Pemandian Air Panas Krakal. Bagi anda yang ingin berlibur sekaligus melepas penat anda bisa mengujungi salah satu wisata yang ada di Kebumen. Wisata ini yakni pemandian air panas yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kebumen selain memiliki wisata Pantai Logending (Ayah) dan Goa Jatijajar juga memiliki wisata pemandian air panas yang juga bisa anda kunjungi. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota, namun tidak ada salahnya anda mengunjungi lokasi ini untuk sekedar melepas penat dan menyehatkan tubuh pula. Saat mengunjungi lokasi ini jangan lupa untuk mengajak keluarga besar.

Lokasi & Rute Pemandian Air Panas Krakal

Lokasi pemandian ini berada di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasinya berada kurang lebih 15 kilo meter ke arah utara dari Arah Ibu kota Kabupaten Kebumen.

Jika dimulai dari Kebumen ambil arah utar menuju jalan Meyjen Soetoyo kemudian jalan terus sampai jalan Veteran sekitar 300 m belok kanan ke jalan Letnan HM Sarbini jalan terus sekitar 3,3 km kemudian belok kiri ke Jalan Pemandian Barat. Kemudian berjalan dengan mengikuti jalur Jl. Pemandian Barat sekitar 5,5 km, belok kiri tetap di Jalan Pemandian Barat. Setelah 950 m belok kanan menuju Jl. Raya Krakal. Kemudian belok ke kanan sekitar 350 meter. Setelah 70 meter anda akan tiba di lokasi yang tepatnya berada di sebelah kanan.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Krakal

Keterangan Harga
Dewasa Rp 10.500,- /jam
Anak-anak Rp 9.500,-/jam
Parkir kendaraan Rp 2.000 – Rp 10.000

 

Booking.com

Catatan : harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Destinasi wisata pemandian air panas krakal buka setiap hari pada pukul 07.00 – 18.00 WIB

Pemandian Air Panas Krakal
Sumber : jejakpiknik.com

Daya Tarik

Daya tarik dari wisata Pemandian Air Panas Krakal yakni sumber airnya yang berasal dari sumber mata air panas alami yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Terdapat beberapa mata air panas namun hanya 2 mata air yang digunakan untuk pemandian air panas. Kandungan garam mineral yang terkandung cukup tinggi sehingga dapat menyehatkan tubuh. Di hari liburan seperti sabtu minggu, penggunaan kamar pemandian air panas dibatasi 15 menit. Selain pemandian ini tepat di sebelah pemandian ini juga terdapat makan seorang kyai besar. Sejak dimakamkan di sana para pengunjung juga sekaligus berziarah ke makam tersebut.

Kisah dari pemandian ini berawal dari kisah seorang pengembala yang kehilangan ternak yang memiliki penyakit kulit. Setelah dicari-cari ternyata ternak tersebut berada di pemandian tersebut dengan penyakit yang telah sembuh. Ada pula kisah mengenai seorang raja yang memiliki penyakit kulit, ia mendapatkan wangsit untuk mencari sumber mata air yang terasa asin dan berada di sebelah utara. Akhirnya raja tersebut pergi mencarinya dan menemukan mata air ini, dan penyakit sang raja pun dapat disembuhkan. Namun sekali lagi itu merupakan kisah yang berkembang di masyarakat sekitar.

Jika anda berkunjung ke lokasi ini jangan lupa untuk mengajak keluarga besar. Lokasi ini cocok bagi anda yang ingin merilekskan otot-otot yang tegang karena sibuk bekerja. Selain itu dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit yang anda derita, seperti penyakit kulit.

Fasilitas’

  • Kamar mandi air panas
  • Kolam renang anak
  • Panggung hiburan
  • Food court
  • Area parkir

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *