Indonesia adalah surganya wisatawan, rasanya tidak berlebihan untuk menyebutnya begitu, karena banyaknya destinasi wisata yang ada di Indonesia, setiap wilayah dari sabang sampai merauke memiliki tempat wisatanya masing-masing.

Dari wisata alam seperti pantai, sungai, air terjun dan yang lainya hingga tempat wisata modern seperti wahana permainan semua lengkap tinggal pilih mana yang kita suka. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai rekomendasi destinasi wisata yang ada di salah satu provinsi di Indonesia yaitu Sumatra utara lebih tepatnya wisata di berastagi

Berastagi merupakan sebuah kecamatan di kabupaten karo, provinsi Sumatera utara yang berjarak sekitar 66 Kilometer dari Kota Medan. Berada di wilayah pegunungan tempat ini menyuguhkan destinasi wisata dengan keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi

 

Rekomendasi 21 Tempat Wisata di Berastagi Karo

  1.       Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday memiliki banyak jenis permainan menarik. Flying Fish, Butterfly, Bon Voyage, adalah beberapa yang bisa dinikmati. Bagi anda yang sudah berkeluarga atau yang berpasangan, jangan pernah melewatkan serunya bermain di lokasi wisata ini ya!

Booking.com

 

 

Lokasi : Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk: Rp 105.000

 

  1.     Penatapan Doulu Berastagi

Di tempat ini Anda bisa berburu kuliner di Panatapan Doulu Berastagi dengan berbagai menu yang disediakan. Bukan hanya dari makanan berat, ada juga makanan ringan yang menjadi favorit wisatawan, yakni jagung bakar. Sambil menyantap hidangan, anda juga bisa menikmati panorama alam khas pegunungan.

 

Lokasi : Doulu, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : –

 

  1.       Pasar Buah Berastagi

Pasar Buah Berastagi merupakan pasar yang menyediakan beragam buah-buahan segar. Tidak lengkap jika  berwisata tanpa membawa oleh-oleh, Dikarenakan kelengkapan dan kesegaran buah serta sayur yang dipetik langsung dari kebun, pasar ini juga menjadi salah satu destinasi populer di Karo. Berbagai sayur dan buah tersedia, terutama untuk buah markisa dan jeruk manis, karena berastagi sendiri mempunyai julukan Kota Markisa dan Jeruk Manis.

 

Lokasi : Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Gratis

 

  1.       Gereja Paroki Inkulturatif

Bukan tempat wisata sebenarnya, namun karena keunikan bangunannya membuat gereja ini juga banyak dikunjungi wisatawan. Letaknya di Jl. Letjen Djamin Gintings dekat dengan jalan raya, jadi anda bisa melihatnya ketika melintas di lokasi tersebut. Gereja yang dibangun dengan luas lebih dari 600 meter persegi ini dapat menampung sekitar seribu jamaah.

Lokasi : Jl. Jamin Ginting, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket: –

 

 

  1.       Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh menyediakan berbagai jenis buah, namun yang paling utama adalah jeruk manis dan markisa. Selain dimakan langsung di kebun, anda juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

 

Lokasi : Desa Tongkoh, Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 2.000

 

  1.       Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna memiliki panorama indah yang tidak kalah menarik dengan spot wisata lain. Bahkan bisa dikatakan bahwa air terjun ini lebih layak dikunjungi bagi anda yang mendambakan keindahan alam berupa air terjun. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 75 meter dengan aliran air yang mempunyai dua warna, yakni hijau dan biru. Oleh sebab itulah dinamakan Air Terjun Dua Warna.

 

Lokasi : Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 25.000

 

 

  1.       Gunung SInabung

Gunung Sinabung adalah salah satu destinasi wisata yang selalu ramai didatangi wisatawan, kondisi alam yang terdapat di tempat ini masih sangat asri dengan jalur pendakian yang sangat alami juga, jarak gunung sinabung dari bersetagi sekitar 23 Km

Lokasi : Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Harga Tiket Masuk : Gratis

 

  1.       Bukit Gundaling

Bukit Gundaling menyajikan panorama Gunung Sinabung dengan bentuk yang sangat indah dari kejauhan. Ketinggiannya mencapai 1.575 mdpl, jadi anda bisa menyaksikan pemandangan kebun dan persawahan yang ada di sekitar lokasi.

Untuk menambah daya tarik, pihak pengelola juga menambahkan fasilitas kuda tunggang bagi pengunjung yang datang ke lokasi. Adanya Sado menjadi ciri khas dari objek wisata ini, yakni sejenis transportasi tradisional yang hanya bisa ditemukan di provinsi Sumatera Utara. Lokasinya tidak jauh dari kota Medan membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi : Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000

 

  1.       Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini yang adalah salah satu objek wisata di Karo berupa bangunan rumah ibadah umat Budha. Bangunan ini cukup megah dengan pagoda emas di atasnya, mirip seperti kuil yang ada di Thailand.

pengunjung dapat menikmati keindahannya dari luar. Hal ini dikarenakan taman alam Lumbini mempunyai pekarangan cukup luas yang masih satu lokasi dengan Vihara. Tidak banyak aktivitas yang dilakukan, selain menikmati keindahan bangunan, bangunan ini juga sering digunakan sebagai spot foto dengan background menakjubkan.

Lokasi : Barus Jahe, Brastagi, Dolat Raya, Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 22171

Harga Tiket Masuk : Sukarela

 

  1.   Gunung Sibayak

Salah satu buktinya adalah keberadaan Gunung Sibayak. Tracking nya yang tidak mudah menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta alam dan pendaki profesional. Bukan berarti yang amatir tidak pantas berada di puncaknya, asalkan yakin sanggup hingga ke bagian kawah.

Gunung yang pernah meletus pada tahun 1881 ini juga dikenal dengan Gunung Raja oleh warga setempat. Dari atas Gunung, anda bisa mendirikan tenda untuk bermalam sambil menikmati keindahan kawah dan pemandangan di bawahnya.

Lokasi : Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000

 

  1.   Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk

Tempat Wisata di Berastagi selanjutny adalah pemandian air panas Sidebuk Debuk dimana Airnya diambil langsung dari Gunung Sibayak melalui pipa yang dirancang khusus. Air tersebut mengandung belerang, sangat baik untuk kesehatan kulit dan mengatasi masalah jamur. Selain berendam, pengunjung biasanya melakukan aktivitas berenang sambil mengisi waktu.

 

Lokasi : Doulu, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000

 

  1.   Desa Lingga

Desa Lingga memiliki  nilai sejarah di desa ini, yakni sudah berumur lebih dari satu abad. Ada juga museum mini yang digunakan untuk mengabadikan benda peninggalan Raja Karo. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika di desa tersebut dengan background rumah adat Batak Karo yang unik dan menarik.

 

Lokasi : Desa Lingga, Kec. Simpang Empat, Kab. Karo, Sumatera Utara

Harga Tiket Masuk : Gratis

 

  1.   Desa Peceren

Di desa ini Warga memegang teguh ada dan budaya, Bahkan masih banyak ditemui rumah adat dengan segala keunikan nya yang bisa dijadikan spot foto menawan. Pemandangan di desa ini juga cukup menarik, banyak hamparan sawah dan perkebunan sebagai hiasan. Di belakang desa terdapat lereng gunung dengan warna hijau pohon yang pastinya menakjubkan.

Lokasi : Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Gratis

 

  1.   Sinabung Hill Resort

Fungsi utamanya memang tidak jauh berbeda dengan penginapan lain, yakni sebagai tempat istirahat. Namun tempat menginap di Berastagi ini memberikan fasilitas sangat lengkap, salah satunya adalah kolam renang.

 

Apa istimewanya kolam renang tersebut? Tentunya dari desain yang modern dengan segala hiasan yang diberikan. Apalagi jika anda bisa melihat pegunungan di belakang hotel dengan bentangan pohon cemara yang menghiasi.

 

Lokasi : Jl. Kolam Renang, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 100.000

 

  1.   Air Terjun Sikulikap

Tempat Wisata di Berastagi selanjutnya adalah Air terjun, tempat ini  berada Di kecamatan Berastagi dengan panorama alam mengagumkan. Tidak mudah untuk mencapai lokasi ini, dibutuhkan perjuangan berat selama perjalanan. Akan tetapi semua akan terbayar ketika tiba di lokasi dengan keindahan khas air terjun. Apalagi udaranya masih murni dan segar karena jauh dari polusi.

 

Lokasi : Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Karo, Sumatera Utara

Harga Tiket: Rp 10.000

.

  1.   Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar berada di Kuta Gugung, Naman Teran, yang juga merupakan salah satu destinasi alam yang menawan. Pemandangan alam yang disajikan sangat eksotis karena dikelilingi oleh bukit dan pegunungan. Danau ini juga terdapat Gazebo yang biasa digunakan sebagai tempat santai sambil menikmati pemandangan dan udara sejuk yang diberikan.

 

Lokasi : Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

 

  1.   Museum Pusaka Karo

Tempat Wisata di Berastagi selanjutnya adalah Museum Pusaka Karo  yang menyimpan benda-benda bersejarah, mulai dari senjata khas, foto, topeng, dan lainnya. Di sana juga tersedia gambar atau foto perkembangan kecamatan Berastagi. Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan, hanya saja anda bisa menilik sejarah masa lampau.

 

Lokasi : Jl. Perwira, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Gratis

 

  1.   Sapo Juma

Sapo Juma sebenarnya berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek. Namun karena lokasinya dekat dengan Berastagi, Sapo Juma sering dianggap sebagai salah satu tempat wisata yang populer. Menyajikan panorama alam begitu indah dengan pemandangan gunung di belakangnya. Tempat ini juga dilengkapi dengan taman bunga, cocok dijadikan spot foto menarik atau sekedar mencuci mata.

 

Lokasi : Jl. Tongging – Silalahi, Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 45.000

 

  1.   Kebun Madu Efi Berastagi

Kebun Madu Efi karena merupakan pusat budidaya madu. Lokasinya berada di Jl. Kabanjahe – Siosar KM.13 Siosar dengan keadaan tanah sedikit miring mirip lereng. Terdapat banyak bunga warna warni yang menghiasi kebun. Bunga inilah yang nantinya digunakan sebagai saripati madu bagi lebah. Selain untuk wisata edukasi, anda juga bisa swafoto di lokasi tersebut.

 

Lokasi : Jl. Kabanjahe – Siosar KM.13 Siosar, Sukamaju, Kec. Tigapanah, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

 

  1.   Hotel Rudang

Hotel Rudang juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata menarik. Pasalnya di tempat ini, anda disuguhi pemandangan alam begitu indah dari penginapan tersebut. Bukan hanya berupa gunung, namun juga lereng dan perbukitan yang indah. Selain itu, fasilitas yang bisa dinikmati adalah kolam renang dengan kejernihan air yang selalu dijaga.

 

Lokasi : Jl. Jamin Ginting No.16, Kec. Berastagi, Kab.Karo Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk: Rp 100.000

 

  1.   Bukit Kubu Berastagi

Bukit Kubu Berastagi layak dikunjungi dengan berbagai permainan dan arena yang disediakan. Tunggang kuda, Flying Fox, dan mobile remote, adalah beberapa permainan yang ada. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas cukup lengkap, seperti toilet, warung, dan juga tempat parkir.

 

Lokasi : Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk : Rp 20.000

Catatan : Harga tiket bisa berubah menyesuaikan kebijakan pengelola tempat wisata setempat

Demikian Rekomendasi 21 Tempat Wisata di Berastagi Karo yang bisa jadi referensi buat anda yang ingin berlibur atau jalan-jalan tapi masih bingung mau kemana, 21 tempat wisata diatas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi

Sumber : Itrip.id

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *