Selain kota bersejarah, Bandung menjadi kota yang seringkali dirindukan penduduk Indonesia. Ini karena kota ini kaya akan jajanan khas dan objek wisata. Sajian alam dan segala hal yang ada di Bandung benar-benar mampu memikat hati semua orang. Jadi, Anda yang hendak liburan bisa menjadikan Kota Lembang ini sebagai destinasi utama. Lantas, apa saja tempat wisata populer Bandung? Penasaran, kan?

D’dieulam Bandung

Salah satu kawasan di Bandung menjadi sorotan orang-orang yang hobi traveling dan hunting foto. Tepatnya adalah kawasan Punclut. Kawasan tersebut mempunyai objek wisata kekinian yang cukup populer, yaitu D’dieuland Bandung.

Tempat ini sangat cocok untuk semua kalangan. Terlebih, tempatnya begitu ramah anak. Ada banyak sekali wahana yang tersedia khusus anak entah itu di dalam atau di luar ruangan. Tentunya, semua itu sudah berdasarkan pertimbangan dan aman untuk anak. Misalnya, mini oitbound, playground, wahana air, gyroscope, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana dengan fasilitas untuk pengunjung dewasa? Tenang! Di sini, ada pula spot-spot foto yang sangat bagus. Anda bisa memotret dan mengabadikan kenangan bersama keluarga atau sahabat. Hasilnya sangat memuaskan mengingat angle dan latar/backgroundnya bervariatif.  Selain itu, Anda bisa duduk santai seraya memandangi view kota kembang yang menakjubkan dari ketinggian.

Lokasi: Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Harga tiket: Rp. 15.00 – Rp. 85.00

Booking.com

Jam operasional: 10.00 – 20.00 WIB untuk weekday dan 09.00 – 21.00 WIB untuk weekend

Kawah Putih

Di antara semua tempat wisata Bandung, selama ini, Kawah Putih tetap menduduki posisi sebagai objek wisata terpopuler sepanjang masa. Kawah yang berlokasi di kawasan Ciwidey ini sebenarnya merupakan dampak dari letusan Gunung Patuha. Letusan tersebut berhasil membentuk sebuah danau yang indah.

Warna air danau tersebut adalah putih kehijauan sehingga tampak begitu segar. Uniknya, warna tersebut bisa berubah tergantung suhu, cuaca, dan unsur belerang. Bahkan, tanah di sekitar juga tampak memukau mengingat warnanya yang putih seperti butiran salju. Ini karena adanya unsur-unsur belerang yang bercampur.

Kawah Putih berlokasi di wilayah pegunungan yang mana tingginya mencapai 2.400 m lebih. Tentunya, ketinggian tersebut menyebabkan suhu udara begitu dingin, tepatnya 8°C hingga 22°C. Karena itulah, pengunjung yang berada di Kawah Putih disarankan untuk mengenakan pakaian tebal atau jaket. Meski begitu, itu tidak mengurangi keindahan kawasan. Bahkan, tempat ini semakin ramai dan tidak sekadar sebagai tempat rekreasi. Ada pula beberapa aktivitas lain yang dilkaukan pengunjung, seperti potret prewedding, melukis, syuting, mendaki, berkuda, dan lainnya.

Lokasi: Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat , Indonesia, 40972

Harga tiket: Rp. 28.000 – Rp. 162.000 (sesuai level pengunjung dan wahana)

Jam operasional: Senin – Minggu, 07.30 – 16.30 WIB

Museum Geologi Bandung

Tempat wisata populer Bandung selanjutnya adalah Museum Geologi. Museum Geologi Bandung berhasil merebut hati para wisatawan. Itulah sebabnya, tempat ini hampir selalu ramai visitor setiap harinya. Di sini, Anda dapat melihat koleksi yang sangat beragam, seperti mineral, batuan, meteroit, artefak, dan fosil. Selain itu, Amda juga akan mempelajari tentang terbentuknya bumi, fenomena geologi Indonesia, juga sejarah kehidupan. Yang menjadi daya tarik museum ini adalah adalanya fosil Stegodon Trigonocephalus (gajah purba), fosil Homo Erectus (manusia purba), dan juga fosil replika hewan terganas dan terbesar, yaitu Tyrannosaurus Rex.

Objek wisata ini bukan hanya sebagai tempat rekreasi. Seringkali, banyak pengunjung yang merupakan rombongan sekolah datang ke tempat ini untuk study tour. Ini karena museum ini sangat bersejarah dan sifatnya edukatif. Anak-anak juga bisa melakukan kegiatan pendidikan, seperti observasi atau lainnya. Yang pasti, banyak ilmu dan pengalaman yang akan pengunjung dapatkan di Museum Geologi Bandung.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.57, Citarum,, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40122

Harga tiket: Rp. 2.000 – Rp. 10.000

Jam operasional: 09.00 – 15.00 WIB

Kebun Begonia

Apakah Amda pecinta bunga. Jika ya, jangan lewatkan objek wisata satu ini saat travelling ke Bandung. Taman bunga Begonia ini tercipta tidak hanya sebagai tempat liburan, tetapi juga memperkaya florikultural. Itu artinya, bunga-bunga yang bermekaran di kebun ini sangat banyak dan beragam. Yang membuat tempat ini begitu populer adalah konsep penataan dan perpaduan aktivitas di dalamnya. Semua itu membuat wisatawan betah, puas, dan mendapat pengalaman berharga.

Saat Anda memasuki taman, Anda pasti terpukau dengan sambutan sebuah gerbang. Ya, pintu masuk tersebut dihias begitu indah dengan berbagai bunga. Tentunya, rangkaian bunga itu berbeda di setiap moment. Anda bisa berfoto di sini, memanfaatkan titik spot yang indah. Tidak cukup sampai di sini, di dalam taman, Anda juga akan mendapatkan suguhan lain yang tak kalah bagus, misalnya spot foto berupa cangkang keong, gate love, monil bunga, sepeda raksasa, dan lainnya.

Taman bunga ini ternyata sangat multifungsi. Banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai tempat outbound, terlebih fasilitas di sini cukup memadai dan menerapkan konsep unik, yaitu Fun Treasure Hunt. Mwnariknya lagi, outbound di Begonia tidak melulu tentang permainan flying fox dan sekawanannya. Di sini, kegiatannya sangat edukatif, seperti puzzle treasure, farm trekking, dan game edukatif lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Harga tiket: Rp. 25.000 (untuk domestik) dan Rp. 30.000 (untuk mancanegara)

Jam operasional: 08.00 – 17.000 WIB (setiap hari)

Floating Market

Tempat wisata populer Bandung selanjutnya adalah floating market. Pasar yang terletak di wilayah lembang ini berbeda dari pasar-pasar lainnya. Tempat ini menyajikan kesegaran baru bagi para pengunjung. Nuansanya begitu alami, di tambah dengan konsep penataan yang sangat rapi. Inilah yang membuat wisatawan berbondong-bondong menyerbunya. Hampir setiap hari, pasar ini tidak pernah sepi.

Mulanya, area folating market tergolong sangat sempit. Namun, lambat laun, berkat pengelolaannya yang bagus, area ini semakin luas dan mampu menawarkan spot-spot wisata yang lain. Di sini, Anda tidak melulu harus berwisata kuliner di perahu atau stand terapung. Ada banyak warung kuliner yang berjajar rapi di daratan. Anda tinggal memilih sesuai selera. Bahkan, sekarang, tersedia pula cafe-cafe yang cukup ramai dengan mengusung konsep alam yang asri.

Lokasi: Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Harga tiket: Rp. 3.000 (tiket masuk) dan Rp. 25.000 – Rp. 100.000 (wahana dan fasilitas lain)

Jam operasional:  09.00 – 18.00 WIB

Tahura Djuanda

Terkenal akan keasriannya, Tahura Djuanda atau singkatan dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda menjadi objek wisata yang paling banyak peminatnya di Bandung. Nama tersebut diambil dari nama Perdana Menteri yang juga penggagas deklarasi Djuanda. Hutan ini merupakan paru-paru Bandung. Mulanya, sekitar tahun 1965, hutan raya ini hanya seluas 10 ha. Namun, sekarang, tempat ini semakin besar dan luas, yaitu mencapai 590 ha. Kawasan hijau ini panjang membentang di antara Dago Pakar hingga Maribaya Lembang.

Hutan ini dominan dengan pinus merkusii. Namun, bukan berarti tidak ada tanaman lain. Faktanya, di dalam Tahura ini menyimpan banyak sekali keanekaragaman hayati. Terdapat sekitar 2500 jenis tanaman yang menyebar dalam beberapa kelompok, yaitu 112 genus dan 40 familia. Semuab tanaman itu merupakan koleksi dari seluruh penjuru Indonesia, terutama Lebun Raya Bogor. Selain tanaman, ada beberapa objek wisata di kawasan Tahura Djuanda. Di antaranya adalah Curug Kidang, Gua Jepang, Gua Belanda, Museum Ir. H Djuanda, Curug Koleang, dan Curug Omas.

Lokasi: Jl. Pakar Kulon No.13, Ciburial, , Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40198

Harga tiket: Rp. 12.000

Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Kampung Korea

Tempat wisata populer Bandung ini tergolong baru. Namun, tempat ini mendapatkan sambutan baik dari masyarakat Bandung. Bangunan bernuansa Korea ini berhasil menaburkan warna di dunia pariwisata. Itulah sebabnya, Kampung Korea sangat eksis dan semakin populer. Yang membuat wisatawan menyukainya adalah karena konsep yang diusung begitu berbeda dengan destinasi wisata Bandung lainnya.

Hadirnya wisata Kampung Korea ini untuk memperkenalkan budaya-budaya yang terdapat di Korea. Dalam artian, pengunjung akan bersenang-senang sambil belajar mengenal budaya luar. Kegiatan ini terdapat pada daya tarik taman Korea, seperti wisata fotografi, jajaran bangunan Korea, kuliner Korea, basecamp budaya Korea, dan lain-lain.

Lokasi: Kebonwaru, Batununggal, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40272

Harga tiket: gratis tiket masuk dan Rp. 30.000 untuk bus bandros

Jam operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Tangkuban Perahu

Jika mendengar Tangkuban Perahu, Anda pasti mengingat leganda Sangkuriang, bukan? Terlepas dari benar tidaknya legenda tersebut, seluruh penjuru dunia sudah sangat familiar dengan cerita itu dan menjadikan tempat ini sebagai tempat yang sangat bersejarah. gunung yang bentuknya menyerupai perahu terbalik ini begitu populer hingga detik ini. Lokasinya adalah di Lembang dengan ketinggian sekitar 2.084 meter.

Tangkuban Perahu menyajikan hamparan alam yang benar-benar memesona. Anda pasti akan terbius dengan daya pikat yang ada di sini. Di antaranya adalah panorama asri, flora dan fauna, gejala alam kawah, kesejukan suhu, dan juga beberapa tempat wisata kuliner dan souvenir. Artinya, di tempat ini, Anda tidak sekadar hiking di gunung, tetapi juga berburu pengalaman menyenangkan dan mengabadikannya.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Harga tiket: Rp. 20.000 – Rp. 300.000

Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB

The Lodge Maribaya

Siapa yang tidak mengenal objek wisata satu ini? The Lodge Maribaya berhasil menjadi salah satu tempat wisata populer Bandung dari masa ke masa. Ini karena banyak sekali yang tempat ini tawarkan. Pengunjung bisa menjalankan aktivitas seru dan menantang, seperti trekking, camping, team buliding, gathering, berkeliling hutan oinis, atau sekadar berburu kuliner.

Di sini juga tersedia beberapa wahana yang sangat instagramable. Di antaranya adalah sky tree, sky wing, zip bike, gantole, balon udara, dan masih banyak lagi. Tempat ini dikelilingi hutan pinus sehingga suasana dan udaranya begitu segar. Terlebih, terdapat pegunungan di kawasan tersebut. Keasrian inilah yang membuat tempat ini begitu multifungsi, entah itu untuk foto prewedding, cara keluarga, dan lainnya.

Lokasi: Jalan Maribaya No. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Harga tiket: Rp. 35.000 – Rp. 50.000

Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB

Farm House

Berlokasi di Lembang, Farm House berdiri pada tahun 2015. Tempat ini cukup populer terlebih banyak wisatawan yang memposting keseruannya di sosial media. Desain Farm House Lembang ini menyerupai atmosfer Eropa. Sehingga, pengunjung mendapatkan suasana dan pengalaman baru di sini. Pemandangan serta fasilitasnya yang memadai membuat wisatawan begitu betah di wisata foto ini.

Beberapa daya tarik di Farm House adalah rumah habbit, bangunan dengan konsep tudor, selfie dengan klederdracht, mini zoo, secret garden, gembok cinta, dan masih banyak lagi. Pastinya, semua kebutuhan wisata Anda di sini akan terpenuhi dengan baik. Sangat menyenangkan, bukan?

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan,, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Harga tiket: Rp. 30.000 per orang (mulai usia 2 tahun ke atas)

Jam operasional: 09.00 – 18.00 WIB

Apakah Anda siap menjelajahi semua tempat wisata populer Bandung tersebut? Segera rencanakan perjalanan Anda bersama orang-orang terkasih! Have a nice trip!

Baca Juga :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *