Goa Jatijajar Kebumen
sumber : osc.medcom.id

Goa Jatijajar Kebumen 2020

Posted on

 

Jawa Tengah memang memiliki banyak Kota yang memiliki pemandangan menawan dan panorama yang mempesona. Mulai dari Pantai, Bukit, Candi, dan Air Terjun, serta masih banyak lagi. Salah satu Kabupaten yang memiliki pesona luar biasa adalah Kebumen. Bagi anda yang ingin menikmati suasana alam yang menawan, anda bisa mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata Goa Jatijajar. Goa Jatijajar Kebumen ini merupakan Goa Alam yang memiliki luas sekitar 5.5 hektar, memiliki 8 buah diorama dengan 32 patung yang mengisahkan mengenai Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung.

Panjang Goa dari pintu masuk hingga pintu keluar sekitar 250 meter dengan lebar Goa rata-rata 15 meter dengan tinggi 12 meter. Di dalam Goa ini anda akan menumukan pemandangan yang luar biasa, di mana banyak lampu-lampu cantik yang menghiasi dari ujung ke ujung goa juga batuan stalaktit dan stalakmit yang memukau.

Goa Jatijajar Kebumen
sumber : explorewisata.com

Lokasi

Lokasi Goa Jatijajar berada di Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, ayah, Kebumen, Jawa Tengah.

Rute

Rute dari pusat Kota Kebumen langsung menuju lokasi dengan melewati jalur Kebumen -Karanganyar-Glombor. Selanjutnya anda bisa menuju Kecamatan Ayah. Ikuti jalur menuju pantai Ayah anda akan menemukan papan petunjuk menuju ke Goa

Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Goa Jatijajar Kebumen adalah sebagai berikut

Keterangan Harga
Tiket Masuk Anak Rp 5.500 – Rp 12.500

Jam Operasional

Keterangan Waktu
Senin – Minggu 05.00 – 22.00 WIB

 

Goa Jatijajar Kebumen
sumber : sanjayatour.com

Daya Tarik

Goa Jatijajar kebumen banyak memiliki daya tarik yang luar biasa indah. Hal yang paling menarik tentu saja batuan yang ada di dalamnya. Batuan stalagmit yang menggantung dengan air yang masih menetes membuatnya semakin eksotis, juga stalagtit yang juga masih berdiri kokoh. Ditambah dengan sinaran lampu-lampu yaang sengaja dipasang oleh pengelola membuat gradasi warna yang memukai. Tentu batuan yang dihiasi lampu ini membuatnya menarik untuk dijadikan spot foto yang kece. Kemegahannya tentu memanjakan mata dan menenangkan hati bagi anda yang ingin melepas penat. Goa ini ditemukan oleh seorang petani yang jatuh terperosok masuk kedalaman Goa yang ternyata merupakan fentilasi dari langit-langit Goa tersebut.

Menyusuri Goa Alam ini anda akan menemukan patung menyerupai Dinosaurus yang menjadi ikon Goa Jatijajar. Dari mulut patung ini keluar air yang berasal dari sendang yang memang terdapat di dalam Goa. Sendang ini juga merupakan salah satu daya tarik dari Goa ini.

Sinar matahari yang masuk ke dalam Goa Jatijajar Kebumen

membuatnya semakin eksotis. Juga patung-patung yang ada di dalamnya yang menceritakan legenda Lutung Kasarung. Keindahan tak hanya sampai situ saja, saat anda menuruni anak tangga yang berada di ekor goa tersebut. Anda akan melihat beberapa sumber mata air atau disebut sendang. Jumlahnya sekitar 4 sendang. Sendang Mawar adalah salah satu Sendang selain Sendang Puser Bumi, Sendang Jombor, dan Sendang Kantil, yang kerap kali dipercayai mempunyai kekuatan gaib yang bisa membuat seseorang tetap awet muda dengan cara membasuhkan muka anda dengan airnya. Selain menikmati sendang juga keindahan Goa, anda juga bisa menikmati kuliner khas yang berada di sana.

 

Catatan : harga tiket bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola

One thought on “Goa Jatijajar Kebumen 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *