Museum Kartini Jepara
sumber : aroengbinang.com

Museum R.A Kartini Jepara, Napak Tilas Perjuangan Emansipasi Wanita

Posted on

Selain dikenal dengan wisata pantainya Jepara juga dikenal dengan adanya sebuah museum yang menyimpan banyak sejarah. Museum R.A Kartini berdiri di atas lahan seluas 5.210 meter, didirikaan sejak 30 Maret 1975 pada era Bupati Suwarno Djojo Marwodo atas usulan rakyatnya. Museum ini diresmikan pada 24 April 1975 bertepatan dengan hari kelahiran R.A Kartini sendiri. Museum ini menyimpan benda benda peninggalan R.A Kartini juga peninggalan kakaknya yakni R.M.P. Sosrokartono.

Museum ini menjadi salah satu lokasi yang harus anda kunjungi ketika berwisata ke Jepara. Selain karena letaknya yang cukup strategis juga karena hal-hal yang bisa kalian abadikan di sini. Apalagi bagi anda yang memiliki buah hati anda bisa mengajaknya untuk berwisata edukasi ke museum ini, selain mempelajari perjuangan para pahlawan buah hati anda juga bisa mengetahui karya-karya besar R.A Kartini.

Museum Kartini Jepara
Sumber : blog.reservasi.com

LOKASI

Lokasi Museum ini cukup strategis, yakni berdekatan dengan pusat kota juga pusat pemerintah Kota Jepara. Lokasinya yakni di Jl. Alun-alun No.1 Desa Panggah, Kecamatan Jepara, Jawa Tengah. Lokasi ini berdekatan dengan Pendopo Kabupaten Jepara.

RUTE 

Dari pusat kota Jepara ke arah utara di Gg. Kauman Lor lalu belok kanan menuju Jl. Jenderal Ahmad Yani atau Jl. Jepara Bangsri belok kiri ke Jl. Jenderal Ahmad Yani lalu belok tajam ke kanan menuju Jl. Jepara Bangsri. Terus lurus ke Jl. Jenderal Ahmad Yani atau Jl. Shima lanjut untuk mengikuti Jl. Shima lalu belok kanan menuju Jl. Ahmad Yani tujuan ada di sebelah utara.

HARGA TIKET

Tiket masuk dewasa Rp 3.000,-
Tiket masuk anak-anak Rp 2.000,-

 

JAM OPERASIONAL

Keterangan Waktu
Senin – Sabtu 08.00 – 17.00 WIB
Minggu 09.00 – 17. 00 WIB

DAYA TARIK

Daya tarik dari musium ini selain dari sejarahnya juga dari benda-benda yang tersimpan di dalamnya. Di museum ini tersimpan bena benda milik R.A Kartini juga milik kakaknya yakni R.M.P Sosrokartono. Museum ini terbagi dalam beberapa ruangan yang cukup besar, banyak foto dan barang-barang beliau semasa hidup. Ada meja, kursi, radio, foto-foto, piring, bahkan gerobak milik beliau.

Juga terdapat ruangan yang berisi benda benda bernilai sejarah tinggi yakni tulang ikan Joko Tuwo. Ukurannya tak main-main yakni panjang sekitar 16 meter, berat 6 ton, lebar 4 meter, tinggi 2 meter dengan umur yang mencapai 220 tahun. Tulang ikan ini ditemukan di perairan Karimunjawa pada pertengahan bulan April 1989. Selain spot-spot di atas pengunjung juga masih bisa menikamti koleksi lainnya di ruangan yang terdapat di museum ini. Selain menikmati banyak koleksi tentu anda bisa bersua foto di beberapa spot yang bisa anda pilih. Museum ini merupakan museum lokal yang dikelola oleh pihak pemerintah Jepara. Hal yang paling menarik yakni di museum ini juga terdapat karya-karya R.A Kartini, salah satunya buku beliau yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Karya yang cukup legendaris dan fenomenal, tentu bagi kalian yang ingin mempelajari bagaiman perjuangan beliau terjadap kaum perempuan.

Museum Kartini Jepara
sumber : travel.okezone.com

FASIILITAS

Fasilitas yang tersedia di museum R.A kartini antara lain adalah :

  • Ruang panggung opera
  • Caferaria
  • Bioskop film kartini
  • Took souvenir
  • Toilet
  • Tempat parkir

One thought on “Museum R.A Kartini Jepara, Napak Tilas Perjuangan Emansipasi Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *