dan bersantai di tepi danau dengan memandang bukit-bukit yang ada.

  1. Curug gumawang

Curug gumawang yang berlokasi di dekat pintu masuk memiliki ketinggian 20 meter. Curug gumawang ini seperti doble air terjun kecil. Banyak spot foto yang ada di sekitarnya.

  1. Pemandian air panas

Di pemandian ini pengunjung bisa merendam badan sejenak untuk melepas penat setelah jalan-jalan menyusuri wisata batu raden.

  1. Budaya lokal

Pengunjung dapat menikmati suguhan acara dari warga setempat terkait budaya lokal Banayumas. Hal tersebut dapat menjadikan edukasi untuk anak-anak atau sebagai pengetahuan bagi wisatawan yang berkunjung.

  1. Wahana olah raga

Selain memiliki keindahan dan wahana yang begitu menarik, kali ini salah satu wahana menarik lainnya yaitu abselling atau reppling telah tersedia di sana. Reppling yang disediakan memiliki ketinggian 60 meter untuk para abselling yang profesional. Namun bagi para pemula disediakan abslling juga dengan jalur dan ketinggian yang tidak sama dengan abselling profesional.

  1. Spot Foto

Layaknya lokasi-lokasi wisata yang lain, Kawasan wisata batu raden juga banyak memiliki banyak pilihan spot foto yang bagus.

 

Selain memiliki wahana yang begitu banyak. Di daerah baturaden juga rawan longsor. Sebaiknya pengunjung berhati-hati ketika berlibur ke sana.

FASILITAS

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung pengelola juga sudah menyedian fasilitas yang cukup lengkap :

  1. Mushola
  2. Are parkir
  3. Gazebo
  4. Rumah makan
  5. Penginapan
  6. Play ground
  7. penginapan

 

One thought on “Kawasan Wisata Baturaden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *