Pura tanah lot dibangun di atas batu dengan ukuran tiga hektar. Candi ini sangat terkenal sebagai tujuan wisata Di Bali dengan pemandangan spektakuler matahari terbenam. Di Beberapa sudut dari terumbu karang di sekitar Pura tanah lot ada ular jinak yang dipercaya sebagai makhluk yang dikeramatkan dan disucikan. Ular berwarna hitam putih ini menurut warga setempat dipercaya sebagai property dewa dan sebagai candi dari pengaruh buruk.

Pura ini dibangun oleh Danghyang Nirartha yang berhasil untuk menguatkan penduduk bali akan ajaran Hindu. Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lainya. Ditempat ini ada sebuah kuil utama untuk menyembah Dewa dalam bentuk Dewa Baruna atau Bhatara Segera. Media ibadah untuk dewa ini berupa bangunan candi dengan lima tingkat sedangkan bangunan candi bertingkat tiga di bagian utara daerah ini pemakaman untuk menyembah Dang Hyang Nirartha.

Lokasi pura Tanah Lot

Pura ini terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Dengan jarak tempuh kurang lebih 13 KM dari arah ibu kota Tabanan sedangkan dari bandara udara Ngurah Rai menuju lokasi dapat ditempuh kurang lebih 1 jam 20 menit.

Harga tiket Pura Tanah Lot

Berikut adalah harga tiket untuk masuk kawasan wisata tanah lot Bali

NO ITEM HARGA
1 Tiket Masuk Dewasa Rp. 60.000
2 Tiket Masuk Anak2 Rp. 30.000
3 Parkir Motor Rp. 2.000
4 Parkir Mobil Rp. 5.000
5 Parkir Bu Rp. 10.000

 

Catatan : harga tiket bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola

Booking.com

 

Jam Operasional

Wisata ini buka dari jam 07.00 – 19.00 WITA

Pura Tanah Lot
Sumber : Dolanyok.com

Daya Tarik

Gua ular suci

Tak jauh dari lokasi pura, ada sebuah gua dengan banyak ular suci. Keberadaan ular suci di gua yang bertuliskan “ular suci/holy snake” ini banyak menarik pengunjung. Ular berwarna hitam putih belang-belang yang disebut “Duwe” ini dipercaya sebagai penjaga pura. Ular ini merupakan ular laut berekor pipih dengan nama ilmiah bungarus candidus. Ular ini panjangnya sekitar 1 meter. Untuk pengunjung yang mau memegang dan berfoto dengan ular suci akan didampingi oleh pawang.

Gua Air suci

Di bawah pura tanah lot Bali, ada satu gua kecil yang dinamakan Gua air suci. Aliranya berasal dari tengah laut namun airnya tawar sehingga bisa untuk diminum langsung. Sumber air yang dikenal dengan tirta pembersihan ini dikeramatkan untuk upacara keagamaan umat hindu

Kawasan Enjung Galuh

Kawasan enjung galuh adalah salah satu tempat favorit pengunjung di kawasan wisata tanah lot bali tempat ini menjadi tempat terbaik untuk melihat dan mengabadikan momen saat matahari terbenam. Dengan menyusuri pura enjung galuh sampai di batu karang. Pengunjung akan menemukan tempat untuk memancing. Tempat ini juga memiliki tanaman hijau yang dilengkapi kursi dan meja untuk bersantai.

Batu Bolong

Diantara Pura tanah lot dan baru di sebelahnya membentuk terowongan yang terlihat menyerupai lambang hati. Semburan air laut sangat jarang bisa masuk ke celah lubang tersebut. Kamu bisa menanti momen langka ini saat berwisata ke tanah lot bali

Yeh Kutikan

Yeh kutikan terletak di sebelah barat warung mandala. Dengan pemandangan lautnya tempat ini dijadikan alternatif untuk menikmati deburan ombak tanpa kebisingan dan juga sering dijadikan tempat memancing oleh para pemancing lokal maupun luar negeri.

Pulau karang

Pulau karang menjadi tumpuan utama 2 bangunan Pura Tanah Lot Bali. Di atas batu karang besar ini dapat melihat 2 bangunan pura yaitu Pura Luhur dan Pura Bolong. Pengunjung bisa melihat keindahan dua bangunan ini dengan berjalan kaki saat laut sedang surut

Upacara Keagamaan

Selain pemandangannya yang indah, di Pura ini biasanya juga ada upacara keagamaan. Kawasan ini banyak dihuni oleh penduduk bali yang beragama Hindu yang sering menyelenggarakan upacara keagamaan, seperti piodalan yaitu hari jadi pura yang diselenggarakan setiap 210 hari sekali dalam kalender saka.

Bermain di tepi laut

Pemandangan laut di sekitar pura sangat indah dan cocok untuk kamu nikmati. Angin sepoi-sepou dengan ombak yang tidak terlalu besar dapat kamu nikmati sembari bermain air. Tempat ini merupakan salah satu spot foto berlatar belakang pura di atas batu karang.

Pasar Seni

Di tempat wisata ini juga ada pasar seni yang menyediakan beragam jenis oleh-oleh kesenian Bali, seperti bau, sarung, sandal perhiasan lukisan patung dan barang lainya.

Monumen Tri Antaka

Monumen Tri Antaka dibangun sebagai penghormatan untuk para pengunjung dalam melawan NICA. Dalam sejarah para pejuang berperang melawan NICA yang telah menduduki kota Tabanan untuk meraih kemerdekaan. Perjuangan tersebut dipimpin oleh I Gusti Ketut Kereg, I Wayan Kamias dan I Nyoman Regug, mereka bertugas sebagai mata-mata pejuang induk Markas Besar Umum Dewan Perjuangan Republik Indonesia

 

Fasilitas

  • Area Parkir
  • Rumah Makan
  • Kamar Mandi
  • Art Shop
  • Pusat Informasi
  • Fasilitas kebersihan

Baca juga :

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *