Kebun Teh Sukawana Bandung
Sumber : https://tourbandung.id/

Kebun Teh Sukawana Bandung

Posted on

 

Kebun Teh Sukawana Bandung terletak di bawah PTPN VIII dan masuk ke dalam kebun Bukit Unggul di bagian Sukawana. Mulanya area ini lebih dikenal dengan sebutan Pangheotan dan berasal dari kata Van Houten. Nama ini pun diberikan oleh seorang pemilik atau meneer Belanda kala masa penjajahan.

Namun kini lokasi ini lebih dikenal dengan nama Sukawana dan di dalam kawasan ini juga terdapat pabrik pengolahan teh. Meski lokasi dari perkebunan ini tidak seluas perkebunan di Rancabali dan Ciwalini atau perkebunan teh lain di Bandung. Namun kawasan ini cukup aktif dalam soal produksi teh.

Dengan pemandangan yang cukup asri kamu Anda bisa menemukan gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu yang bisa dilihat di depan mata.

Kebun Teh Sukawana Bandung
Sumber : https://www.bastianrental.com/

Alamat

Berlokasi di Karyawangi, Parompong Kebun Teh ini letaknya cukup dengan dengan pusat kota Bandung.

Rute Perjalanan

Apabila dari arah Universitas Pendidikan Indonesia yang ada di Ledeng, lokasi perkebunan ini hanya berjarak 15 KM. Untuk menuju ke lokasi ini Patokan utama adalah jalan utama mau pun jalan alternatif menuju ke Parongpong.

Jika Anda dari arah Lembang maka lurus saja ke arah Parongpong dan di pertigaan Lembang Parompong terdapat Masjid yang letaknya sekitar 3 KM. Lalu tak jauh dari Masjid ada pertigaan di sebelah kanan dan merupakan jalan masuk ke lokasi perkebunan.

Jalan terus hingga menemukan SND Tunas Karya, lokasi SD ini cukup dekat dengan perkebunan.

Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana Bandung

Untuk masuk ke perkebunan ini, Anda cukup membayar biaya parkir sebesar :

Tiket Parkir Biaya
Motor Rp. 5000,00
Mobil Rp. 10.000,00

 

Jam Operasional

Dengan harga tiket yang cukup terjangkau, Anda bisa menikmati area perkebunan ini sepuasnya sebab lokasi ini dibuka setiap hari 24 jam.

Kebun Teh Sukawana Bandung
Sumber : https://tourbandung.id/

Daya Tarik Kebun Teh Sukawana Bandung

1.) Mengunjungi Pabrik Pengolahan Teh

Sebagai salah satu perkebunan teh yang cukup aktif, Anda bisa mengunjungi pabrik pengolahan teh dan mengambil banyak ilmu bermanfaat di sana. Hubungai satpan atau penjaga sebelum masuk ya.

2.) Tea Walk

Berjalan-jalan di area perkebunan menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa menghilangkan kepenatan. Meski area perkebunan tidak terlalu luas, namun pemandangan yang asri akan membuat mata menjadi lebih segar.

3.) Camping

Kegiatan yang paling mengasyikan di sini pastilah camping bersama dengan teman-teman. Ada area khusus untuk Anda camping dan mendirikan tenda.

4.) Bersepeda

Bagi pecinta olahraga ekstrim atau bersepeda, ada trek menantang yang bisa Anda coba taklukan.

 

Sarana dan Fasilitas yang Tersedia

Melakukan kegiatan sepanjang hari di lokasi perkebunan ini tidak akan membosankan dengan banyaknya sarana dan fasilitas lengkap. Seperti tempat sewa untuk peralatan camping.

Lalu fasilitas warung untuk sekadar jajan atau mengisi perut dan Masjid untuk beribadah. Sayangnya fasilitas kamar mandi atau toilet belum ada ya, namun Anda bebas menggunakan toilet di Masjid asal tetap jaga kebersihan saat menggunakannya.

 

Jadi jika ingin menghilangkan penat sebentar dari rutinitas perkotaan yang padat Kebun Teh Sukawana ini bisa menjadi alternatif terbaik Anda karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

3 thoughts on “Kebun Teh Sukawana Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *